KECERDASAN GERAK DALAM PENDIDIKAN JASMANI

Hilda Oktriyeni

Abstract


Abstrak

Di dalam dunia pendidikan Indonesia, olahraga telah masuk didalam kurikulum dan menjadi mata pelajaran wajib dituntaskan disetiap jenjang pendidikan wajib belajar.Tenaga pendidik juga telah dimaksimalkan dengan kualifikasi untuk seorang guru olahraga adalah minimal sarjana strata satu dan dosen minimal sarjana strata dua.Olahraga dipandang sebagai salah satu tingkat kecerdasan yang sebenarnya wajib dilatih oleh manusia yaitu kecerdasan motorik.Kecerdasan motorik merupakan kemampuan manusia didalam melakukan aktifitas yang melibatkan anggota tubuh dengan benar, baik yang didapat secara pribadi maupun yang dipelajari. Dengan kata lain kecerdasan motorik bisa dikatakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran pendidikan jasmani. Mengetahui dan mempelajari kemampuan belajar gerak peserta didik sangatlah penting agar seorang pendidik khususnya pendidikan olahraga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan seorang peserta didiknya, agar nantinya dapat menyelaraskan gaya mengajar dengan program serta perencanaan, fasilitas yang dibutuhkan, dan lain-lain.

 

Kata Kunci: Pendidikan Indonesia, Tenaga Pendidik, Kecerdasan Motorik


Full Text:

PDF

References


Gusril.(2007). “Peningkatan Kemampuan Motorik Atlet Sekolah Dasar: Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Pedagogik Olahraga papa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang”. Padang: Universitas Negeri Padang.

Kamadi, La. (2011). “Pengaruh Metode Keseluruhan dan Metode Bagian terhadap Penguasaan Keterampilan Dasar Bola Voli Atlet SLTP dengan Tingkat MotorEducability Tinggi dan Rendah: Suatu Studi Eksperimen di SLTP Negeri I Sungguminasa Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan”.Retrieved from Jurnal Online Volume 9 Nomor 1 Januari- April 2011. http://digilib.unm.ac.id/download.php?id=106 Makasar: Fakultas Ilmu KeolahragaanUniversitar Negeri Makasar.

Lutan, Rusli.(1988). Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Proyek Pengembangan Pendidikan Tinggi dan Tenaga Kependidikan.

Samsudin.(2013). Kurikulum Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jakarta: UNJ Press.

Semarayasa, I Ketut dkk.(2013). “Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tingkat Motor Educability (Me) terhadap Keterampilan Dasar Smash Kedeng dalam Permainan Sepak Takraw di SMPN 4 Kubutambahan”.Retrieved from Jurnal Online Vol. 2, No. 1, April 2013. Singaraja: Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha.

Syafruddin.(2013). Ilmu Kepelatihan Olahraga: Teori dan Aplikasinya dalam Pembinaan Olahraga. Padang: UNP Press.

http://KBBI-Online.co.id/definisi-intrakurikuler/.Retrieved from http://KBBI-online.co.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/hon.v2i2.3017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan)

Indexed By:

 

 

Creative Commons Licence
Jurnal Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.