Evaluasi Kinerja U-Turn Pada Bukaan Median Ruas Jalan KH. Wahid Hasyim 5 Ulu Kota Palembang

Authors

  • Hariman Al Faritzie Tridinanti Palembang University
  • Yules Pramona Zulkarnain Tridinanti Palembang University
  • Felly Misdalena Tridinanti Palembang University

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v7i1.7855

Keywords:

Median dengan bukaan, Radius Putar, Waktu putar kendaraan, Waktu tempuh kendaraan

Abstract

Salah satu fasilitas kelengkapan jalan yang menjadi sumber kemacetan adalah median jalan dengan bukaan untuk putaran balik arah (U turn) terutama di Jalan KH Wahid Hasyim 5 ulu Palembang. Hal ini disebabkan oleh semakin tingginya pertumbuhan jumlah kendaraan yang belum seimbang dengan panjang jalan yang ada. Evaluasi terhadap besarnya radius putar di median jalan dengan bukaan sangat perlu dilakukan apakah fasilitas tersebut memenuhi persyaratan atau tidak, dan juga menganalisis waktu putar dan tempuh kendaraan sehingga dapat dilakukan untuk mengatasi kemacetan. Metode yang dilakukan untuk menganalisis dan mengevaluasi yaitu kondisi geometrik jalan, besarnya nilai radius putar yang ada dilapangan, waktu putar dan tempuh kendaraan. Hasil perhitungan dan analisis didapatkan nilai radius putar dengan kendaraan rencana yaitu mobil penumpang dengan posisi 1 yaitu sebesar 722 cm dan untuk posisi 2 yaitu sebesar 755 cm. Sedangkan kendaraan berat untuk posisi 1 yaitu sebesar 1144 cm dan untuk posisi 2 yaitu sebesar 1141 cm.. Waktu putar yang dilapangan dianalisis yaitu berkisar 4 – 25 detik. Kecepatan tempuh kendaraan pada jam sibuk hari Senin di Arah Kertapati ke Simpang Flyover Jakabaring dengan kecepatan tempuh 26,55 km/jam pada pukul 06.00-08.00 WIB, untuk Arah Simpang Flyover Jakabaring ke Kertapati dengan kecepatan tempuh 29,27 km/jam pada pukul 11.00-13.00 WIB. Dan untuk hari Minggu di Arah Kertapati ke Simpang Flyover Jakabaring dengan kecepatan tempuh 27,36 km/jam pada pukul 11.00-13.00 WIB. Sedangkan di Arah Simpang Flyover Jakabaring ke Kertapati dengan kecepatan tempuh 26,77 km/jam pada pukul 16.00-18.00 WIB. Waktu terganggu disebabkan aktivitas pergi bekerja atau sekolah, rekreasi, belanja dan aktivitas lainnya.

References

Direktorat Jenderal Bina Marga (1997): Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga.

Direktorat Jenderal Bina Marga (2005): Pedoman Perencanaan Putaran Balik (U-Turn), Departemen Pekerjaan Umum, 1–24.

Gautama, G., Jaya, F. H., dan Meriska, D. (2021): Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas, Teknika Sains: Jurnal Ilmu Teknik, 6(2), 77–83. https://doi.org/10.24967/TEKSIS.V6I2.1412

Hendrawan, B. Y., dan Nurmeyliandari, R. (2017): Analisa Tarikan Pergerakan Lalu Lintas Sebelum Dan Sesudah Pembangunan Underpass Simpang Patal Palembang, Jurnal Deformasi, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.31851/DEFORMASI.V2I1.1202

Widianty, D., Karyawan, I. Al., dan Wahyudi, M. (2016): Analisis Radius Putar Median Jalan Dengan Bukaan Untuk Putaran Balik Arah Di Kota Mataram, Spektrum Sipil, 3(1), 37–48.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Al Faritzie, H., Zulkarnain, Y. P., & Misdalena, F. (2022). Evaluasi Kinerja U-Turn Pada Bukaan Median Ruas Jalan KH. Wahid Hasyim 5 Ulu Kota Palembang. Jurnal Deformasi, 7(1), 32–45. https://doi.org/10.31851/deformasi.v7i1.7855