PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN (FORWARD ROLL)

Ruslan Ruslan, M. Samsul Huda

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penerapan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar guling depan. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran para pendidik tentang penggunaan penerapan metode bermain yang sesuai dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD 011 Samarinda kelas 3a berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar guling depan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada data siklus 1 siswa yang berhasil 18 siswa (45%) dan siswa yang tidak berhasil 22 siswa (55%). Pada siklus II terlihat peningkatan yang signifikan bahwa siswa yang tuntas berjumlah 35 siswa (87,5%) dan yang tidak tuntas 5 siswa (12,5%). Selain itu, dengan metode bermain dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran guling depan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran guling depan pada siswa SD kelas 3a 011 Samarinda. Kepada guru untuk dapat menerapkan hasil penelitian ini secara berkesinambungan agar dapat menerapkan metode bermain ini sebagai alternatif dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa khususnya guling kedepan.

Kata Kunci : Penerapan Metode Bermain, Hasil Belajar Guling Depan


Full Text:

PDF

References


Ashandika, Doni dan Sugihartono, Tono dan Pujianto. 2014. Penerapan media bantu untuk meningkatkan keterampilan guling kedepan senam lantai. http;//repository.unib.ac.id/id/eprint/9030.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek pembinaan Tenaga Kependidikan. Jakarta. 1992.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Isnaini, Farida dan Suranto. 2010. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan.

J Arm, Z. Bradac, R. Stohl. 2016. Increasing Safety and Realibility of Roll- back and Roll-Forward Lockstep Technique for Use in Real-time Systems. IFAC – Papers Online 49-25. 413-418.

Kemmis, Stephen Robin McTaggart and Rhonda Nixon. 2014. The Action Research Planner Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer.

Marsuki. 2017. Meningkatkan Pembelajaran Rool depan dengan alat bantu bola lonceng. e-jurnal mitra pendidikan, 58-67. 2550-0481.

Mita, Erliana. 2015. Peningkatan hasil belajar gerakan senam lantai guling kedepan dengan menggunakan media matras dan variasi pembelajaran. Http://eprints.ulm.ac.id./id/eprint/2936.

Micheal S. Owen, Madhu Vinjamur, LE. Scriven , C.W. Macosko. 2011. Misting of non-Newtonian Liquids in Forward rool Coating. Juornal of NonNewtonian Fluid Mechanics, 166. 1123-1128.

R.W. Hewson. N. Kapur. 2013. Effects of shear Thinning on forward rool coating. Chemmical Engineering Research and Design, 91. 2427-2436.

Suressh.K. Devisetti, Douglas W.Bousfield. Fluid Absorption during forward roll coating of porous webs. Chemical Engineering Science, 65, 3528-3537.

Sukardi, M. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Satya, Wira Indra. 2006. Membangun Kebugaran Jasmani dan Kecerdasan Melalui Bermain. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/hon.v2i1.2461

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)

Indexed By:

 

 

 

Creative Commons Licence
Jurnal Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.