PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN (FORWARD ROLL)
DOI:
https://doi.org/10.31851/hon.v2i1.2461Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penerapan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar guling depan. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran para pendidik tentang penggunaan penerapan metode bermain yang sesuai dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD 011 Samarinda kelas 3a berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar guling depan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada data siklus 1 siswa yang berhasil 18 siswa (45%) dan siswa yang tidak berhasil 22 siswa (55%). Pada siklus II terlihat peningkatan yang signifikan bahwa siswa yang tuntas berjumlah 35 siswa (87,5%) dan yang tidak tuntas 5 siswa (12,5%). Selain itu, dengan metode bermain dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran guling depan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran guling depan pada siswa SD kelas 3a 011 Samarinda. Kepada guru untuk dapat menerapkan hasil penelitian ini secara berkesinambungan agar dapat menerapkan metode bermain ini sebagai alternatif dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa khususnya guling kedepan.
Kata Kunci : Penerapan Metode Bermain, Hasil Belajar Guling Depan
References
Ashandika, Doni dan Sugihartono, Tono dan Pujianto. 2014. Penerapan media bantu untuk meningkatkan keterampilan guling kedepan senam lantai. http;//repository.unib.ac.id/id/eprint/9030.
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek pembinaan Tenaga Kependidikan. Jakarta. 1992.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Isnaini, Farida dan Suranto. 2010. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan.
J Arm, Z. Bradac, R. Stohl. 2016. Increasing Safety and Realibility of Roll- back and Roll-Forward Lockstep Technique for Use in Real-time Systems. IFAC – Papers Online 49-25. 413-418.
Kemmis, Stephen Robin McTaggart and Rhonda Nixon. 2014. The Action Research Planner Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer.
Marsuki. 2017. Meningkatkan Pembelajaran Rool depan dengan alat bantu bola lonceng. e-jurnal mitra pendidikan, 58-67. 2550-0481.
Mita, Erliana. 2015. Peningkatan hasil belajar gerakan senam lantai guling kedepan dengan menggunakan media matras dan variasi pembelajaran. Http://eprints.ulm.ac.id./id/eprint/2936.
Micheal S. Owen, Madhu Vinjamur, LE. Scriven , C.W. Macosko. 2011. Misting of non-Newtonian Liquids in Forward rool Coating. Juornal of NonNewtonian Fluid Mechanics, 166. 1123-1128.
R.W. Hewson. N. Kapur. 2013. Effects of shear Thinning on forward rool coating. Chemmical Engineering Research and Design, 91. 2427-2436.
Suressh.K. Devisetti, Douglas W.Bousfield. Fluid Absorption during forward roll coating of porous webs. Chemical Engineering Science, 65, 3528-3537.
Sukardi, M. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Satya, Wira Indra. 2006. Membangun Kebugaran Jasmani dan Kecerdasan Melalui Bermain. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Halaman Olahraga Nusantara's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Halaman Olahraga Nusantara on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Halaman Olahraga Nusantara.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Halaman Olahraga Nusantara will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Halaman Olahraga Nusantara will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Halaman Olahraga Nusantara entitles the author(s) to no royalties or other fees.