MODEL LATIHAN SERVIS TIPUAN (TRICK SERVICE) SEPAK TAKRAW PEMULA

Authors

  • Dadang Budi Hermawan STKIP Sebelas April Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3737

Keywords:

Model Latihan, Service Tipuan, Sepak takraw, Atlet Pemula

Abstract

Tujuan artikel ini menghasilkan model latihan Servis Sepak Takraw. Selain itu, artikel dibuat untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam dan akurat mengenai model latihan, efektivitas dan efisiensi model latihan yang dibuat. Sampel atlet pemula yang tergabung dalam club sepak takraw kabupaten Sumedang. Hasil artikel ini bentuk variasi latihan, serta mempercepat peningkatan kemampuan atlet dalam mencapai kompetensi servis sepak takraw yang optimal. Termasuk di dalamnya enam variasi latihan servis tipuan (trick service) sepak takraw. Hasil penerapan model ini, dengan beberapa tes, yaitu uji efektivitas model menggunakan instrumen tes yang telah ditentukan. Analisis data penelitian menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0.05. Analisis data diperoleh nilai rata-rata keterampilan servis sepak takraw atlet sebelum diberikan model yang dikembangkan adalah 12,155 dan setelah diberikan perlakuan model latihan yang dikembangkan, nilai rerata dari sampel sejumlah 50 atlet adalah 215,62 artinya model yang dikembangkan tersebut mengalami peningkatan dengan diperoleh data hasil t-hitung = -111,387 df = 49 dan p-value = 0.00 < 0.05. Hal ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan servis sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, yaitu  penerapan model latihan servis sepak takraw untuk atlet pemula Kabu paten Sumedang. Berdasarkan keterangan tersebut dapat dikatakan bahwa model latihan untuk atlet pemula yang dikembangakan efektif dan dapat meningkatkan kemampuan servis sepak takraw dengan optimal.

References

Borg, Walter R., and Meredith D. Gall. 1983. Instructor’s Manual for Educational Research: To Accompany Educational Research: An Introduction. Longman.

Emzir, Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Fitrianto, Ari Tri, Moch Asmawi, and Johansyah Lubis. 2018. “MODEL LATIHAN PENYERANGAN SEPAKTAKRAW.†Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 17(1).

Henjilito, Raffly, Moch Asmawi, and James Tangkudung. 2018. “THE INFLUENCE OF EXERCISE METHOD AND REACTIONS TIME TO SKILLS SPRINT 100 METERS.†4:15.

Putra, Nusa. 2011. “Research and Development Suatu Pengantar.†Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Setyosari, Punaji. 2013. Metodologi Penelitian Dan Pengembangan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Downloads

Published

2020-04-03