Hubungan Persepsi Risiko dan Perilaku Keselamatan Berkendara Terhadap Risiko Kecelakaan Pada Pengendara Sepeda Motor di Kota Palangka Raya

Authors

  • Arie Wiranatha Universitas Palangka Raya
  • Desi Riani Universitas Palangka Raya
  • Salonten Salonten Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v6i2.6625

Keywords:

Perilaku, Structural Equation Model, Moment Of Structure

Abstract

Jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di Kota Palangka Raya meningkat berdasarkan data jumlah kendaraan bermotor Kota Palangka Raya yaitu tercatat berjumlah 274.393 unit pada tahun 2019, meningkat dari data tahun 2018 yang berjumlah 259.731 unit. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perhubungan Darat tercatat kecelakaan lebih didominasi oleh sepeda motor sebanyak 73,47% yaitu berjumlah 140.685 dari total 191.498 kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara perilaku keselamatan berkendara terhadap risiko kecelakaan pada pengendara sepeda motor. Pada penelitian ini digunakan model analisis Structural Equation Model (SEM) yang dibantu dengan software Analisis Moment Of Structure (AMOS) 24. Kuesioner diberikan kepada 348 responden. Karakteristik responden 52% berjenis kelamin laki-laki, 48% berjenis kelamin perempuan, dengan rentang usia 20 tahun kebawah (19,5%) usia antara 21 – 30 tahun (73,6%) dan usia diatas 30 tahun (6,9%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko memiliki hubungan positif terhadap perilaku keselamatan berkendara secara signifikan, dan perilaku keselamatan berkendara memiliki hubungan positif terhadap risiko kecelakaan.

References

Azizah, M. H. (2016). Faktor yang berhubungan dengan perilaku keselamatan berkendara (safety riding) pada mahasiswa (studi pada mahasiswa FMIPA UNNES angkatan 2008-2015) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Ghozali, I., (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Lubis, I. P. S., (2019). Analisis Hubungan Persepsi Risiko Dengan Perilaku Berkendara Terhadap Risiko Kecelakaan Pada Pengendara Sepeda Motor Di Departemen Teknik Industri FT USU, Medan: Universitas Sumatera Utara.

Salim, A., (2000). Manajemen Transportasi Cetakan Pertama. Kedua ed. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sumantri, A. S., (2018). Studi Keterampiran Berkendara Terhadap Perilaku Aman Berkendara Pada Taruna STIMART "AMNI" Semarang. Jurnal Sains dan Teknologi Maritim, 17(2).

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Wiranatha, A., Riani, D., & Salonten, S. (2021). Hubungan Persepsi Risiko dan Perilaku Keselamatan Berkendara Terhadap Risiko Kecelakaan Pada Pengendara Sepeda Motor di Kota Palangka Raya. Jurnal Deformasi, 6(2), 103–107. https://doi.org/10.31851/deformasi.v6i2.6625