PENGARUH LATIHAN STANDING BROAD JUMP TERHADAP LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA SMP NEGERI 2 LAHAT

Authors

  • Mirza Awali Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4593

Keywords:

Standing broad jump, lompat jauh gaya jongkok, Siswa

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh latihan standing broad jump terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Lahat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan standing broad jump terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Lahat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan metode one group pretest-posttest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa putra kelas VIII SMP Negeri 2 Lahat dengan jumlah 20 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini seluruh siswa putra yang berjumlah 20 orang. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lahat, tentang pengaruh latihan standing broad jump terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok sebanyak 20 siswa (sampel) diperoleh hasil pada uji normalitas data bahwa semua data berdistribusi normal, baik pre-test maupun post-test. Kemudian pada uji hipotesis diperoleh hasil t_(hitung )adalah 7,40 sedangkan〖 t〗_tabel adalah 1,73 Sudah menjadi ketentuan bahwa apabila t_(hitung )>〖 t〗_tabel, maka H_a (Hipotesis diterima) dan sebaliknya apabila t_(hitung )<〖 t〗_tabel, H_o (Hipotesis ditolak), maka dapat disimpulkan bahwa latihan standing broad jump berpengaruh terhadap hasil lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lahat.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Husdarta, H. J. S. (2009). Manajemen pendidikan jasmani. Bandung: Alfabeta.

Jarver, J. (2005). Belajar dan berlatih atletik. Bandung: CV. Pionir Jaya.

Kurnia, M. (2018). Pengaruh Latihan Lari Sprint 50 Meter Terhadap Hasil Lompat Jauh Siswa Kelas X Sma Negeri 11 Palembang. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 1(2), 133–148.

Kurniawan, F. (2012). Buku pintar pengetahuan olahraga. Jakarta: Laskar Aksara.

Lengkana, A. S. (2018). Kontribusi Belajar Lompat Katak Dan Engklek Terhadap Penampilan Teknik Lompat Jauh Gaya Jongkok Di Sekolah Dasar. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 1(2), 149–159.

Rahmani, M. (2014). Buku super lengkap olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.

Sugarwanto, S., & Okilanda, A. (2020). Pengaruh Latihan Single Leg Hops Terhadap Hasil Lompat Jangkit Siswa Smp 1 Sungai Lilin. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 85–89.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Suherman, A., Saputra, Y. M., & Hendrayana, Y. (2001). Pembelajaran Atletik: Pendekatan Permainan dan Kompetisi. Jakarta. Dirjen Dikdasmen Dan Direktorat Jenderal Olahraga, 133.

Sukirno, S., & Pratama, R. R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Berbasis Permainan Di Sekolah Dasar. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2).

Wiarto, G. (2013). Atletik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Winarno, M. E. (2007). Research Methodology in Physical Education. Malang: Faculty of Education, Malang State University.

Downloads

Published

2020-08-31