ANALISIS LEARNING OBSTACLES SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK

Miftha Indasari, Muttia Ratna

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada masalah siswa SD yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal non rutin matematika, maka peneliti ingin mengetahui learning obstacles (hambatan belajar) apa yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal non rutin matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan menggunakan soal tes yang kemudian dianalisis learning obstacles yang dialami oleh siswa. Kemudian agar bisa mendalam mendapatkan informasi mengenai learning obstacles maka peneliti menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian yang didapat adalah: a) Soal nomor 1 terdapat 43% siswa yang mengalami ontogenic obstacle dan 40% siswa yang mengalami epistemological obstacle;. b) Soal nomor 2 terdapat 53% siswa yang mengalami ontogenic obstacle dan 37% siswa yang mengalami epistemological obstacle. Melihat hasil persentase di atas, dapat kita simpulkan bahwa siswa kelas VI masih perlu ditingkatkan kembali pemahaman akan konsep volume bangun ruang. Guru hendaknya membuat Hypothetical Learning Trajectory (HLT) atau desain didaktis dalam pembelajaran matematika dan melakukan pembimbingan (scaffolding) secara individu kepada setiap siswa


Full Text:

PDF

References


Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. USA: Kluwer Academic Publishers.

Hidayati. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 4 Nomor 2 Oktober 2017. (online). (http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/download/2222/1667).

Susanti. (2019). Pengembangan Soal Matematika Menggunakan Konteks Bowling untuk Siswa Kelas VII SMP Kurikulum 2013: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 JANUARI 2019. (jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/2651/2458. 2019 hlm 918-926).

Wicasari, Bella dan Ernaningsih, Zeny. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematika yang Berorientasi pada HOTS. Prosiding Seminar Nasional Reforming Pedagogy 2016. Hal. 249-254. (https://www.usd.ac.id/seminar/snrp2016/wp-content/uploads/2017/01/SNRP39.pdf )




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.