KONTRIBUSI KECEPATAN BERGERAK, REAKSI KAKI, DAN DAYA LEDAK TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN LARI 100 METER PADA SISWA SMK NEGERI 2 MAKASSAR

Authors

  • Muhammad Harliawan STKIP Muhammadiyah Bone
  • Andi Ogo Darminto STKIP Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4582

Keywords:

Kecepatan gerak, reaksi kaki, daya ledak tungkai, lari 100 meter

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecepatan bergerak, reaksi kaki, dan daya ledak tungkai terhadap kemampuan lari 100 meter pada siswa SMK Negeri 2 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik kontribusi, yaitu mencari kontribusi antara variabel-variabel yang satu dengan variabel yang lainnya. Adapun sampel yang diambil dan digunakan dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa putra SMK Negeri 2 Makassar. Data yang dikumpulkan meliputi: kecepatan bergerak, daya ledak tungkai, dan kemampuan lari 100 meter dan kontribusinya terhadap kemampuan lari 100 meter. Penyajian hasil analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan teknik statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data yang didapatkan, berikut ini adalah kesimpulan yang didapatkan, antara lain adalah bahwa kecepatan bergerak, reaksi kaki, dan daya ledak tungkai memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kecepatan lari 100 meter. Hasil penelitian ini bisa dijadikan acuan kepada para pelatih dan guru olahraga dalam mengajar atau melatih cabang olahraga lari 100 meter.

 

References

Aswan, Andi Muhammad, and Muhammad Harliawan. (2019). “Perbandingan Kadar Asam Laktat Setelah Bermain Bolabasket.†Kesehatan dan olahraga 3(2):76–84.

Bafirman, Bafirman, and Asep Sujana Wahyuri. (2019). “Pembentukan Kondisi Fisik.â€

Bahagia, Yoyo. (2012). “Pembelajaran Atletik.†Jakarta: direktorat jendral pendidikan dasar dan menengah.

Jarver, Jess. (2005). “belajar dan Berlatih Atletik.†Bandung: cv. Pionir jaya.

Lumintuarso, Ria. (2013). “Teori Kepelatihan Olahraga.†Jakarta: lankor.

Muhtar, Tatang, and Riana Irawati. 2009. Atletik. UPI sumedang press.

Mureika, J. R. (2005). “The Effects of temperature, pressure, and humidity variations on 100 meter sprint performances.†Can j phys.

Sugarwanto, S., & Okilanda, A. (2020). PENGARUH LATIHAN SINGLE LEG HOPS TERHADAP HASIL LOMPAT JANGKIT SISWA SMP 1 SUNGAI LILIN. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 85-89.

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif,kualitatif, dan R&D).â€

Tangkudung, James, and Wahyuningtyas Puspitorini. 2006. “Kepelatihan Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga.†Jakarta: cerdas jaya.

Widiastuti. (2011). “tes dan pengukuran olahraga.†Jakarta: PT. Bumi timur jaya.

Downloads

Published

2020-07-31