https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/issue/feedWahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan2024-09-28T00:00:00+00:00Erfan Ramadhanierfankonselor@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Wahana Didaktika</strong>, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas PGRI Palembang E-ISSN: 2621-4075, P-ISSN: 1829-5614. Terbit 3 kali setahun pada Januari, Mei, September.</p>https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/15923Kesehatan Mental Anak Broken Home2024-06-28T08:42:05+00:00Bau Ratubauratu74@gmail.comNinil Elfiraninil.28.elfira@gmail.comAhmad Fauzan Al Ansyarimacfirahfrh@gmail.comJeni Ahmad Abdullohjeniahmadabdulloh23@gmail.comWahyu Wahyuw401182@gmail.com<p><em>Penelitian ini mengkaji dampak broken home terhadap kesehatan mental anak-anak melalui studi literatur. Broken home, yang disebabkan oleh perceraian, kematian orang tua, atau konflik berkepanjangan dalam keluarga, memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan psikologis anak. Anak-anak dari keluarga broken home sering mengalami stres, kecemasan, dan depresi, yang dapat mempengaruhi prestasi akademik, hubungan sosial, dan kesejahteraan umum mereka. Gangguan kesehatan mental pada anak-anak ini dapat muncul dalam bentuk agresi, penarikan diri, atau kompensasi. Penelitian ini menekankan pentingnya upaya bersama dari orang tua, keluarga, dan masyarakat dalam menjaga kesehatan mental anak-anak dari keluarga broken home. Strategi yang direkomendasikan meliputi komunikasi terbuka, memfasilitasi hubungan yang sehat dengan kedua orang tua, memberikan dukungan sosial, dan mengakses layanan terapi atau konseling. Kesimpulannya, penanganan yang tepat dan dukungan yang memadai sangat penting untuk membantu anak-anak mengatasi dampak psikologis dari situasi broken home.</em></p>2024-09-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Bau Ratu, Ninil Elfira, Ahmad Fauzan Al Ansyari, Jeni Ahmad Abdulloh, Wahyu Wahyuhttps://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/16661Nilai Budaya yang Terkandung dalam Buku Ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” Tingkat B-22024-09-04T07:53:53+00:00Muhammad Rozanimr.rozani10@gmail.comNela Oktarinamr.rozani10@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai budaya yang terdapat dalam buku ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” tingkat B-2. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi (<em>concent analysis</em>). Sumber data penelitian adalah buku ajar BIPA dengan judul “Sahabatku Indonesia” tingkat B-2. Data yang dianalisis berupa sub-unit ataupun kutipan-kutipan dalam buku yang mengandung nilai budaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data nilai budaya difokuskan pada tiga teks yang terdapat dalam buku ajar BIPA “Sahabatku Indonesia” tingkat B-2, yakni dengan judul “Orang Baduy dan Hutan Mereka”, “Lompat Batu Suku Nias”, dan “Upacara Adat Ngarot di Kabupaten Indramayu”. Teks “Orang Baduy dan Hutan Mereka” memuat nilai budaya, seperti sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial, dan sistem mata pencaharian. Sementara, pada teks “Lompat Batu Suku Nias” memuat nilai budaya sistem pengetahuan, sistem teknologi dan peralatan hidup, dan sistem kesenian. Terakhir pada teks “Upacara Adat Ngarot di Kabupaten Indramayu” memuat nilai budaya sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial, dan sistem mata pencaharian.</p> <p> </p> <p><strong>Kata kunci</strong>: BIPA; Buku Ajar; Nilai Budaya</p>2024-09-11T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Muhammad Rozani, Nela Oktarinahttps://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/16329Pengaruh Pembangunan Perpustakaan terhadap Kualitas Belajar Anak di Panti Asuhan Mizan Amanah Krukut2024-07-26T15:02:46+00:00Dadan Rohmanadzan23@gmail.comDestin Siva’ul Kamilaadzan23@gmail.comRanti Okta Yolandaadzan23@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembangunan perpustakaan terhadap kualitas belajar anak di Panti Asuhan Mizan Amanah Krukut. Dengan adanya perpustakaan, diharapkan anak-anak akan tertarik dan termotivasi untuk lebih giat belajar serta mengembangkan hobi membaca. Sasaran pembangunan perpustakaan ini adalah pengurus panti dan anak-anak panti agar perpustakaan dapat dijadikan tempat proses belajar mengajar, serta meningkatkan ilmu pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi pustaka, yang melibatkan pengumpulan dan analisis literatur yang relevan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pengaruh perpustakaan terhadap kualitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan dapat meningkatkan proses kegiatan belajar, mendorong potensi, minat, dan bakat anak-anak, serta meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mereka. Dengan demikian, perpustakaan memberikan dampak positif bagi anak-anak Panti Asuhan Mizan Amanah Krukut dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan produktif.</p>2024-09-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dadan Rohman, Destin Siva’ul Kamila, Ranti Okta Yolanda