Potensi Energi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Niagara Desa Rantau Nipis Kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

Authors

  • Lindawati Lindawati Universitas Baturaja
  • Enda Kartika Sari Universitas Baturaja
  • Yuli Ermawati Universitas Baturaja

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v6i2.6472

Keywords:

Potensi, Debit Sungai, Pembangkit Listrik Mikro Hidro

Abstract

Di Desa Rantau Nipis Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan terdapat aliran sungai yang memiliki potensi ketersediaan air yang cukup untuk sepanjang tahun, debit sungai yang dapat diandalkan, dan memiliki kontur yang sesuai dan telah dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro dinamakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Niagara.  Namun, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Niagara Desa Rantau Nipis ini sering mengalami penurunan daya listrik. Untuk itu perlu  dilakukan analisis potensi energi dan waktu operasi efektif pada sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Niagara Rantau Nipis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besar debit air sungai pada PLTMH Niagara Desa Rantau Nipis Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan dan mengetahui besar potensi sungai yang bisa dikembangkan untuk PLTMH Niagara Desa Rantau Nipis Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan. Metode yang dilakukan adalah metode survey dan pengamatan langsung di lapangan. Metode pengolahan dan analisis data  untuk menghitung debit andalan dengan menggunakan metode Slove Area. Setelah didapat nilai debit andalan sungai dan debit terukur sungai, dilakukan perhitungan debit yang melalui pipa pesat yang digunakan untuk membangkitkan daya listrik. Debit pipa yang didapat digunakan untuk menghitung daya terbangkit  PLTMH Niagara. Dari hasil penelitian ini didapatkan data perhitungan debit air sungai sebesar 16,43 m3/detik. Jumlah kebutuhan energi listrik yang di butuhkan oleh PLTMH yang harus dikeluarkan selama 3 hari yaitu 1.916,0666 watt yang ada pada Kecamatan Banding Agung dan Mekakau Ilir.

Author Biographies

Lindawati Lindawati, Universitas Baturaja

Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Enda Kartika Sari, Universitas Baturaja

Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

Yuli Ermawati, Universitas Baturaja

Fakultas Teknik dan Komputer Universitas Baturaja

References

Anonim. 2008. Buku 2B. Pedoman Kelayakan Sipil. Jakarta: Direktorat Jendral Listrik dan Pemanfaatan Energi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

Baskoro, F., Murtadlo, I., & Wrahatnolo, T. (2021). Analisa Kelayakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Embung Kuniran Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi. Jurnal Teknik Elektro, 10(3), 783-791.

Bawan, E. K. (2021). Analisa Potensi Energi Terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di Manokwari Selatan. Jurnal Penelitian Saintek, 26(1).

Dewan Energi Nasional. 2016. Outlook Energi Indonesia. Jakarta

Doda, N., & Mohammad, H. (2018). Analisis potensi pengembangan pembangkit listrik tenaga mikrohidro di Kabupaten Bone Bolango. Gorontalo Journal of Infrastructure and Science Engineering, 1(1), 1-10.

Marhendi, T. (2019). Studi Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Di Sungai Brukah (Kali Bening, Banjarnegara). Techno (Jurnal Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Purwokerto), 20(1), 10-16.

Pranoto, B., Aini, S. N., Soekarno, H., Zukhrufiyati, A., Al Rasyid, H., & Lestari, S. (2018). Potensi Energi Mikrohidro di Daerah Irigasi (Studi Kasus di Wilayah Sungai Serayu Opak). Jurnal Irigasi, 12(2), 77-86.

Rompas, P. T. (2011). Analisis pembangkit listrik tenaga mikrohidro (pltmh) pada daerah aliran sungai ongkak mongondow di desa muntoi kabupaten bolaang mongondow. Jurnal Penelitian Saintek, 16(2), 160-171.

Wardani. 2017. Pertumbuhan Listrik EBT Terus Digenjot. https://ebtke.esdm.go.id/post/2017/10/03/1762/pertumbuhan.pembangkit.listrik.ebt.terus.digenjot, diakses tanggal 1 Maret 2021

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Lindawati, L., Sari, E. K., & Ermawati, Y. (2021). Potensi Energi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Niagara Desa Rantau Nipis Kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Jurnal Deformasi, 6(2), 70–79. https://doi.org/10.31851/deformasi.v6i2.6472