SURVEI KEMAMPUAN TEKNIK DASAR BULUTANGKIS SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SMA PATRA MANDIRI 1 PLAJU

Authors

  • Mutiara Fajar Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v3i1.3740

Keywords:

Kemampuan, Teknik Dasar, Bulutangkis.

Abstract

Belum pernah diadakannya pembelajaran keterampilan dasar bulutangkis ekstrakurikuler di SMA Patra Mandiri 1 Palembang merupakan dasar penelitian yang dilakukan. Untuk dapat mempelajari tingkat keterampilan dasar permainan bulutangkis, voli dinding, servis pendek, servis panjang, dan tes yang jelas Siswa. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif untuk tes teknik dan pengukuran. Populasi penelitian seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bulutangkis, mengambil 21 siswa putra. Penelitian ini menggunakan populasi keseluruhan sebagai sampel. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes Fenanlampir yang dipakai tes voli dinding, servis pendek, servis panjang, dan tes jelas. Skor yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik statistik yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan mengenai teknik dasar bulutangkis siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bulutangkis di SMA Patra Mandiri 1 Palembang kategori baik dengan tes dinding voli katagori baik sebesar 33,33% dan katagori cukup sebesar 66,67%, untuk tes servis pendek kategori baik sekali sebesar 27,78%, kategori baik sebesar 66,67%, kategori cukup sebesar 5,55%, untuk tes servis panjang katagori baik sekali sebesar 2,78% katagori baik sebesar 25,00% katagori cukup sebesar 72,22% , dan untuk menghapus tes katagori baik sebesar 16,67%. Katagori cukup sebesar 38,89%, kurang sebesar 44,44%. 33% dan katagori cukup sebesar 66,67%, untuk tes servis kategori pendek baik sekali sebesar 27,78%, kategori baik sebesar 66,67%, kategori cukup sebesar 5,55%, untuk tes servis panjang katagori baik sekali sebesar 2, 78% katagori baik sebesar 25,00% katagori cukup sebesar 72,22%, dan untuk clear tes katagori baik sebesar 16,67%. Katagori cukup sebesar 38,89%, kurang sebesar 44,44%. 33% dan katagori cukup sebesar 66,67%, untuk tes servis kategori pendek baik sekali sebesar 27,78%, kategori baik sebesar 66,67%, kategori cukup sebesar 5,55%, untuk tes servis panjang katagori baik sekali sebesar 2, 78% katagori baik sebesar 25,00% katagori cukup sebesar 72,22%, dan untuk clear tes katagori baik sebesar 16,67%. Katagori cukup sebesar 38,89%, kurang sebesar 44,44%.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). “Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek.†Jakarta: Rineka Cipta.

Fenanlampir A, Faruq MM. (2015). “Tes Dan Pengukuran Dalam Olahraga.†Yogyakarta : CV ANDI OFFSET

Harsuki, H. (2003). “Perkembangan Olahraga Terkini Kajian Para Pakar.†Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kumbara, Hengki. (2019). “Survei Minat Member Yang Mengikuti Fitness Pada Pusat Kebugaran Kota Palembang. Jurnal Halaman Olahraga Nusantara.†(http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1459411).http://dx.doi.org/10.31851/hon.v2i2.3013

Rahayu, Ega T. (2013). “Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani.†Bndung: Alfabeta.

Rusmaini. (2004). “Ilmu Pendidikan.†Palembang: Grafika Telindo Press.

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D).†Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-04-03