KONTRIBUSI AGILITY, FLEXIBILITY DAN BALANCE TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN FUTSAL

Authors

  • zulfikar zulfikar Universitas Muhadi Setiabudi
  • Akis Mayanto Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.3720

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kontribusi agility, flexibility dan balance terhadap kemampuan dribbling bola dalam permainan Futsal. Jenis penelitian ini adalah  penelitian deskriptif korelasional dengan tiga variabel bebas (agility, flexibility dan balance) serta satu variabel terikat (Dribbling).

Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi Brebes. Sampel penelitian terdiri dari 40 orang pemain Futsal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengukuran agility kaki menggunakan tes zig zag run, tes pengukuran flexibility menggunakan kelentukan togok samping dan tes balance menggunakan tes keseimbangan dinamis serta kemampuan dribbling menggunakan tes dribbling bola dengan rintangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda menggunakan program SPSS.

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Ada kontribusi signifikan agility terhadap Kemampuan Dribbling Bola Dalam Permainan Futsal, diperoleh 64,6%. (2) Ada kontribusi signifikan flexibility terhadap Kemampuan Dribbling Bola Dalam Permainan Futsal, diperoleh 19,0%. (3) Ada kontribusi balance terhadap kemampuan dribbling bola dalam permainan Futsal, diperoleh 33,0%.  4. Ada Kontribusi signifikan agility kaki, flexibility dan balance terhadap kemampuan dribbling bola dalam permainan Futsal, diperoleh nilai R hitung (R0) =  0,826 (P<0.05). Dengan nilai kontribusi sebesar 68,1%. Kesimpulan bahwa agility memiliki kontribusi yang lebih besar dibanding dengan flexibility dan balance terhadap  dribbling pemain futsal  Mahasiswa UMUS.

 

 

Kata kunci: Kelincahan (agility), kelentukan (flexibility), keseimbangan(balance), menggiring (dribbling).

References

Aji, Nikolaus setio. 2016. “hubungan antara kelincahan dan keseimbangan terhadap keterampilan menggiring bola pada pemain ukm sepakbola universitas lampung tahun 2016.â€

Giriwijoyo, HYS Santosa, and Dikdik Zafar Sidik. 2019. “Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga).â€

Kurniawan, Febi. 2017. “Futsal Basic Skills.†Bekasi: Cakrawa Cendikia.

Lhaksana, Justinus. 2011. “Taktik Dan Strategi Futsal.†Depok: Be Champion (Penebar Swadaya Group).

Luxbacher, Joseph A. 2012. “Sepak Bola: Langkah-Langkah Menuju Sukses.†Jakarta, Rajawali Pers.

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Miller, David. 2013. Measurement by the Physical Educator Why and How. McGraw-Hill Higher Education.

Mukholid, A. 2010. “Olahraga Dan Kesehatan.†Jakarta: Yudistira.

Nuryadi, Achmad. 2016. “Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Peningkatan Keterampilan Lay-Up Bolabasket.†WAHANA 66(1):1–5.

Palmizal, Palmizal, Wawan Junresti Day, and Sri Murniati. 2019. “Tinjauan Kondisi Fisik Atlet Sepakbola Kabupaten Kerinci Dalam Rangka Persiapan Mengikuti Porprov Xxii Bungo Tebo 2018.†Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan) 2(1):72–78.

Susworo, Agus DM, and Yudanto Saryono. 2009. “Tes Keterampilan Dasar Bermain Futsal.†Jurnal IPTEK Olahraga 11(2).

Tangkudung, James. 2018. “SPORT PSYCHOMETRICS: Dasar-Dasar Dan Instrument Psikometri (E-Book).†Indonesian Education, Management and Sports Anthology.

Wibowo, Hendro. 2014. “Sumbangan Kecepatan, Kelentukan, Dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Sepakbola Di SMP Diponegoro Sleman.†Unpublished. Undergraduate Thesis). UNY, Indonesia.

Widiastuti, W., and M. Pd. 2011. “Tes Dan Pengukuran Olahraga.†Jakarta: PT. Bumi Timur Jaya.

Zulfikar, Zulfikar, and Mukson Mukson. 2019. “Survey Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Olympia 1(2):33–39.

Downloads

Published

2020-07-31