https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/issue/feed Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan 2024-04-26T23:05:05+00:00 Dian Nuzulia Armariena dianarera@yahoo.com Open Journal Systems Jurnal Wahana Didaktika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas PGRI Palembang E-ISSN: 2621-4075, P-ISSN: 1829-5614. Terbit 3 kali setahun pada Januari, Mei, September. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/12923 Pembelajaran Program Keluarga Berencana Pada Pasangan Muslim Di Bawah Umur Di Kabupaten Mandailing Natal Perspektif Maqashid Syariah 2023-08-18T01:59:04+00:00 Ahmad Ramadan ahmadramadhannst859@gmail.com Ibrahim Siregar himregar@yahoo.com Putra Halomoan Hsb putrahsb.halomoan@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan program keluarga berencana pada pasangan Muslim di bawah umur di Kabupaten Mandailing Natal. (2) Persfektif Maqoshid Syariah terhadap pelaksanaan program keluarga berencana pada pasangan Muslim di bawah umur di Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu pasangan suami istri yang menikah berkisar di bawah usia 18 tahun di Kabupaten Mandailing Natal, petugas pelayanan KB di Puskesmas Mandailing Natal, Kepala DPPKB Madina sesuai data yang dibutuhkan dan Kepala KUA di Kabupaten Mandailing Natal.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan Program Keluarga Berencana di Kabupaten Mandailing Natal masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi sehingga melakukan program KB, dilihat dari kondisi ekonomi yang dibilang pas pasan dan kondisi usia yang belum siap untuk mempunyai anak sehingga mereka perlu melakukan program KB tersebut supaya anak-anak yang dilahirkan sesuai yang diharapkan terpenuhi kebutuhannya, sehat serta mandiri. (2) Perspektif Maqoshid Syariah, Keluarga Berencana merupakan salah satu upaya menciptakan keluarga berkualitas, baik secara agama maupun kemanusiaan. Di dalam Maqhashid Syari’ah Pemeliharaan keturunan atau Hifz al-nasl merupakan kebutuhan yang dharuriyyat yakni kebutuhan utama yang harus di pelihara dan dilindungi dengan sebaik-baiknya oleh syari’at islam sebagai orang tua, mengikuti program KB bisa menjadi kebutuhan sekunder atau kebutuhan hajiyyat bagi keluarga, yang mana keberadaannya dibutuhkan untuk memberikan kemudahan serta menghilangkan kesukaran dan kesulitan dalam kehidupan keluarga.</p> 2023-08-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Ahmad Ramadan, Ibrahim Siregar, Putra Halomoan Hsb https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/12925 Pengetahuan Peran Mediator Dalam Proses Mediasi Perkara Perceraian 2023-08-18T02:46:32+00:00 Indah Tria Sari Simatupang indahtrisari12@gmail.com Ibrahim Siregar himregar@yahoo.com Ikhwanuddin Harahap ikhwanuddinharahap@uin.syahada.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetrahui (1) Pengetahuan peran mediator sebagai <br />pembelajaran tentang perkara perceraian (2) Faktor penghambat dan pendukung <br />mediator dalam melaksanakan mediasi. (3) Efektivitas mediator dalam menyelesaikan <br />masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek <br />penelitian ini yaitu pembelajrar hakim, mediator, Panitera, Panitera Muda. Teknik <br />pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. <br />Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran proses mediasi <br />sesuai dengan PERMA No. 01 Tahun 2016 tentang prosedur mediasi PERMA tersebut <br />sebagai acuan dalam mengaplikasikan mediasi. (2) Faktor keberhasilan mediasi dari <br />aspek para pihak dan mediator sebelum melakukan proses mediasi dia memiliki <br />pengetahuan terlebih dahulu permasalahan penyebab perkara yang dihadapi oleh kedua <br />belah pihak sebagai seorang mediator. Faktor penghambat pelaksanaan mediator ada <br />pada berbagai aspek, yaitu: durasi waktu mediasi, jumlah perkara perceraian yang <br />banyak membuat hakim merangkap menjadi hakim mediator, mediator non hakim yang <br />dari luar pengadilan yang hanya berjumlah dua orang saja sehingga sangatlah terbatas. <br />(3) Pengetahuan tentang PERMA No. 01 Tahun 2016 belum efektif karena presentase dari <br />perkara yang dicabut (berhasil di mediasi) tidak sampai, hal itu di karenakan unsur dari <br />penegak hukumnya yang kurang memadai. Jika dilihat dari teori