PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR INKLUSI

Authors

  • Bambang Gatot Sugiarto

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v2i2.3011

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara obyektif bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan inklsui, hambatan-hambatan dalam pelaksaan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani serta upaya guru mengatasi hambatan dalam pelaksnaan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani di sekolah inklusi.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta pengolahan data berdasarkan teknik tringulasi data dengan bertujuan bukan untuk mencari kebenaran dari beberapa fenomena melainkan lebih pada pemahaman peneliti terhadap apa yang ditemukan dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah SD di kota Kota Cimahi yang terdapat 5 wilayah di Kota Cimahi. Karena keterbatasan penulis dan luasnya wilayah Kota Cimahi maka peneliti telah menentukan satu sekolah yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini, yaitu SD Negeri Cibabat Mandiri 2 yang terletak di kawasan Kota Cimahi utara. instrumen dalam penelitian ini adalah hasil data  observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan selama penelitian.Hasil penelitian ini menunjukan kesimpulan bahwa:Kegiatan belajar mengajar penjas di sekolah SDN Cibabat Mandiri 2 berjalan dengan baik seperti sekolah-sekolah lain pada umumya, sistematika yang berjalan sesuai dengan perangkat pembelajaran seperti pendahuluan, isi dan penutup. Hambatan yang dihadapi dalam proses kegiatan kegiatan belajar adalah guru harus memberikan intruksi dan pemahaman materi terhadap siswa inklusi harus secara berkali - kali sampai siswa tersebut paham dan mau melakukan.upaya yang dilakukan guru adalah dengan memberikan waktu khusus  di dalam maupun diluar untuk siswa inklusi.

 

Kata Kunci: Kegiatan Belajar Mengajar, Pendidikan Jasmani,Pendidikan Inklusi

References

Arikunto , Suharsimi, 2012. Prosedur Peneliti Suatu Pendidikan Praktik, Jakarta: Rineka.

Cheni Chaenida.2008. Desain dan Media Pembelajaran pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan ( gresik :Caremedia comunication)

Hargio Santoso, 2012 â€Cara Memahami anak dan mendidik anak berkebutuhan khususâ€. (Jakarta: gosyen Publishing).

Haris Herdiansyah. 2010.Metodologi Penelitian Kualitatif.Jakarta : salemba Humaika

Jamilah Candra Pratiwi.2015.Jurnal Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan

lexy j moleong.2016.Metodologi penelitian kualitatif .jakarta : Gramedia

Miles and Hubeman.2014 Qualitative Data Analysis-Third Edition.Jakarta :UI Press

Ppk-LK Depdikbud. 2011.Pedoman umum penyelenggaraaan pendidikan inklusif Jakarta

Samsudin, 2008.Pembelajaran Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Be Champion, 2011.

Sudarsini.2016. , pendidikan jasmani adaptif .makasar: gunung samudera.

Sugiyono.2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & RND .Bandung : alfabeta

Tarigan, Beltasar, 2009 .Pendidikan jasmani, oloahraga, dan kesehatan adaptif. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah

Undang –Undang Republik Indonesia no.20 pasal. 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003

Wahyu wibowo.2011. Cara cerdas menulis artikel ilmiah Jakarta : Kompas

Downloads

Published

2019-07-24