Peningkatan Keterampilan Bermain Bola Voli Mahasiswa Melalui Latihan Gaya Self Check

Authors

  • Daryono Daryono Universitas PGRI Palembang
  • Muh Akmal Almy Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v4i1.5101

Keywords:

kekuatan otot lengan, smash open, bola voli

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh latihan gaya self check terhadap hasil belajar bola voli mahasiswa semester satu pada pembelajaran bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam bermain bolavoli dengan latihan gaya self check. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen the onegroup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa semester 1 dengan jumlah 150 mahasiswa. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 30 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes keterampilan bermain bolavoli yaitu test servis, test pasing dan test smash. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat peningkatan  keterampilan bermain bola voli melalui latihan gaya shelf check, peningkatan keterampilan servis bolavoli didapat rata-rata tes awal 20,15 dan meningkat pada rata-rata tes akhir 30,13, peningkatan ketrampilan pasing 34,32  dan meningkat  pada  rata-rata  tes akhir  45,30, dan terdapat peningkatan keterampilan smash bolavoli didapat rata-rata tes awal 16,80 dan meningkat pada rata-rata tes akhir 27,50.

References

Adang Suherman. 2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdiknas.

Bompa, Tudor O. and G. Gregory Haff. 2000. Periodezation, Theory and Methodology of Training. BE.USA: Human Kinetics.

Darmawan, Syamsul, and Muhammad Rusli. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Metode Self Check Dan Audio Visual Pada Murid Sdn 13 Arfai Manokwari.†SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation 3(1): 1.

Depdiknas. 1999. Petunjuk Tes Keterampilan Bermain Bola Voli. Jakarta: Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi Departemen Pendidikan Nasional.

Giriwijoyo, S dan Sidik, D.Z. 2005. Ilmu Kesehatan Olahraga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ma’mun, Among dan Toto Subroto. 2001. Pendekatan KeterampilanTestisDalam Pembelajaran Bola Voli Konsep Dan Metode Belajar. Jakarta: Depdiknas Terbuka.

Marta Dinata. 2004. Belajar Bola Voli. Jakarta: Cerdas Jaya.

Mosston, Muska. 2008. Teaching Phsycal Education. Columbus, Ohio: Company.

Pangrazi, Robet P. 2004. Dynamic Education For Elementry School Childern. Francisco: Benjamin Cummings.

Samsudi. 2005. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: Unnes Pres.

Saptono, Tri, and ABDUL ROZZAQ. 2013. “Perbedaan Pengaruh Metode Mengajar Reciprocal Dan Self Check Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Bolavoli.†Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 7(2): 111–16. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3013.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Jakarta: Rineka Cipta Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukirno dan Waluyo. 2012. Cabang Olahraga Bola Voli Panduan Praktis Bagi Pelatih Profesional Menciptakan Atlet Untuk Meraih Prestasi Tinggi. Palembang: Unsri Press.

Thomas. J.R. dkk. 2015. Research Methods in Physical Activity-7th Edition. Illinois: HumanKinetics.

Viera. 2004. Bola Voli Tingkat Pemula. Jakarta: PT Radjagrafindo Persada.

Downloads

Published

2021-01-31