efektivitas hukum baik<br />dari faktor hukum PERMA No. 01 Tahun 2016, faktor penegak hukumnya (mediator), <br />faktor sarana prasarana, faktor masyarakat dan faktor kebudayaan di Pengadilan Agama <br />Padangsidimpuan belum efektif</p> 2023-08-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Indah Tria Sari Simatupang, Ibrahim Siregar, Ikhwanuddin Harahap https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/12926 Efektivitas Pembelajaran Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Itsbat Nikah Terpadu 2023-08-18T02:58:27+00:00 Tohiruddin Siregar tohiruddinsir@gmail.com Ikhwanuddin Harahap ikhwanuddinharahap@uin.syahada.ac.id Zul Anwar Ajim Harahap zulanwar.ajim@uinsyahda.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetrahui (1) Pembelajaran Itsbat Nikah Terpadu berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2015. (2) Efektivitas pembelajaran Itsbat Nikah Terpadu berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2015 oleh UIN Syahda. (3) Faktor-faktor penghambat pembelajaran Itsbat Nikah Terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu masyarakat pembelajar itsbat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tahap proses pembelajaran persidangan Itsbat nikah terpadu yang dilakukan berjalan sangat tidak efektif dan tidak tercover. Sangat tidak efektifnya karena ada 100 berkas pelaksanaan itsbat nikah Terpadu akan tetapi hanya 33 pasangan suami istri yang mendaftar hadir dalam pelaksanaan Itsbat nikah terpadu keliling, artinya pembelajaran pada masyarakat masih kurang kesadaran terhadap pembelajaran sidang Itsbat nikah terpadu keliling dan tidak ingin dibantu dalam mencari keadilan untuk memperoleh status hukum karena dilihat dari tingkat capaiannya sangat tidak efektif yaitu dengan rasio efektivitasnya dibawah 40. Padahal dalam pembelaran Itsbat nikah terpadu keliling seluruh jenjang struktural dangat diperlukan dan disepakati bahwa pembelajaran sidang Itsbat nikah terpadu penting untuk dilaksanakan dan menjadi motivasi hukum bagi hakim Pengadilan Agama Padangsidimpuan karena rasa tanggung jawab hakim untuk memenuhi dan memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat pencari keadilan.</p> 2023-09-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Tohiruddin Siregar, Ikhwanuddin Harahap, Zul Anwar Ajim Harahap https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/12924 Metode Pembelajaran Tahfiz Qur’an Dalam Menguatkan Hafalan Santri Di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan 2023-08-18T02:36:08+00:00 Wahyu Dewi Sahfitri dewisyafitriwahyu@gmail.com Sumper Mulia Harahap sumper@stain-madina.ac.id Hamdan Hasibuan hamdanhasibuan258@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetrahui (1) Pengunaan metode pembelajaran Tahfidz Qur’an dalam menguatkan hafalan santri di Pondok Pesantren Al-Ansor Maunggang Julu Kota padangsidimpuan. (2) Faktor- faktor penghambat dalam Menguatkan Hafalan Santri tahfidz Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu. (3) upaya yang dilakuakan dalam menguatkan hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Pimpinan Pondok Pesantren, guru dan santri Pondok Pesantren Al-Ansor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan tahfidz Qur’an santri di Pondok Pesantren Al-Ansor yang berkaitan dengan penguatan hafalan Al-Qur’an dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran tahfidz Qur’an yaitu metode <em>talaqin,</em>metode<em> sima’I, </em>metode<em> takrir, </em>metode <em>talaqqi, </em>metode,metode <em>mudarasah, </em>dan metode <em>muraja’ah</em>. (2) Faktor penghambat dalam menguatkan hafalan santri tahfiz Qur’an ada dua faktor yaitu internal dan eksternal, internalnya yakni rasa malas dan susah menghafal, eksternalnya yaitu lingkungan. (3) Upaya yang dilakuakan dalam menguatkan hafalan Al-Qur’an Santri ialah dengan cara membaca ayat Al-Qur’an yang telah dihafal dibaca ketika sholat, memperdengarkan bacaan yang telah dihafal kepada orang lain, berwduh apabila merasa ngantuk, menggunakan metode pembelajaran tahfidz Qur’an dan memberikan motivasi kepada santri.