LATIHAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA

Authors

  • Rury Rizhardi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3510

Keywords:

Latihan Kolaboratif, Kemampuan Teknik Dasar Bermain Sepakbola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah latihan kolaboratif mampu meningkatkan kemampuan teknik dasar bermain sepakbola. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain pretest-posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler SMK Negeri 7 Palembang yang terdiri dari 26 siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes kemampuan teknik dasar bermain sepakbola berupa passing, dribbling, dan shooting. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai  berarti  ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan kolaboratif mampu meningkatkan kemampuan teknik dasar bermain sepakbola di SMK Negeri 7 Palembang.

References

Andrianto, J. R. (2014). Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Ball Feeling Sepakbola Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Usia 11 Tahun Sekolah Sepakbola Sanggar Kegiatan Belajar (SSB SKB) Gudo Kabupaten Jombang . Bravo's Jurnal Volume 2 No. 3, 89-97.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Atiq, A. (2012). Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Sepakbola LPI SMP 3 Pontianak . Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia Volume 2 Edisi 1, 34-36.

Munandar, H., Suwardi, & Hasyim. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Melalui Model Kolaborasi Murid Kelas V B SD Inpres 167 Mattoanging Kecamatan Turatea Kabupaten Jene Ponto. Jurnal Universitas Makassar, 1-15.

Putra, I. K., Kanca, I. N., & Wijaya, I. M. (2014). Implementasi Pembelajaran Kooperatif NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepakbola. e-Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Volume 1, 1-11.

Rohim. (2014). Latihan Kolaborasi Pada Pelajaran Penjaskes Dapat Menumbuhkan Kreativitas dan Minat Siswa. HUMANIS Volume 6 No. 2, 147-154.

Wiarto, G. (2015). Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Downloads

Published

2020-01-24