Analisis Kapasitas Landasan Pacu (Runway) Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Terhadap Jumlah Penumpang Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Juli Susanto Universitas Indo Global Mandiri
  • Sartika Nisumanti Universitas Indo Global Mandiri
  • Khodijah Al qubro Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31851/deformasi.v7i2.9585

Keywords:

Bandar Udara, Kapasitas, Pertumbuhan Penumpang

Abstract

Bandar udara merupakan peran penting dalam meningkatkan tingkat perekonomian daerah, terutama masyarakat sekitar bandara. Bandar udara Sultan Mahmud Badaruddin II salah satu teriminal udara yang berada di Kota Palembang yang mengalami penurunan penumpang disebabkan COVID-19. Tujuan dari peneltian ini adalah untuk menganalisis jumlah kapasitas pesawat penumpang dan untuk mengetahui pengaruh pandemi COVID-19 terhadap jumlah penumpang terminal udara Sultan Mahmud Badaruddin II. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan tinjauan langsung untuk menghitung pergerakan volume pesawat penumpang. Hasil analisis kapasitas (runway) pada terminal udara Internasional SMB II pada kondisi saat ini di bulan Juli tahun 2022 telah mengalami peningkatan sebesar 83,33% dibandingkan kondisi pada saat pandemi COVID-19 Pada bulan Juli tahun 2020, di masa pandemi COVID-19 terdapat 12 operasi pesawat terbang yang melakukan lepas landas dan pendaratan dalam satu harinya, sedangkan pada saat ini sebanyak 22 operasi pesawat terbang yang melakukan lepas landas dan pandaratan dalam satu harinya

References

Baiq, S. (2015). Prinsip-prinsip Manajemen Pengelolaan Bandar Udara. Jurnal Ilmiah WIDYA, 3 (1), 25-32

Fatimah, S. (2019). Pengantar Transportasi. Makassar: Myria Publisher.

Federal Aviation Association (FAA). (2010). Airport Capacity an Delay. Federal Aviation Association (FAA): United State.

Horonjeff, R., dan McKelvey, F.X. (1988). Perencanaan dan Perancangan Bandar Udara. Edisi Ketiga Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Jichao, L., Xiaolei, C., Dongfang, C., Zhenglei, C., dan Qiqi, C. (2020). A Review of Airport Runway Capacity Evaluation Model. IOP Conference Series: Material Science and Engineering, 780 (1). doi:10.1088/1757-889X/780/1/072019

Munawar, A. (2005). Dasar-Dasar Teknik Transportasi. Yogyakarta: Beta Offset.

Peraturan Menteri Perhubungan No. 11 Tahun 2010 Tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional. Jakarta

Pratama, H. Y. (2015). Analisis Tebal Dan Perpanjangan Landasan Pacu Pada Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddi II. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 3 (1), 741-747.

PT. Angkasa Pura II. (2022). Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II. Palembang: Persero.

Purwanto, H., & Sunandar, A. (2019). Analisa Perencanaan Runway Taxiway Dan Apron Pada Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Menggunakan Metode FAA (Federal Aviation Administration). Jurnal Deformasi, 4(1), 21-30.

Sartono, W. (2016). Bandar Udara “Pengenalan dan Perancangan Runway, Taxiway, Dan Apronâ€. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Setiawan, M., I., Surjokusumo, S., Ma’some D., M., Johan, J., Hasyim, C., et all. (2018). Business Centre Deveplopment Model of Airport Area in Supporting Aiport Sustainability in Indonesia. IOP Conference Series: Journal of Physics, 954 (1). doi:10.1088/1742-6596/954/1/012024

Sidharta. (1997). Sistem Transportasi. Jakarta: Gunadarma

Wibowo, A., H., Risky, D., R., Bambang, R., dan Eko, Y. (2015). Analisis Kapasitas Bandara Halim Perdana Kusuma Sebagai Bandara Internasional. Jurnal Karya Teknik Sipil, 4 (4), 172-188.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Susanto, J., Nisumanti, S., & Al qubro, K. (2022). Analisis Kapasitas Landasan Pacu (Runway) Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Terhadap Jumlah Penumpang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Deformasi, 7(2), 219–233. https://doi.org/10.31851/deformasi.v7i2.9585