</p> 2023-09-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Wahyu Dewi Sahfitri, Sumper Mulia Harahap, Hamdan Hasibuan https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/13199 Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Tema 6 Cita-Citaku Di Kelas IV SD 2023-10-03T05:22:48+00:00 Yuliantina yuliantina8700@gmail.com Liza Murniviyanti lizamurniviyanti@univpgri-palembang.ac.id Susanti Faipri Selegi susantifaipri@gmail.com <p>Berdasarkan kegiatan wawancara yang dilakukan, diperoleh data yaitu bahan ajar yang digunakan kurang variatif, hasil belajar cenderung rendah, penggunaan media pembelajaran berupa video animasi belum optimal, dan metode pembelajaran yang digunakan masih konvesional.&nbsp;Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Video Animasi Pada Pembelajaran Tema 6 Cita-Citaku. Penelitian ini menggunakan metode <em>R&amp;D</em> dengan model Borg &amp; Gall yang menggunakan sampai tahapan ke-7.&nbsp;Hasil uji validasi kepada ahli materi didapatkan sebesar 86,1%, untuk validasi ahli media sebesar 88,8%, dan untuk validasi dari tenaga pendidik sebesar 97,2%.&nbsp;Sedangkan hasil uji produk secara lebih luas didapatkan sebesar 84,3%.&nbsp;Jadi media yang telah dikembangkan ini masuk dalam kategori sangat praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.&nbsp;Media yang telah dikembangkan ini sebagai alternatif siswa dalam mempelajari materi puisi agar siswa tidak mudah bosan serta aktif dalam pembelajaran.&nbsp;Selain itu, media pembelajaran ini juga membuat siswa tidak mudah bosan selama pembelajaran.</p> 2024-01-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Yuliantina, Liza Murniviyanti, Susanti Faipri Selegi https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/14144 Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Pendidikan Multikultural Untuk Membentuk Sikap Moderasi Beragama 2023-12-25T02:58:25+00:00 Adri Adri adri.fhpj@gmail.com Anhar Anhar anhar@uinsyahada.ac.id Mohd Rafiq Mohd.rafiqsma@gmail.com Isra Hayati Darman israhayati@stain-madina.ac.id <p>SMAN 1 Nagajuang merupakan sekolah multikultural dan multiagama. Pada tahun ajaran 2022/2023, jumlah siswa sebanyak 134 siswa yang terdiri dari 48,5% beragama Islam dan 51,5% non-Muslim. Namun belum ada bahan ajar khusus terkait moderasi beragama di sekolah ini yang sesuai dengan kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar PAI berbasis multikultural untuk membentuk sikap moderasi beragama siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&amp;D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan angket yang melibatkan siswa, guru dan kepala sekolah, data diolah secara kualitatif dan kuantitatif.<br>Hasil dari penelitian ini adalah sebuah buku teks dengan judul: Buku Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama untuk SMAN 1 Nagajuang Kelas XI, yang terdiri dari sampul, pendahuluan, daftar isi, kompetensi inti dan kompetensi dasar (KI dan KD), pedoman penggunaan buku, materi terpadu sikap dan prinsip moderasi beragama dalam 5 bab, referensi dan glosarium. Total skor uji validitas bahan ajar ini sebesar 80,75% dengan kualifikasi valid dan total skor uji praktikalitas sebesar 86,80% dengan kualifikasi sangat praktis. Jadi buku ajar ini dinilai valid, praktis dan layak digunakan sebagai bahan ajar kelas XI SMAN 1 Nagajuang.</p> 2024-01-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Adri Adri, Anhar Anhar, Mohd Rafiq, Isra Hayati Darman https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/14167 Menguasai Konsep Matematika Mengenai Pengoperasian Hitung Perkalian Menggunakan Metode Realistics Methamatics Education (RME) 2023-12-27T09:07:49+00:00 Sabina Khairunnisa sabinakhairunnisaaa@gmail.com Aviva Hanum Siregar pintarmenulis1@gmail.com Rora Rizki Wandini rorarizkiwandini@uinsu.ac.id <p><strong><em>Abstract</em></strong></p> <p><em>Learning is an effort to provide direction and education to students using expert staff, especially educators. The purpose of this writing is to determine the extent of students' understanding of multiplication calculation operations using the Realistics Metamatics Education (RME) method. The method used by the author in this research is library study, namely a series of activities relating to methods of collecting library data, reading and taking notes and processing research materials. The results of the study showed that students' understanding of multiplication increased. Multiplication instructions that focus on memorization, the concept