EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN ASPIRASI KARIER SISWA

Authors

  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1289

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan informasi dalam
meningkatkan aspirasi karier siswa. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan Non
Randomized Pretest-Posttest One Group Design. Subjek penelitian ini adalah
siswa siswa SMA Negeri 7 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
model Skala Likert, selanjutnya dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed
Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 17.00. Temuan penelitian ini secara umum
menunjukkan bahwa layanan informasi efektif dalam meningkatkan aspirasi
karier siswa. Selanjutnya, temuan penelitian secara khusus yaitu: 1) Tingkat
aspirasi karier siswa sebelum diberikan perlakuan layanan informasi berada
pada kategori sedang dan 2) Terdapat perbedaan aspirasi karier siswa sebelum
dan setelah mengikuti layanan informasi, hal ini terlihat dari peningkatan skor
serta analisis statistik dengan peningkatan yang singnifikan. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi dapat meningkatkan skor
aspirasi karier siswa. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian ini dapat
disarankan kepada pihak terkait agar dapat menjalin kerja sama dalam
membantu siswa meningkatkan aspirasi karier.

This study aims to test the effectiveness of information services in improving student career aspirations. This research uses quantitative method. This research type is Quasi Experiment with Non Randomized Pretest-Posttest One Group Design. The subject of this research is students of SMA Negeri 7 Padang. The research instrument used is Likert Scale model, then analyzed using Wilcoxon Signed Ranks Test with SPSS version 17.00. The findings of this study generally show that information services are effective in improving student career aspirations. Furthermore, the research findings are specifically: 1) The level of career aspiration of students before being given information service treatment is in the medium category and 2) There are differences in career aspirations of students before and after following information services, this is evident from the increase in score as well as statistical analysis with the improvement Significant. Based on the results of research indicate that information service can improve student career aspiration score. Furthermore, based on the results of this study can be suggested to the relevant parties in order to establish cooperation in helping students improve career aspirations

Downloads

Published

2017-05-02