PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KRITERIA LAYANAN BANTUAN: MENINGKATKAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES SLB PKK BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.31851/hon.v2i2.3019Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengaruh antara metodebermain dan metode konvensionaluntuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok, perbedaan pengaruh kriteria bantuan mandiri dan kriteria minimal untuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok siswa tunagrahita ringan, dan interaksi antara metodepembelajaran dan kriteria layanan bantuan untuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok siswa tunagrahita ringan.Penelitian eksperimen ini faktorial 2x2.Populasi 20siswa kelas IV SLB PKK Bandar Lampung.Sampel 20siswa dibagi menjadi 4 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 siswa, pengambilan sampel dengan total sampling.Analisis data digunakan uji Anava dua arah taraf signifikansi 5%, dilanjutkan uji Tukey. Hasil penelitian: (1) adaperbedaan pengaruh antara metode bermain dan metode konvensionalFhit(6,095)>Ftab(3,24);(2) ada perbedaan pengaruh antara kriteria bantuan mandiri dan kriteria bantuan minimalFhit(4,667) >Ftab(3,24); (3) terdapat interaksi antara metodepembelajarandan kriteria layanan bantuan untuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkokFhit(6,095)>Ftab(3,24).Simpulan:(1) metode bermain memberikan pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan metode konvensional; (2) siswa dengan kriteria bantuan mandiri memberikan pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok siswa tunagrhaita ringan; (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kriteria layanan bantuan. Saran bagi guru penjasorkes untuk meningkatkan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok, lebih memilih metodebermain, mengembangkan metodebermain, dan perlu memperhatikan kriteria layanan bantuan pada masing-masing anak.
Â
Kata kunci :Metode Belajar, Lompat Jauh, Tuna Grahita
References
Adang Suherman dan Agus Mahendra.(2001). Menuju Perkembangan Menyeluruh. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Dirjen Olahraga.
Apriyanto, Nunung. (2014). Seluk-Beluk Tunagrahita dan Strategi Pembelajarannya.Jogjakarrta : Javalitera, 2014.
Bahagia, Yoyo. (2010). Pembelajaran Atletik. Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Biasa.
Dapan dan P. Eddy.(2011). Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Alfamedia.
Rusli, Lutan. (2000). Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Jakarta: Depdiknas. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.(2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Husdarta dan Yudha M. Saputra.(2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kurniasih.(2012). Kumpulan Permainan Interakstif untuk meningkatkan Kecerdasan Anak.Jogjakarta: Cakrawala.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Halaman Olahraga Nusantara's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Halaman Olahraga Nusantara on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Halaman Olahraga Nusantara.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Halaman Olahraga Nusantara will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Halaman Olahraga Nusantara will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Halaman Olahraga Nusantara entitles the author(s) to no royalties or other fees.