PENERAPAN MODEL PERMAINAN ROUNDERS YANG DIMODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR MURID SD NEGERI PACCINONGAN KABUPATEN GOWA

Benny B, M.Rachmat Kasmad

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penerapan model permainan rounders yang dimodifikasi terhadap kemampuan gerak dasar Murid SD Negeri Paccinongan Kabupaten Gowa . Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan jumlah sampel sebanyak 30 (tiga puluh) murid kelas V (lima) SD, yang diperoleh melalui teknik total sampling. Kemudian penelitian dilakukan dengan menggunakan alat tes yaitu tes lempar sasaran, tes lompat jauh tanpa awalan, tes keseimbangan, dan tes kelincahan  sekaligus sebagai sumber data awal dan data akhir penelitian. Dari hasil pre test diperoleh hasil kemampuan awal siswa sebesar 42,87, dan setelah diberikan perlakuan (permainan rounders yang dimodifikasi), maka kemampuan akhir siswa sebesar 54,71. Dari data tersebut diperoleh nilai Variabel X1 dengan rata-rata sebesar 5145 dan nilai Variabel X2 dengan rata-rata sebesar 6565.  Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus uji statistika, yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Penelitian ini berlangsung selama 16 kali pertemuan. Dari hasil analisis data diatas, menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan gerak dasar siswa setelah diberikan model perlakuan permainan rounders yang dimodifikasi maka penelitian menyatakan bahwa model permainan rounders yang dimodifikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan gerak dasar Murid SD Negeri Paccinongan Kabupaten Gowa.

 

Kata Kunci: Permainan, Modifikasi, Rounders, Gerak Dasar

 


Full Text:

PDF

References


Amung, Yudha 2000. Perkembangan Gerak dan Belajar Gerak. Pendidikan Nasional Direktor Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D III

Bahagia. Yoyo. 2000. Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Departemen Pendidikan Nasional Direktoran Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Don R. Kirkendall. 1980. Measurement And Evaluation For Physical Educators. Human Kinetic Publisher, in Champing, Illinois.

Hananto Budi Santoso, Tri. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta : Yudhistira

Hurlock. 1999. Psikologi Perkembangan. Erlangga. Jakarta

Lutan R. 1988. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Singer RN, (1980). Motor Learning Human Performance An Application to Motor Skill and Movement Behaviour. New York: Mc Millan Publishing Co. Inc.

Soepartono. 2000. Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP setara D III

Soepartono. 2000. Metode Modifikasi. Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP setara D III

Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyanto. 2002. Perkembangan dan Belajar Motorik. Universitas terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta

Sukintaka. 1979. Permainan dan Metodik Buku III. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sukintaka. 1992. Teori Bermain. Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Tenaga Pendidikan.

Sunarno. A, Chairul Azmi, Benny Subadiman. (2003). Belajar Motorik. Medan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED Medan

Suyono H. (1996). Belajar Motorik. Medan FPOK IKIP

Yanuar Kiram, Phil. 1992. Belajar Motorik. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/hon.v2i2.3010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)

Indexed By:

 

 

Creative Commons Licence
Jurnal Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.