Development of "Games 3 on 3" Learning Techniques in Volleyball

Authors

  • Destriani Destriani Universitas Sriwijaya
  • Herri Yusfi Universitas Sriwijaya
  • Destriana Destriana Universitas Sriwijaya
  • Silvi Aryanti Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v5i1.5723

Keywords:

development, learning, games, volleyball

Abstract

Pengembangan teknik pembelajaran yang bervariasi dapat membantu pendidik untuk merancang pembelajaran secara kreatif sehingga proses pembelajaran menjadi inovatif, menarik, lebih berkualitas dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehubungan dengan desain permainan yang ada, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan keterampilan. aturan yang berkaitan dengan struktur permainan yang mengarah pada penemuan dan imajinasi bagi siswa. Maka sebagai pendidik, ada banyak metode dan strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Setiap pendidik diberi kesempatan untuk memfasilitasi pengalaman belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknik pembelajaran “games 3 on 3†dalam permainan bola voli pada mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Tahapan kegiatan dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji, uji lapangan produk skala kecil, revisi produk, uji coba lapangan atau uji kelayakan skala besar, dan produk akhir. revisi. Pada tahap validasi ahli terdapat dua validator yaitu ahli permainan bola voli dan pembelajaran pendidikan jasmani, tahap ini diperoleh nilai rata-rata 68,9% pada ranah kognitif, 70% pada ranah psikomotor dan 72.9% pada ranah afektif dan masuk dalam kategori cukup dan dapat dilanjutkan pada uji coba lapangan dengan memperbaiki produk pembelajaran sesuai dengan saran dan masukan dari validator. Hasil pada tahap uji coba lapangan pada 3 ranah kognitif, psikomotor, dan afektif dengan nilai 83,03%, 81,25%, dan 77,08%, dapat disimpulkan bahwa pengembangan “3 on 3 games†efektif digunakan untuk pembelajaran permainan bola voli , dengan hasil pengembangan berupa perubahan ukuran lapangan, aturan main, dan skor akhir di setiap set. “Permainan 3 lawan 3†dalam permainan bola voli dapat digunakan untuk pembelajaran permainan bola voli dan dapat dijadikan sebagai alternatif variasi pembelajaran bagi pendidik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. dengan hasil pengembangan berupa perubahan ukuran lapangan, aturan main, dan skor akhir pada setiap set. “Permainan 3 lawan 3†dalam permainan bola voli dapat digunakan untuk pembelajaran permainan bola voli dan dapat dijadikan sebagai alternatif variasi pembelajaran bagi pendidik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. dengan hasil pengembangan berupa perubahan ukuran lapangan, aturan main, dan skor akhir pada setiap set. “Permainan 3 lawan 3†dalam permainan bola voli dapat digunakan untuk pembelajaran permainan bola voli dan dapat dijadikan sebagai alternatif variasi pembelajaran bagi pendidik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

 

Author Biographies

Destriani Destriani, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Herri Yusfi, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Destriana Destriana, Universitas Sriwijaya

Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

Silvi Aryanti, Universitas Sriwijaya

pendidikan Jasmani dan Kesehatan

References

Ajayati, T. (2017). The Learning Model of Forearm Passing In Volleyball for Junior High School. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning). https://doi.org/10.26737/jetl.v2i2.289.

Barzouka, K., Sotiropoulos, K., & Kioumourtzoglou, E. (2015). The effect of feedback through an expert model observation on performance and learning the pass skill in volleyball and motivation. Journal of Physical Education and Sport. https://doi.org/10.7752/jpes.2015.03061.

Broek, G. Vande, Boen, F., Claessens, M., Feys, J., & Ceux, T. (2011). Comparison of three instructional approaches to enhance tactical knowledge in volleyball among university students. Journal of Teaching in Physical Education. https://doi.org/10.1123/jtpe.30.4.375.

Daryono, D., & Almy, M. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Bermain Bola Voli Mahasiswa Melalui Latihan Gaya Self Check. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(1), 89-99.

Destriana, D., Muslimin, M., & Destriani, D. (2021). The Development of Overhead Pass Learning Models in Volleyball. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan). https://doi.org/10.31851/hon.v4i2.5300.

Destriani, D., Destriana, D., Switri, E., & Yusfi, H. (2019). The development of volleyball games learning for students. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12605.

Gert V B, Filip B, Manu C, Jos F, and Tanja C. 2011. Comparison of Three Instructional Approach to Enhance Tactical Knowledge in Volleyball among University students. Journal of Teaching in Physical Education. 30. 377-378.

Giatsis , G. 2003. The effect of changing the rules on score fluctuation and match duration in the FIVB women's beach volleyball. International Journal of Performance Analysis in Sport, 3, 57-64.

Hall, R. A. (2011). Affective Assessment: The Missing Piece of the Educational Reform Puzzle‖. Academic journal article from Delta Kappa Gamma Bulletin. Vol. 77, No.2.

Juniardi, A., & Redno, R. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Bola Voli Dengan Menggunakan Permainan 3 On 3 Pada Kelas Vii Di Smp Negeri 21 Kota Bengkulu. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6567.

Lin, C.-S & Wu, R.-W. (2016). Effects of Web-Based Creative Thinking Teaching on Students’ Creativity and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 12. 1675-1684. 10.12973/eurasia.2016.1558a.

Mashud. (2015). Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Era Abad 21. Jurnal Multilateral.

Mohamad Ali & Ansori. (2017). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara

Mutia, M., Warni, H., & Sarmidi, S. (2019). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Menanamkan Karakter Keapada Peserta Didik Di Sd Negeri Atu-Atu Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah LAUT. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7623

Pujianto, D., Sutisyana, A., & Arwin, A. (2020). Pengembangan Model Latihan Sasaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Sepakbola. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8333

Rezeki W, Dwi C, and Setiyo H. 2018. Improve the Motivation of Learning and Learning Outcomes Passing Down Volleyball Through Cooperative Learning Model. Journal Physical Education, Health, and Sport. 5(2). 41

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV [26] Mohamad Ali & Ansori. (2017). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksar

Zhou, M., & Brown, D. (2015). Educational Learning Theories: 2nd Edition. In Education Open Textbooks.

Downloads

Published

2022-01-09