The Impact Of Online Learning During The Covid-19 Pandemic on Physical Education Teachers

Taufik Rahman, Dyas Andry Prasetyo, Hendra Mashuri

Abstract


Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari proses pendidikan yang menuntut untuk belajar melalui aktivitas jasmani. T ia proses belajar melalui aktivitas fisik memerlukan pengawasan yang ketat dari guru pendidikan jasmani. Namun, pandemi Covid-19 memaksa pembelajaran pendidikan jasmani dilakukan dari rumah masing-masing siswa, akibatnya tidak ada pengawasan yang ketat dari guru pendidikan jasmani.Penelitian ini untuk mengetahui dampak pembelajaran penjasorkes pada masa pandemi covid-19 terhadap guru penjas di Kabupaten Sumenep. Jenis penelitiannya adalah survei. Instrumen yang digunakan adalah angket proses pembelajaran online. Objek penelitian ini adalah guru PE di SD dan SMA di Kabupaten Sumenep. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dampak pembelajaran pada masa pandemi covid-19 adalah guru PE wajib meningkatkan literasi digital karena penyampaian informasi berupa materi pembelajaran disampaikan secara online. Guru PE harus memiliki strategi dan inovasi untuk mengatasi kendala yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran online. Guru PE harus memilih media yang tepat untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Di masa pandemi covid-19, guru PA dituntut untuk lebih terbuka terhadap literasi digital dan lebih kreatif dalam belajar serta memiliki kemampuan inovatif yang tinggi. Besar harapan untuk dapat menemukan solusi sosial, ekonomi, dan teknis pengajaran pendidikan jasmani agar proses pembelajaran dapat terlaksana sesuai dengan tujuan pendidikan pendidikan nasional.

Keywords


Physical Education, PE Teachers, PE Learning, Covid-19 Pandemic

Full Text:

PDF

References


Asri, N., & Lely Octaviana, E. S. (2021). Aktivitas Olahraga Di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan). https://doi.org/10.31851/hon.v4i1.5213

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial Untuk Mendukung Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 21. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950

Dunton, G. F., Do, B., & Wang, S. D. (2020). Early effects of the COVID-19 pandemic on physical activity and sedentary behavior in children living in the U.S. BMC Public Health, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12889-020-09429-3

Dwiyogo, W. D. (2018). Pembelajaran Berbasis Blended Learning. PT. Raja Grafindo Persada.

Elianur, C. (2020). Pilihan Media Pembelajaran Daring Oleh Guru Pai Di Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 4(1), 37–45. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.142

Gustian, U. (2020). Permainan tradisional : suatu pendekatan dalam mengembangkan physical literacy siswa sekolah dasar Traditional games : an approach to developing students physical literacy in elementary school Uray Gustian PENDAHULUAN Era abad ke-21 telah terjadi perkemba. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 199–215.

Hidayat, O. R. (2021). Arah Pendidikan Islam Di Era New Normal. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman, 2(1), 6.

Ilahi, B. R., Syafrial, & Hiasa, F. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Bengkulu. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3(2), 207–213. https://doi.org/10.31851/hon.v3i2.4858

Jatira, Y., & Neviyarni. (2021). Fenomena Stress dan Pembiasaan Belajar Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 35–43.

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga (Kedua). Unesa University Press.

Mashuri, H. (2019). Analisis Tingkat Kenikmatan Beraktifitas Fisik Peserta Didik Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan, 3(1), 55–70. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.602

Mashuri, H. (2020). Simple Trick: Tri Dharma Perguruan Tinggi Dosen Pendidikan Jasmani Selama Pandemi Covid-19. In W. D. Dwiyogo (Ed.), Pembelajaran Di Masa Covid-19 - Work From Home (pp. 65–71). Wineka Media.

Mashuri, H., Puspitasari, I. C., & Abadi, S. M. (2019). Pendidikan Jasmani dan Olahraga : Sebuah Pandangan Filosofi. Prosiding Seminar Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 383–390.

Nurani, N. I., Uswatun, D. A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD, 6(1), 50–56. https://doi.org/10.32534/jps.v6i1.1151

Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., Putra, D. D., Arisman, A., & Muslimin, M. (2021). Defense Warm-Up Exercise Material for 13-Age Athlete Using Video Technology in Covid-19 Era. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), 629–634. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090404

Oktaviani, I., Waspada, I., & Budiwati, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 (Ditinjau Dari Persepsi Siswa). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 68. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.584

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Rahman, T. (2020). Peran Strategis Orang Tua dan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan secara Daring di Era New Normal. In H. N. Muhammad (Ed.), Strategi, Proses, Evaluasi dan Model Pembelajaran (pp. 51–55). Unesa University Press.

Rigianti, H. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302.

Widyalaksono, P., Mashuri, H., & Lusianti, S. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Pola Langkah Pencak Silat Sekolah Dasar. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 8–17.

Xiang, M., Zhang, Z., & Kuwahara, K. (2020). Impact of COVID-19 pandemic on children and adolescents’ lifestyle behavior larger than expected. Progress in Cardiovascular Diseases, 63(4), 531–532. https://doi.org/10.1016/j.pcad.2020.04.013

Yulianto, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Pengguna Platform Digital Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Dan Sikap Kritis Siswa Di Ma Daar El Qolam. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(5), 107–128. https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i1.2790




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/hon.v4i2.5638

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Taufik Rahman, Dyas Andry Prasetyo, Hendra Mashuri