PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA PERMAINAN BOLA TANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA

Authors

  • Bambang Hermansah Dosen Universitas PGRI Palembang
  • Endie Riyoko Dosen Universitas PGRI Palembang
  • Ferry Hidayad Dosen Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3645

Keywords:

Pengembangan, Video Tutorial, Teknik Dasar dan Kosa Kata

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan video tutorial teknik dasar dan komunikasi kosa kata bahasa Inggris pada permainan bola tangan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Subjek uji coba yaitu mahasiswa pendidikan Jasmani Universitas PGRI Palembang angkatan 2016 berjumlah 30 mahasiswa. Pengembangan video tutorial teknik dasar dan kosa kata bahasa Inggris dilakukan melalui 4 tahap, yaitu: (1) tahap awal; (2) tahap desain; (3) tahap pengembangan; dan (4) tahap ujicoba. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi 1 diperoleh persentase sebesar 92% dalam kategori "sangat layak", ahli materi 2 diperoleh persentase sebesar 92% dalam kategori "sangat layak", dan ahli media diperoleh persentase sebesar 86,67% dalam kategori "sangat layak". Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video tutorial teknik dasar bola tangan untuk mahasiswa sangat layak digunakan sebagai pedoman pembelajaran

References

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Muktiani, Nur Rohmah. (2008). "Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA". Program Pasca Sarjana UNY.

Rakasiwi, Putri Agil. (2015). Pengembangan Video Tutorial Teknik Dasar Penjaga Gawang untuk Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putri SMA/SMK. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.

Sanaky, Hujair. (2013). Media Pembelajaran Interaktif dan Inovatif. Yogyakarta: PT Kaukaba Dipantara.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2020-01-28