PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR INKLUSI
DOI:
https://doi.org/10.31851/hon.v2i2.3011Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara obyektif bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan inklsui, hambatan-hambatan dalam pelaksaan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani serta upaya guru mengatasi hambatan dalam pelaksnaan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani di sekolah inklusi.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta pengolahan data berdasarkan teknik tringulasi data dengan bertujuan bukan untuk mencari kebenaran dari beberapa fenomena melainkan lebih pada pemahaman peneliti terhadap apa yang ditemukan dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah SD di kota Kota Cimahi yang terdapat 5 wilayah di Kota Cimahi. Karena keterbatasan penulis dan luasnya wilayah Kota Cimahi maka peneliti telah menentukan satu sekolah yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini, yaitu SD Negeri Cibabat Mandiri 2 yang terletak di kawasan Kota Cimahi utara. instrumen dalam penelitian ini adalah hasil data observasi, wawancara dan dokumentasi kegiatan selama penelitian.Hasil penelitian ini menunjukan kesimpulan bahwa:Kegiatan belajar mengajar penjas di sekolah SDN Cibabat Mandiri 2 berjalan dengan baik seperti sekolah-sekolah lain pada umumya, sistematika yang berjalan sesuai dengan perangkat pembelajaran seperti pendahuluan, isi dan penutup. Hambatan yang dihadapi dalam proses kegiatan kegiatan belajar adalah guru harus memberikan intruksi dan pemahaman materi terhadap siswa inklusi harus secara berkali - kali sampai siswa tersebut paham dan mau melakukan.upaya yang dilakukan guru adalah dengan memberikan waktu khusus di dalam maupun diluar untuk siswa inklusi.
Â
Kata Kunci: Kegiatan Belajar Mengajar, Pendidikan Jasmani,Pendidikan Inklusi
References
Arikunto , Suharsimi, 2012. Prosedur Peneliti Suatu Pendidikan Praktik, Jakarta: Rineka.
Cheni Chaenida.2008. Desain dan Media Pembelajaran pendidikan Jasmani, olahraga dan kesehatan ( gresik :Caremedia comunication)
Hargio Santoso, 2012 â€Cara Memahami anak dan mendidik anak berkebutuhan khususâ€. (Jakarta: gosyen Publishing).
Haris Herdiansyah. 2010.Metodologi Penelitian Kualitatif.Jakarta : salemba Humaika
Jamilah Candra Pratiwi.2015.Jurnal Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan
lexy j moleong.2016.Metodologi penelitian kualitatif .jakarta : Gramedia
Miles and Hubeman.2014 Qualitative Data Analysis-Third Edition.Jakarta :UI Press
Ppk-LK Depdikbud. 2011.Pedoman umum penyelenggaraaan pendidikan inklusif Jakarta
Samsudin, 2008.Pembelajaran Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Be Champion, 2011.
Sudarsini.2016. , pendidikan jasmani adaptif .makasar: gunung samudera.
Sugiyono.2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & RND .Bandung : alfabeta
Tarigan, Beltasar, 2009 .Pendidikan jasmani, oloahraga, dan kesehatan adaptif. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah
Undang –Undang Republik Indonesia no.20 pasal. 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003
Wahyu wibowo.2011. Cara cerdas menulis artikel ilmiah Jakarta : Kompas
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Halaman Olahraga Nusantara's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Halaman Olahraga Nusantara on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Halaman Olahraga Nusantara.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Halaman Olahraga Nusantara will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Halaman Olahraga Nusantara will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Halaman Olahraga Nusantara entitles the author(s) to no royalties or other fees.