TINGKAT KETERAMPILAN DASAR FUTSAL PADA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SEKOLAH NIHAYATUL AMAL PURWASARI

Authors

  • Yuga Wibawa Sutiana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Febi Kurniawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Resita Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Qorry Armen Gemael Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4411

Keywords:

Ekstrakurikuler, Keterampilan Futsal, Tes dan Pengukuran

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari tingkat keterampilan dasar futsal pada peserta ekstrakurikuler futsal di sekolah Nihayatul Amal Purwasari. Penelitian ini difokuskan pada keterampilan dasar, futsal, peserta ekstrakurikuler futsal, yaitu: passing, cotroling, chipping, dribbling, shooting. Dengan uraian di atas penulis menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode survei dengan satu variabel tanpa membuat persetujuan dan menghubungkan dengan variabel lain. Teknik menghitung datanya menggunakan tes dan pengukuran. Pada penelitian ini, mengunakan instrumen “Tes Futsal FIK Jogja†yang sudah di adopsi dengan validasi isi menggunakan validitas muka dan logis untuk para ahli. Hasil penelitian menunjukkan peserta yang masuk kategori “sangat baik†sebanyak 0 (nol) orang (0%), kategori “baik†sebanyak 5 orang (36%), kategori “cukup†sebanyak 6 orang (43%), kategori “kurang baik†sebanyak 1 orang (7%), kategori “sangat kurang baik†sebanyak 2 orang (14). Berdasarkan hasil penelitian pada peserta ekstrakurikuler futsal di sekolah Nihayatul Amal Purwasari, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya, peserta futur ekstrakurikuler futsal di Sekolah Nihayatul Amal Purwasari menemukan kategori “Cukup†dan hipotesisnya “tidak terbuktiâ€, sebab frekuesi peserta ekstrakurikuler sebanyak 6 orang (43%) yang berarti tingkat peserta futur ekstrakurikuler futsal ini berada di antara “Baik†dan “Kurangâ€, sedangkan nilai rata-rata sebesar 62,07 ditempatkan pada interval 59 <X ≤ 66.

References

Daryono, Daryono. (2018). “Survei tingkat ketrampilan teknik dasar sepakbola dan kemampuan fisik siswa peserta ekstrakulikuler sepakbola di smp negeri 4 ungaran kabupaten semarang tahun ajaran 2010/2011.†Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Febriayana, Y. (2018). “Uji Validitas Dan Reliabiltas Instrumen Penelitian Kuantitatif.†Jurnal Ilmu Kependidikan 7(1):17–23.

IRSAWANTO, ZUHDII. (2017). “Tingkat Keterampilan Bermain Futsal Peserta Ekstrakurikuler Futsaldi SMP Negeri 3 Gresik.†Jurnal Prestasi Olahraga 1(1).

Kurniawan, Febi. (2017). “Futsal Basic Skills.†Bekasi: Cakrawa Cendikia.

Lhaksana, Justinus. (2011). “Taktik Dan Strategi Futsal.†Depok: Be Champion (Penebar Swadaya Group).

Palmizal, Palmizal, Wawan Junresti Day, and Sri Murniati. (2019). “Tinjauan Kondisi Fisik Atlet Sepakbola Kabupaten Kerinci Dalam Rangka Persiapan Mengikuti Porprov Xxii Bungo Tebo 2018.†Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan) 2(1):72–78.

Sudijono, Anas. (2012). “Pengantar Statistik.†Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D).†Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Susworo, Agus DM, and Yudanto Saryono. (2009). “Tes Keterampilan Dasar Bermain Futsal.†Jurnal IPTEK Olahraga 11(2).

Downloads

Published

2020-07-31