of multiplication with repeated addition, the concept of the properties of multiplication, and the application of the concept of multiplication to word problems show an increase, so it can be concluded that students' understanding of the concept of multiplication can experience a significant increase. Students can understand simple mathematical concepts and prove them without always relying on memorizing results</em></p> <p><strong><em>Keywords </em></strong><strong><em>: Concept, Understanding, Multiplication</em></strong></p> <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Pembelajaran adalah suatu upaya memberikan arahan dan pendidikan kepada peserta didik dengan menggunakan tenaga ahli, khususnya pendidik. Tujuan penulisan ini ialah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik tentang operasi hitung perkalian dengan menggunakan metode <em>Realistics Methamatics Education </em>(RME). Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu studi pustaka, yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemahaman perkalian siswa meningkat. Petunjuk perkalian yang berfokus dengan hafalan, konsep perkalian dengan penjumlahan berulang, konsep sifat-sifat perkalian, dan pengaplikasian konsep perkalian ke dalam soal cerita menunjukkan peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep perkalian peserta didik dapat mengalami peningkatan yang signifikan. Peserta didik sudah bisa memahami konsep matematika sederhana dan membuktikan tanpa selalu berpangku pada hasil hafalan.</p> <p><strong><em>Kata Kunci </em></strong><em>: Konsep, Pemahaman, Perkalian</em></p> 2024-01-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Sabina Khairunnisa, Aviva Hanum Siregar, Rora Rizki Wandini https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/14123 Isu-Isu Kritis Dalam Pendidikan Islam 2023-12-23T06:14:36+00:00 Ficky Uwais Alqarny Ficky fickyassalafy@gmail.com Sukari Sukari sukarisolo@gmail.com <p><em>This research aims to investigate critical issues in Islamic education that have significant impacts on the current education system. The study seeks to provide crucial insights for stakeholders in the field of education, including the government, educational institutions, and the general public, to engage in improving the education system to address these critical issues and ensure that all individuals have equal opportunities to receive quality education. The research adopts a Literature Review approach, involving the collection of literature data, reading, analyzing, and recording relevant research materials. This includes utilizing document studies on the results of previous research. Data collection is conducted by searching journals on various electronic media such as digital libraries and the internet. The search for journals is carried out through Google Scholar and academic literature related to critical issues in Islamic education. The results of the research indicate that critical issues in Islamic education can be divided into two categories: internal factors, including Power Relations and the Orientation of Islamic Education, Curriculum Issues, Learning Approaches/Methods, Professionalism and Human Resource Quality, and Education Costs. External factors include Dichotomic, To General Knowledge, Lack of Spirit of Inquiry, Memorization, and Certificate Orientation. The solution to addressing these critical issues is to return Islamic education to its natural state, designing education in such a way that learners can develop their potential naturally and creatively in an atmosphere of freedom, togetherness, and responsibility. Islamic education is oriented towards a Process of Awareness, a Humanization Process, and the Cultivation of Noble Character.