Evaluasi Kemacetan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Doktor Muhammad Isa Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31851/deformasi.v8i1.9541Abstract
Kota Palembang sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan termasuk salah satu kota besar di Indonesia, perkembangan penduduk yang sangat pesat sehingga penggunaan kendaraan pribadi meningkat dan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kemacetan. Pada ruas Jalan Doktor Muhammad Isa sering mengalami kemacetaan, terutama pada jam pergi kerja dan pulang kerja. Hal ini disebabkan banyaknya kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja lalu lintas dan memberikan usulan penanganan yang tepat pada ruas jalan Doktor Muhammad Isa. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (2014). Kinerja lalu lintas pada jalan Doktor Muhammad Isa memiliki volume lalu lintas tertinggi pada tahun 2020, pada segmen pertama sebesar 556 skr/jam dan pada segmen kedua 531 skr/jam. Hambatan samping pada jalan ini, seperti segmen pertama memiliki frekuensi > 500 dengan kelas hambatan samping tinggi dan pada segmen kedua memiliki frekuensi > 900 dengan kelas hambatan samping sangat tinggi. Kapasitas jalan pada segmen pertama sebesar 1380 skr/jam dan pada segmen kedua sebesar 1396 skr/jam, dengan derajat kejenuhan pada kedua segmen > 0,8 dan panjang antrian pada segmen pertama 81,860 m dan segmen kedua 81,241 m, serta kecepatan arus lalu lintas pada segmen pertama sebesar 42,518 km/jam dan segmen kedua 37,4 km/jam. Solusi penanganan untuk kemacetan ini adalah menetapkan jam keluar masuk kendaraan berat, mengoptimalkan kesadaran sopir kendaraan berat, mengubah perilaku pengguna kendaraan pribadi yang berhenti di bahu jalan, dan pelebaran jalan
References
Agyapong, F., Ojo, T. K. (2018). Managing Traffic Congestion in the Accra Central Market. Ghana Journal of Urban Management, (Vol. 7 p. 85-96).
Andi Tenrisukki Tenriajeng. (2002). Seri Diktat Kuliah Rekayasa Jalan Raya-2. Gunadarma.
Apriliyanto, R., & Sudibyo, D. T. (2018). Traffic Jam Analysis and Prediction of Future Road Service Level (Case Study of Jalan Raya Sawangan Depok. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, (Vol. 3, No. 2, p. 85-96).
C. Jotin Khisty dan B. Kent Lall. (2005). Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi: Vol. Jilid 1. Erlangga.
C. Jotin Khisty dan B. Kent Lall. (2006). Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi: Vol. Jilid 2. Erlangga.
Direktorat Jendral Bina Marga. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Kementerian PUPR
Falcochio, J, C., & Levinson, H, S. (2015). Road Traffic Congestion: A Concise Guide. London: Springer International Publishing Switzerland.
Hetty, F., Salamatul, A., Yakob, L., Samun, H., Iman, H., Rahmat, H. (2021). Evaluate the Performance of Jalan Otista Bandung with on-Street Parking. Journal of Physics: Conference Series, (Vol. 1783, No. 1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012082
Kesuma, P, A., Rohman, M, A., Prastyanto, C, A. (2019). Risk Analysis of Traffic Congestion Due to Problem in Heavy Vehicles: a Concept. IOP Conference Series: Material Science and Engineering, (Vol. 650, No. 1).
Meutia, S., Saleh, M. S., Azmeri, A. (2017). Analisa Kemacetan Lalu Lintas Pada Kawasan Pendidikan (Studi Kasus Jalan Pocut Baren Kota Banda Aceh). Jurnal Teknik Sipil, (Vol. 1, No. 1, p. 243-250).
Octavia, K. Putri. (2018). Analisis Kemacetan Lalu Lintas Di Suatu Wilayah (Studi Kasus Di Jalan Teuku Umar Bandar Lampung). Jurnal Teknik Sipil Unila, (Vol. 1, No. 1, p. 64-72).
Yudha, H. K., Arief, B., Rahmah, A. (2018). Analisis Kemacetan Lalu Lintas Jalan Raya Ciawi-Puncak. (Studi Kasus Tarikan lalu lintas di Pasar Cisarua). Jurnal Teknik Sipil Unpak, (Vol. 1, No. 1, p. 89-101).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Deformasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License  that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.