PENGARUH VARIASI TENDANGAN TERHADAP PENINGKATAN AKURASI TENDANGAN LINGKAR DALAM AATLET TARUNG DERAJAT KURATA II SATUAN LATIHAN KONI KOTA JAMBI

Authors

  • Palmizal Palmizal Universitas Negeri Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3736

Keywords:

Variasi latihan, tendangan lingkar dalam, tarung derajat

Abstract

Akurasi tendangan lingkar dalam merupakan salaah satu bentuk tehnik yang harus dikuasai oleh atlet-atlet anggota Tarung Derajat agar pada saat melakukan   tendangan lingkar dalamefektif dan tepat pada sasaran target. Penelitian ini  merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen â€Quasi Eksperimental†yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh akibat perlakuan yang diberikan pada sampel yang diteliti. Dimana penelitian ini menggunakan rancangan dengan satu kelompok melalui tes awal-tes akhir (one group pree test-post test) Instrumen pnelitian ini dimulai darites awal kemudian diberikan perlakuan latihan variasi tendangan sebanyak 16 kali pertemuan kemudian dinilai melalui tes akhir. Tim penilai adalah wasit juri yang bersertifikat nasional. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling, jadi populasi dijadikan sample dengan jumlah sampel 8 orang atlet. Hasil tes awal sebesar358 dengan rata-rata 44,75 sedangkan tes akhir adalah sebesar 382 dengan rat-rata 47,75. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa t hitung>t tabelmaka artinya t hitung=3,865lebih besar dibandingkan dengan t tabel =1,895 dengan taraf kepercayaan 95% maka h0 ditolak dan h1 diterima artinya :Terdapat Pengaruh Variasi Tendangan Terhadap Peningkatan Akurasi Tendangan Lingkar Dalam Atlet Kurata II Satuan Latihan KONI Kota Jambi.Maka dapat disimpulkan latihan variasi tendangan dapat berpengaruh terhadap Peningkatan Akurasi Tendangan Lingkar Dalam Atlet Kurata II Satuan Latihan KONI Kota Jambi.

References

Dradjat, Achmad Guru Haji. 2003. Kawah Dradjat Bandung: Pusat

Pembinaan Moral Dan Mental (MORTAL-GHADA). Bahan dan

Pelatihan Tarung Derajat Tingkat Pelatihan Pengda KODRAT se

Indonesia.

Sudjana, Nana. 2005. “Metode Statistika.†Bandung: Tarsito 168.

Trisno, Ardiansyah. 2011. “Pengaruh Latihan Multi Balance Terhadap Ketepatan‘Tendangan Lingkar’ Dalam Atlet Tarung Derajat Kurata 2 Satuan Latihan UKM UNJA.†FIK UNJA.

Downloads

Published

2020-04-02