PENERAPAN PERMAINAN DENGNAN MEDIA SWISS BALL UNTUK MENINGKATKAN KELENTUKAN LOWER BACK (PADA MAHASISWA KOP AEROBIC GYMNASTICS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

M Dian Susanto, Sri Nuraini

Abstract


Abstrak

               Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan punggung bawah melalui permainan bola swiss pada siswa polisi pada senam aerobik, Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan penelitian (Action Research), mahasiswa senam aerobik di Universitas Jakarta. senam aerobik, Universitas Negeri Jakarta. Indikatornya adalah: sikap awal, sikap, sikap akhir. Hasil penelitian dari 20 siswa perempuan, hasil tes pertama dilakukan sebagai siklus pertama, kemudian hasil dari siklus data pertama sebagai referensi di siklus kedua. Dan untuk siswa yang mengikuti tes awal untuk 20. Ada 9 siswa yang dinyatakan berhasil meningkat 18 siswa atau 90%. Sehingga ada tingkat determinasi yang lebih rendah untuk mahasiswa senam aerobik, Universitas Negeri Jakarta.

 

Kata kunci : Permainan dengan media swiss ball, kelentukan lower back.


Full Text:

PDF

References


Abdoellah, Arma dan Manaji, Agus. 1994. Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

.Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencanal

Supandi. 1992. Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Widiastuti,2015. Tes dan Pengukuran Olahraga Jakarta : Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/hon.v2i2.3015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)

Indexed By:

 

 

Creative Commons Licence
Jurnal Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.