</em></p> <p><strong>Keywords: </strong><em>Critical Education, Educational Issues, Islamic education</em></p> 2024-01-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ficky Uwais Alqarny Ficky, Sukari Sukari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/14416 Strategi Guru dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa pada Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran PAI di Kelas VB SDN 106 Kota Bengkulu 2024-01-11T06:32:37+00:00 Kurnia Khoirunnisa kurniakhoirunnisa098@gmail.com Esy Sapitri Nengseh essysapitrin@gmail.com Peli Periska Peliperiska8@gmail.com Devi Andika devi19oppo@gmail.com Nova Asvio novaasvio@mail.uinfasbengkulu.ac.id <p>Pada penelitian ini penulis bermaksud untuk melihat bagaimana strategi guru dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa pada kurikulum merdeka belajar mata pelajaran PAI di kelas VB SDN 106 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Deskriptif kualitatif, dengan memakai teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan kuesioner. Pengumpulan data pada penelitian kualitatif berupa catatan, rekaman suara, video, dan foto, kemudian disajikan dalam bentuk tulisan. Adapun temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa strategi guru PAI dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa pada kurikulum merdeka belajar mata pelajaran PAI di kelas VB SDN 106 kota Bengkulu: yaitu dengan cara melaksanakan program-program yang bisa meningkatkan nilai-nilai agama seperti tafakur, shalat Dhuha berjamaah, shalat zuhur berjamaah, kultum oleh guru PAI , dan berinfak. Program-program tersebut memperoleh hasil yang sangat positif, yaitu akhlak siswa menjadi lebih baik, sehingga siswa menjadi lebih sopan. Hal ini sesuai dengan keterangan yang diberikan oleh siswa, dimana mereka selalu berdo’a sebelum memulai pembelajaran, selalu mengerjakan tugas dengan baik, melaksanakan piket, membuang sampah pada tempatnya, bersikap baik kepada teman sebaya, menghormati Guru baik di sekolah maupun di luar sekolah dengan selalu mengucapkan salam dan mencium tangan, serta guru selalu memberikan contoh prilaku yang baik dan tidak memberikan contoh perilaku yang buruk.</p> 2024-01-15T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Kurnia Khoirunnisa, Esy Sapitri Nengseh, Peli Periska, Devi Andika, Nova Asvio https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/14395 Kontroversi Interpretasi Orang Tua terhadap Penggunaan Pembelajaran Online Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris di Masa Covid-19 2024-01-10T11:04:23+00:00 Siswoyo Hadie siswoyoalhadie@gmail.com Fatma Yuniarti fatmayuniarti5@umpri.ac.id <p><em>Orang tua memaknai pembelajaran daring berbeda dengan pembelajaran tatap muka yang mungkin mempunyai konsekuensi. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kontroversi orang tua dalam melakukan pembelajaran daring pada masa penyakit virus corona 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam menganalisis data penelitian. Penelitian ini diikuti oleh 24 orang tua siswa sekolah dasar. Data diambil melalui kuesioner. Penelitian ini menemukan adanya setuju dan tidak setuju terhadap penggunaan pembelajaran daring. Kesepakatan penggunaan pembelajaran daring didasarkan pada keefektifan pembelajaran daring. Hal ini efektif untuk mengurangi penyebaran penyakit virus corona. Selain itu, nilai siswa juga meningkat. Pembelajaran online juga dapat membantu orang tua dalam mengontrol anak. Sedangkan perbedaan pendapat didasari oleh sulitnya mengakses materi dan memahami penjelasan guru. Orang tua harus mendampingi anaknya dalam belajar. Dibutuhkan lebih banyak dana untuk mendukung pembelajaran online. Nilai siswa juga kurang memuaskan.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2024-01-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Siswoyo Hadie, Fatma Yuniarti https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/14578 Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Remaja Di Desa Simanuldang Jae Kecamatanulu Barumun Kabupaten Padang Lawas 2024-01-28T17:23:53+00:00 Yunita Gibon gibonyunita@gmail.com Yusnah Hasibuan hasibuanyusnah5@gmail.com Saipul Rijai rijaisaipul929@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan gadget terhadap akhlak remaja di Desa Simanuldang Jae Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Untuk mengetahui pengaruh positif dan negatif penggunaan gadget terhadap akhlak remaja di Desa Simanuldang Jae Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode kolerasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu remaja di Desa Simanuldang Jae berjumlah 42 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh thitung sebesar 3.059 dan ttabel sebesar 1.681. Nilai signifikansinya sebesar 0.04 &lt; 0.05 yang berarti signifikan dengan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap