Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Bengkulu

Authors

  • Bogy Restu Ilahi Universitas Bengkulu
  • Syafrial Syafrial Universitas Bengkulu
  • Fina Hiasa Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4858

Keywords:

Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Pembelajaran Pendidikan Jasmani, dan Strategi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Pengajaran Pendidikan jasmani dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester V kelas A Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN Universitas Bengkulu tahun 2018/2019 yang mengambil mata kuliah Strategi Belajar Mengajar Pendidikan jasmani yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada siklus I siswa yang memperoleh nilai A sebanyak 8 orang (25%), nilai B sebanyak 15 orang (47%), nilai C sebanyak 9 orang (28%), dan D skor 0 orang (0%). Sedangkan hasil belajar siklus II siswa yang memperoleh nilai A 12 orang (37%), nilai B 16 orang (50%), nilai C 4 orang (13%), dan nilai D 0 orang ( 0%) Hasil tersebut menunjukkan bahwa indikator keberhasilan penerapan model pembelajaran NHT sebesar 30% yang belum tercapai pada siklus I sudah tercapai pada siklus II. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan NHT pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar Pendidikan jasmani pada mahasiswa Pendidikan Jasmani semester V Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu kelas 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar.

References

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harrison, J. M., & Blakemore, C. L. (1989). Instructional strategies for secondary school physical education. McGraw-Hill Humanities, Social Sciences & World Languages.

Husdarta, H. J. S. (2009). Manajemen pendidikan jasmani. Bandung: Alfabeta.

Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kunandar, G. P. (2011). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Rajawali Pers.

Lutan, R. (1988). Belajar keterampilan motorik, pengantar teori dan metode. Depdikbud Dirjen Dikti PPLPTK. Jakarta.

Priono, J. (2019). Patrol Multiguna Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Tolak Peluru Di Smp Negeri 1 Sei Balai Kabupaten Batu Bara Tahun Ajaran 2017/2018. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(2), 154–166.

Ruslan, R., & Huda, M. S. (2019). Penerapan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan (Forward Roll). Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(1), 10–20.

Slavin, E. R. (2010). Pembelajaran Kooperatif: Teori, riset dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Syarifuddin, A., & Muhadi, S. (1992). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Downloads

Published

2020-07-31