Pengaruh Gaya Mengajar Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola

Authors

  • A Apri Satriawan Chan STKIP Kusuma Negara
  • Dede Dwiansyah Putra Universitas Negeri Jakarta
  • Ardo Okilanda Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v4i1.5204

Keywords:

Gaya Mengajar Inklusi, Gaya Mengajar Latihan, Percaya Diri, Hasil Belajar Shooting Sepakbola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar inklusi dan gaya mengajar latihan serta percaya diri terhadap hasil belajar shooting dalam permainan sepakbola. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Negeri 2 Padang.Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan rancangan treatment by level 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa SMA Negeri 2 Padang yang berjumlah 787siswa. Penetapan sampel menggunakan teknik simple random sampling yaitu menetapkan siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 yang berjumlah 64siswa.Sampel perlakuan dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa setelah dilakukan pembagian kelompok 27% percaya diri tinggi dan 27% percaya diri rendah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0, 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Hasil belajarshooting dalam permainan sepakbola pada perlakuan gaya mengajar inklusi (A1) lebih tinggi dari hasil gaya mengajar latihan (A2). (2). Terdapat pengaruh interaksi antara gaya mengajar (A) dan percaya diri (B)terhadap hasil belajarpassing dalam permainan sepakbola. (3). Hasil belajarshooting dalam permainan sepakbola pada perlakuangaya mengajar inklusi percaya diri tinggi (A1B1) lebih tinggi dari hasilgaya mengajar latihanpercaya diri tinggi (A2B1). (4). Hasil belajar shooting dalam permainan sepakbola pada perlakuangaya mengajar inklusi percaya diri rendah (A1B2) lebih rendah dari hasil gaya mengajar latihan percaya diri rendah (A2B2).

 

References

A.Coker, Cheryl. 2004. Motor Learning And Control For Practitioners. Mexico: Mcgraw Hill.

Adam, Usman, Tina Wijaya. 2007 Dasar-Dasar Mengejar Sepakbola. Jakarta: Cerdas Jaya.

Al-Hadiqie, Zidane Muhdhor. 2013. Menjadi Pemain Sepakbola Profesional. Jakarta:

Kata Pena.

Ardo Okilanda, Firmansyah Dlis, Hidayat Humaid, D. D. P. (2020). Jurnal Educatio FKIP UNMA. Ejournal.Unma.Ac.Id, 6(2), 548–560.

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.594

Arsil, dkk. Permainan Sepakbola. Padang: UNP Press.2011.

Critchell,Mick.2003. Warm Ups for Soccer A Dynamic Approach.Michigan: Reedswain Publishing.

Kadir. 2010. Statistik Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dilengkapi dengan Output Program SPSS. Jakarta: Rosemata Sampurna.

Koger,Robert. 2007. Latihan Dasar Andal Sepakbola Remaja. Klaten: PT Saka Mitra Kompetensi.

Luxbacher,Joseph A. 2013. Sepakbola Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Okilanda, Ardo., Dony, Pria Roma., & Putra, D. D. (2020). Berlatih Sepakbola.

Zenius.

Okilanda, A. (2017). Analisis Pembelajaran Gerak Keterampilan ….( Ardo

Okilanda). 7, 31–41.

Suharno. 2000. Metodologi Pelatihan. Jakarta: KONI Pusat.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahrastani. 2010. Psikologi Olahraga. Padang: Wineka Media.

Uno,Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-01-31