akhlak remaja di Desa Simanuldang Jae Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Pengaruh positif gadget terhadap akhlak remaja di Desa Simanuldang Jae dilihat dari hasil presentase kuisioner yaitu adanya remaja yang mengakses berita berbasis Islami sehingga berpengaruh baik terhadap akhlaknya. Sedangkan pengaruh negatif penggunaan gadget terhadap akhlak remaja di Desa Simanuldang Jae dilihat dari jawaban kuisioner responden yang menyatakan sebagian besar remaja di Desa Simanuldang Jae tidak patuh terhadap perintah orangtua mereka ketika sedang menggunakan gadget dan sering menunda pekerjaan yang disuruh oleh orangtuanya.</p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Yunita Gibon, Yusnah Hasibuan, Saipul Rijai https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/14576 Dinamika Fenomenologi: Analisis Pengalaman Guru Dalam Konteks Pendidikan di SMP Global Madani 2024-01-22T15:15:42+00:00 Rani Amrista Wijayanti raniiamristaa@gmail.com Wuri Syaputri wurisyaputri@gmail.com <p>Untuk menyelidiki pengalaman guru dengan kepemimpinan kreatif di SMP Global Madani, penelitian ini menggunakan fenomenologi. Penelitian melibatkan dua belas guru dan mengumpulkan data melalui observasi kelas, wawancara, dan analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan beberapa aspek penting dari pekerjaan guru di SMP Global Madani. Sebagian besar guru (7 dari 12) mengemukakan bahwa penunjang pembelajaran berupa teknologi (internet) terfasilitasi dengan baik. Namun siswa dapat terpapar informasi yang salah karena penunjang belajar dan teknologi yang tersedia tidak selalu akurat. Selain itu, terlalu fokus pada teknologi dapat menyebabkan stres dan isolasi sosial. Beberapa guru (5 dari 12) juga menekankan kesulitan disiplin siswa, menekankan betapa sulitnya menjaga kelas tetap sesuai dengan nilai-nilai Islam. Di sisi positifnya, sebagian besar guru (9 dari 12) melihat penggunaan teknologi sebagai fokus yang positif, yang menunjukkan upaya untuk meningkatkan keterlibatan dan interaktivitas siswa. Selain itu, beberapa guru (6 dari 12) melihat metode kreatif seperti proyek kolaboratif dan permainan peran untuk meningkatkan minat dan partisipasi siswa. Penelitian ini menggunakan analisis tematik untuk menunjukkan kompleksitas pengalaman guru di SMP Global Madani. Ini mencakup perjuangan guru untuk mengatasi keterbatasan sumber daya dan dinamika disiplin siswa. Fokus utama adalah pencapaian positif guru dalam penggunaan teknologi dan pendekatan pembelajaran kreatif. Oleh karena itu, hasil ini diharapkan dapat membantu dalam pengembangan praktik pendidikan, terutama dalam mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dan kreativitas di tingkat pendidikan menengah.</p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Rani Amrista Wijayanti, Wuri Syaputri https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/15041 Studi Literatur: Implementasi Modul Seni Pertunjukkan Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikatif di Abad 21 2024-04-26T22:30:38+00:00 Hesti Hesti q3002200009@gmail.com Sutama Sutama sut197@ums.ac.id Budi Murtiyasa sut197@ums.ac.id Markamah Markamah bm277@ums.ac.id Prayitno Prayitno mar274@ums.ac.id Muhibbin Muhibbin am215@ums.ac.id Anif Anif sa163@ums.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui implementasi modul seni pertunjukan untuk meningkatkan keterampilan komunikatif di Abad 21 dalam pembelajaran seni budaya di SMA. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik penelitian studi literatur. Data yang diperoleh berdasarkan 12 artikel jurnal yang dianalisis, penggunaan modul dapat disimpulkan; dengan penggunaan modul dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan komunikatif peserta didik. Teknik analisis data yang dilalui dengan mengumpulkan data, menyederhanakan data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan. Dalam implementasi modul memiliki kelebihan sehingga peserta didik dan guru dapat terbantu di mana pembelajaran menjadi efektif dan efisien serta materi pembelajaran mudah dipahami. Selain itu, terdapat kekurangan dalam penggunaan modul yang tidak tepat saat proses pembelajaran. Oleh karenanya, guru harus mampu memilah serta mengimplementasikan modul dan materi yang tepat dengan cara yang sesuai dengan jenjang pendidikan agar mudah tersampaikan kepada peserta didik.