KONTRIBUSI GANGGUAN BERBAHASA FONEM /R/ DALAM PEMBELAJARAN PEMEROLEHAN BAHASA

Authors

  • Nyayu Lulu Nadya Dosen Universitas Tridinanti
  • Hirma Kirana Dosen Universitas Tridinanti

DOI:

https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i01.3969

Keywords:

Gangguan Berbahasa, Fonem R, Pemerolehan Bahasa

Abstract

Penelitian ini membahas masalah gangguan berbahasa anak pada usia lima tahun mengenai gangguan kefasihan dan artikulasi dalam pelafalan fonem, satu suku kata dan beberapa kalimat dengan fonem yang artikulasinya terganggu. Tujuan penulisan ini adalah mengetahui gangguan kefasihan dan artikulasi dalam pelafalan fonem. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dasar kualitatif adalah konstruktivisme yang berasumsi bahwa kenyataan itu berdimensi jamak, interaktif, dan suatu pertukaran pengalaman sosial yang diinterpretasikan oleh setiap individu. Dari analisis yang didapat dari objek kajian membuktikan bahwa anak seharusnya dilatih dengan berbagai cara agar kefasihan dalam menyebutkan kata atau kalimat menjadi baik dan lancar. Untuk itu peran keluarga sangat penting untuk melatih pemerolehan bahasa anak agar tidak terganggu dalam berbicara. Analisis ini membuktikan bahwa anak dapat dilatih dengan metode- metode kecil seperti bernyanyi atau menunjukkan gambar hewan atau benda. Agar harapan untuk anak dapat melafalkan fonem /R/ dengan baik dapat tercapai.

References

Indah, Rohmani Nur. (2017). Gangguan Berbahasa Kajian Pengantar. Malang: UIN Maliki Press.

Johan, Mohd. (2016). Gangguan Pelafalan Fonem Terhadap Anak-anak (Balita) Suatu Kajian: Neurolinguistik. 71—80. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/basis/article/download/556/520.

Matondang, Cica Elida Hanum. (2019). Analisis Gangguan Berbicara Anak Cadel (Kajian pada Perspektif Psikologi dan Neurologi). Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. ISSN: 2550-0848; ISSN Online:2614-2988. Vol. 3, No. 2, Maret.

Mulyani, Novi. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Nadya, Nyayu Lulu. (2017). Deteksi Dini Keterlambatan Pemerolehan Bahasa Anak: Studi Kasus pada Anak Usia 25 Bulan. Konferensi Linguistik Tahunan Atma Jaya Kelima Belas. ISSN: 2549-810X. Pusat Kajian Bahasa dan Budaya.

Siron, Yubaedi. (2016). Analisis Kemampuan Penggunaan Kata Kerja pada Anak Usia 5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 5, Edisi 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/download/12391/89951.

Downloads

Published

2020-01-28