KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MAHASISWA PGSD PADA IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING BERMEDIA E-EDMODO

Authors

  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang
  • Triyana Yetra Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i2.3288

Abstract

Isu yang berkembang dalam dunia pendidikan dewasa ini adalah rendahnya mutu pendidikan Indonesia. Dan, kecenderungan siswa yang pesimis dalam pembelajaran matematika karena pandangan siswa terhadap matematika yang masih dianggap mata pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis keefektifan model PBL bermedia E-Edmodo, yang ditandai dengan: (1) kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu minimal 75% mahasiswa mencapai nilai KKM 70; (2) kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo lebih baik daripada kelas kontrol; (3) terdapat peningkatan kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek  penelitian kuantitatif dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas 4H (kelas eksperimen) dan kelas 4I (kelas kontrol) PGSD Universitas PGRI Palembang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data didapatkan kesimpulan bahwa: pembelajaran dengan model PBL bermedia E-Edmodo efektif yang ditandai dengan tercapainya ketuntasan klasikal pada kelas yang menggunakan model PBL bermedia E-Edmodo, rata-rata kemampuan literasi matematika mahasiswa pada pembelajaran model PBL bermedia E-Edmodo lebih tinggi dari kelas dengan model PBL Saintifik, terdapat peningkatan kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo sebesar 62%.

Author Biography

Arief Kuswidyanarko, Universitas PGRI Palembang

Prodi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang

References

Chakrabarty, S. 2013. “Problem Based Learning: Cultural Diverse Students’ Engagement, Learning and Contextualized Problem Solving In A Mathematics Classâ€. Wcik E-Journal Of Integration Knowledge. E-ISSN: 2289-5973.

Gulten, Dilek, C. 2013. “Distance education students self efficacy levels of mathematical literacyâ€. Academic journal Vol 8 (14) pp 1137-143.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.

Kompas. 2016. Daya imajinasi siswa lemah : http://nasional.kompas.com/read/2016/12/15/23091361/daya.imajinasi.siswa.lemah (diunduh 1 April 2017).

Masrukan, 2015. “Menyiapkan Pendidikan Matematika Menghadapi Pemberlakuan Mansyarakat Ekonomi ASEANâ€. Makalah. Seminar Nasional Matematika IX di Universitas Negeri Semarang. Semarang, 23 November 2015.

Nalole, M. 2008. Pembelajaran Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Realistik Di Kelas V Sekolah Dasar. Inovasi, Volume 5, Nomor 3, September 2008 ISSN 1693-9034.

Nicolaidou, M., & Philippou, G. 2004. “Attitudes towards mathematics, self efficacy and Achievement in problem solving. http://www.dm.unipi.it/â“didattica/cerme3/proceedings/groups/tg2/tg2_nicolaidou_cerme3.pdf [25 Februari 2017].

Noer, S., H. 2009. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding. ISBN: 978-979-16353-3-2, P-33.

OECD. 2014. PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds know and what they can do with what they know. OECD Publishing.

Putri, dkk. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Camtasia pada Pokok Bahasan Lingkaran melalui Edmodo untuk Siswa MTs. Jurnal Kreano. ISSN: 2086-2334. Volume 4, No. 2.

Rusmining, S. B. Waluya, & Sugianto. 2014. “Analysis of Mathematics Literacy, Learning Constructivism and Character Education (Case Studies on XI Class of SMK Roudlotus Saidiyyah Semarang, Indonesia)â€. International Journal of Education and Research. Vol. 2 No. 8. Hal 331-340.

Schunk, D.H. 1981. “Modeling and Attributional Effect on Children Achievement: A Self Efficacy Analysisâ€. Journal of Educational Psychology. 73, 93-105.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Yogyakarta: Alfabeta.Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan quantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Thongmak, M. 2013. Social Network System un Classroom: Antecedents of Edmodo © Adoption. Vol. 2013 (2013), Article ID 657749, 15 pages DOI: 10.5171/2013.657749.

Wardhani, S., & Rumiati. 2011. Modul Matematika SMP Program Bermutu Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Jakarta: Kemendiknas dan PPPPTK.

Wardono, & Mariani, S. 2014. “The Realistic Learning Model With Character Education and PISA Assessment to Improve Mathematics Literacyâ€. International Journal of Education and Research. Vol.2 No.7. Hal 361-372

Wardono, et al. 2015. “The Realistic Scientific Humanist Learning With Character Education To Improve Mathematics Literacy Based On PISAâ€. International Journal of Education and Research. Vol.3 No.1. Hal 349-362.

Webb, D. 2011. “Design Research in the Netherlands: Introducing Logarithms Using Realistic Mathematics Educationâ€. Journal of Mathematics Education at Teachers College. Spring-Summer 2011, Volume 2.

Wong, P.K. 2005. “Mathematical Literacy of Hong Kong’s 15-Year-Old Students in PISAâ€. Education Journal. Vol.31 No.2. Hal:91-120

Downloads

Published

2019-05-28