</p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Hesti Hesti, Sutama Sutama, Budi Murtiyasa, Markamah Markamah, Prayitno Prayitno, Muhibbin Muhibbin, Anif Anif https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/15042 Analisis Eror dalam Bahasa Inggris pada Kelas Speaking 2024-04-26T22:44:09+00:00 Carla Maretha carlamaretha@gmail.com Yulia Wahyuningsih yuliaw19.yw@gmail.com <p>Keterampilan berbicara merupakan keterampilan dasar dalam mempelajari sebuah bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan berbahasa Inggris anak-anak Migran Indonesia yang telah menetap lama di Malaysia. Di sini, penulis menerapkan pendekatan kualitatif naturalistik, hal ini merupakan pertimbangan bahwa penulis fokus pada mengamati, mendeskripsikan, menafsirkan dan memahami apa yang biasanya dilakukan siswa dan guru di kelas berbicara. Metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan sekitar 50% sampel mempunyai kemampuan berbicara yang cukup baik dengan tata bahasa yang benar, santai, dapat memberikan manfaat bagi pendengarnya. Sekitar 20% sampel mempunyai kemampuan sedang, dan 30% sisanya kemampuan berbicaranya masih buruk. Mereka membutuhkan banyak perbaikan dalam tata bahasa.</p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Carla Maretha, Yulia Wahyuningsih https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/15043 Pengaruh Sosial Media Terhadap Kebiasaan Berbahasa Inggris Pekerja Migran Indonesia di Kuala Lumpur Malaysia. 2024-04-26T22:55:19+00:00 Gali Alrajafi rumahgalialrajafi@gmail.com Mark Philip C Paderan markphilip.paderan@umak.edu.ph <p>Media sosial adalah sebuah platform yang memungkinakan penggunanya untuk melakukan subuah aktifitas pertemanan dalam dunia maya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan sosial media terhadap kebiasaan berbahasa Inggris pekerja migran Indonesia yang bekerja di Kuala Lumpur Malaysia. Malaysia merupakan salah satu pengguna bahasa Inggris terbesar di Asia Tenggara. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan ada nya pengaruh yang baik terhadap penggunaan sosial media terhadap penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai salah satu Negara terbesar pengguna bahasa Inggris di Asia Tenggara, Malaysia cukup memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan bahasa Inggris.</p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Gali Alrajafi, Mark Philip C Paderan https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/15044 Metode Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Siswa dengan Gangguan Spektrum Autis (Systematic Literature Review) 2024-04-26T23:05:05+00:00 M Rezki Ramadhan rezki271299@gmail.com Ossy Firstanti Wardani ossyfirstan@gmail.com Dela Devita deladevita02@gmail.com Marlon S Pontillas arlpontillas@yahoo.com <p>Hambatan interaksi sosial, komunikasi, imitasi dan sensomotorik mengakibatkan siswa dengan gangguan spektrum autis bermasalah dalam keterampilan bina diri. Studi ini merupakan <em>systematic literature review</em> yang bertujuan menggali metode-metode yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan keterampilan bina diri siswa dengan gangguan spektrum autis. Pencarian dilakukan di <em>Google Scholar</em> dengan sejumlah kriteria diantaranya merupkan artikel hasil penelitian 6 tahun terakhir (2018-2023). Berdasarkan kesepuluh artikel yang memenuhi kriteria, didapat lima metode yang dapat digunakan yakni analisis tugas (<em>task analysis</em>), edutainment, latihan (<em>drill</em>), pemberian tugas (resitasi), dan TEACCH (<em>Treatment and Education of Autistic and Related Communication Handicapped Children</em>). Kelima metode tersebut dapat dikombinasikan dan menjadi dasar-dasar dalam mengajarkan keterampilan bina diri siswa dengan gangguan spektrum autis. Sehingga disimpulkan bahwa dalam mengembangkan keterampilan bina diri siswa autis, guru perlu menyusun analisis tugas, merancang pembelajaran yang menyenangkan, melakukan latihan berulang (<em>drill</em>), pemberian tugas terkait keterampilan, serta menerapkan komponen-komponen pembelajaran yang terstruktur atau TEACCH.</p> 2024-01-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 M Rezki Ramadhan, Ossy Firstanti Wardani, Dela Devita, Marlon S Pontillas