ANALISIS VALUE ENGINEERING PADA PROYEK JALAN DAN JEMBATAN MENURUT PERSEPSI PELAKU JASA KONSTRUKSI

Authors

  • Idwan Rozanova Bina Darma University
  • Achmad Syarifudin Bina Darma University

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v7i1.7656

Keywords:

Value Engineering, Pengguna Jasa, Penyedia Jasa, Konsultan, Kontraktor

Abstract

Value Engineering dapat diterapkan pada saat menyiapkan disain proyek jalan dan jembatan dalam rangka efisiensi berupa penghematan yang cukup besar dan peningkatan mutu disain.Tujuan penelitian ini adalah menganalisa praktik Value Engineering pada industri konstruksi khususnya bidang jalan dan jembatan, menganalisa pengetahuan pelaku jasa konstruksi dan faktor-faktor kunci sukses serta hambatan atau kendala yang sering ditemui terhadap praktik Value Engineering pada proyek jalan dan jembatan. Dalam melaksanakan penelitian penulis telah menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 113 responden yang berkecimpung sebagai pelaku jasa konstruksi, baik sebagai pengguna jasa sebanyak 18 responden maupun sebagai penyedia jasa sebanyak 95 responden yang terdiri dari penyedia jasa konsultansi sebanyak 91 responden dan penyedia jasa pelaksana konstruksi sebanyak 4 responden. Data-data yang didapat dari penyebaran kuesioner dianalisa menggunakan Analisa deskriptif. Penerapan Value Engineering dilakukan pada proyek jalan dan jembatan yang akan diusulkan dan dapat juga dilakukan pada proyek yang sedang berjalan. Tingkat Pendidikan tenaga ahli dan pengalaman personil dari pelaku jasa konstruksi menjadi kunci sukses dalam penerapan Value Engineering.  Kurangnya pengetahuan tentang Value Engineering dan tidak adanya dasar hukum serta belum adanya klausul/pasal tentang Value Engineering didalam SSUK, SSKK dan Spesifikasi Umum yang mengatur praktik pelaksanaan Value Engineering merupakan hambatan dalam pelaksanaan Value Engineering pada proyek jalan dan jembatan.

References

______________, 2008, Value Concept, www.valueengineering.com.

______________, 2008, Value Engineering Guide – Module I Workshop, Society of American Value Engineers (SAVE) International.

_______________, 2008, Workbook for Value Engineering - Module I Workshop, Society of American Value Engineers (SAVE) International.

Aly, Moh Anas, 1988, Penerapan Value Engineering di Bidang Jalan, Makalah Seminar Nasional Peranan VE dalam Pengelolaan Proyek Pembangunan di Indonesia Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Barile, Suzy. (2005).Value Engineering Proves Its Worth with Savings, Charlotte Business Journal, March 14, 2005 http://charlotte.bizjournals.com/charlotte/stories.

Barrie, Donald S. (1995). Manajemen Konstruksi Profesional, Erlangga, Jakarta, hal. 291, 297.

Chandra, S. (1987). The Application of Value Engineering and Analysis in Design and Construction Majalah Jalan & Transportasi, 042, Jakarta.

Chandra, S. (1988). Aplikasi Value Engineering & Analysis pada Perencanaan dan Pelaksanaan untuk Mencapai Program Efisiensi, Jakarta.

Chandra, S. (1988). Aplikasi VE sebagai Alat untuk Mencapai Efisiensi, Pemanfaatan Value Engineering dalam Teknik Sipil, HMS-ITB, Bandung

Manan, Agus Abdul. (1987). Value Engineering, Majalah Jalan & Transportasi, 052, Jakarta.

Peter F Kaming, Elfran B. Prastowo (2013) Penerapan Value Engineering (VE) oleh Kontraktor dan Kosultan Indonesia

Prastowo, B.E. (2012) Analisis Penerapan Value Engineering (VE) pada Proyek Konstruksi Menurut Persepsi Kontraktor dan Konsultan, Tesis, MTS, PPS UAJY.

Sidharta, Agus. (1988). Penerapan VE pada Tahap Pelaksanaan Pekerjaan Jalan, Menggunakan Metode Pengukuran Lendutan, Majalah Konstruksi, September 1988, Jakarta.

Soebekti. (1988). Pemanfaatan Value Engineering dalam Teknik Sipil, Value Engineering, HMS-ITB, Bandung

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Rozanova, I., & Syarifudin, A. (2022). ANALISIS VALUE ENGINEERING PADA PROYEK JALAN DAN JEMBATAN MENURUT PERSEPSI PELAKU JASA KONSTRUKSI. Jurnal Deformasi, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.31851/deformasi.v7i1.7656