ANALISIS KESALAHAN TENDANGAN ATLET PENCAK SILAT UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Bayu Iswana

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v2i2.3018

Abstract

Abstrak

Kesalahan melakukan tendangan dalam pertandingan pencak silat menimbulkan kerugian seorang atlet. Dampaknya atlet mudah dibanting dan mudah dihindari oleh lawan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesalahan tendangan yang dilakukan atlet pencak silat Universitas PGRI Palembang. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet pencak silat Universitas PGRI Palembang. Sampel dipilih sesuai dengan kriteria tertentu yaitu atlet yang sering mengalami kesalahan menendang pada saat bertanding. Sampel melakukan tes kecepatan tendangan selama 10 detik yang didokumentasikan melalui vidieo selajutnya dianalisis kecepatan, keseimbangan dan jarak sasaran. Hasil penelitian menunjukan sampel satu terdapat kesalahan dalam mengatur ketepatan menendang dan jarak menendang sehingga mudah dibanting. Selanjutya sampel kedua memiliki tingkat keseimbangan yang labil pada saat menendang tendangan sabit. Untuk sampel yang lain terdapat permasalahan yang serupa yakni kecepatan tendangan yang perlu ditingkatkan.  Kesimpulan peneliti dari seluruh sampel yang diteliti terdapat sebuah permasalahan tendangan yang menyebabkan atlet mudah dibanting dan terantisipasi dengan tehnik lain oleh lawan.

 

Kata Kunci: Analisis, Kesalahan Tendangan, Atlet Pencak Silat

References

Bishop, R.D. & Hay, J.G.(2009). Basketball: The Meachanics Of Hanging In The Air. Medicine and Science in Sport, 11(3) page 274-277.

Bompa, T.O. & Harf, G.G .(1986). Periodization Training for Sports: Theory and Methodelogy of Training. Fifth Edition. United State of America: Human Kinetics.

https://sport.detik.com/sport-lain/d-4188120/indonesia-dominan-di-pencak-silat-asian-games-prabowo-semoga-masuk-olimpiade.

Komarudin. (2014). Psikologi olahraga, latihan keterampilan mental dalam olahraga kompetitif. Bandung: PT Remaja Rosadakarya

Lubis,Wardoyo.(2016). pencak silat edisi ke tiga .Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Munas IPSI XII. (2012). Peraturan pertandingan pencak silat . Jakarta; PB IPSI

Setyo, Erwin.(2015).Pencak Silat, sejarah dan perkembangan pencak silat, teknik-teknik dalam pencak silat, pengetahuan dasr pertandingan pencak silat.Yogyakarta: Pustakabarupress.

Downloads

Published

2019-07-24