SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA ANGKATAN 2017 STKIP PGRI BANGKALAN

Authors

  • Heni Yuli Handayani

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v2i1.2463

Abstract

Abstrak

Olahraga sangat berkaitan dengan prestasi, prestasi olah raga yang diperoleh tidak lepas dari beberapa faktor yang salah satu diantaranya adalah kesegaran jasmani. Berkaitan dengan hal tersebut kesegaran jasmani yang dimiliki oleh mahasiswa olahraga angkatan 2017 STKIP PGRI Bangkalan belum diketahui. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tingkat Kesegaran Jasmani mahasiswa pendidikan olahraga di STKIP PGRI Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Subyek penelitian ini adalah Mahasiswa pendidikan olahraga angkatan 2017 di STKIP PGRI Bangkalan 39 mahasiswa. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen TKJI tahun 2010 yang terdiridari 5 item tes yaitu: Tes lari 50 meter, gantung angkat tubuh 60 detik, baring duduk 60 detik, loncat tegak, lari 1000 meter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa yaitu sebanyak 25 mahasiswa mempunyai kondisi fisik kurang, 14 mahasiswa mempunyai kondisi fisik sedang. Frekuensi terbanyak pada kategori kurang, yaitu sebanyak 25 mahasiswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa Pendidikan olahragaangkatan 2017 adalah sebagian besar masuk kategori kurang.

Kata Kunci: Kesegaran Jasmani, Kondisi Fisik, Mahasiswa Pendidikan Olahraga

References

Karhiwikarta W. 1991. Melengkapi Fasilitas Perusahaan Untuk Mempertemukan Kebutuhan Karyawan. Dalam Seminar Bisnis dalam Fitness Indonesia. Jakarta: PKO Menpora. 1-7.

Adisapoetra, dkk. 1999. Tes & Latihan Kebugaran Jasmani untuk Anak Usia Sekolah. Jakarta: Kantor Menteri Negara Pemuda dan Olahraga.

Cooper, K H. 1983. The Aerobic Ways. New York: M Evans and Company, Inc: 30

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2019-02-04