Development of "Games 3 on 3" Learning Techniques in Volleyball
DOI:
https://doi.org/10.31851/hon.v5i1.5723Keywords:
development, learning, games, volleyballAbstract
Pengembangan teknik pembelajaran yang bervariasi dapat membantu pendidik untuk merancang pembelajaran secara kreatif sehingga proses pembelajaran menjadi inovatif, menarik, lebih berkualitas dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehubungan dengan desain permainan yang ada, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan keterampilan. aturan yang berkaitan dengan struktur permainan yang mengarah pada penemuan dan imajinasi bagi siswa. Maka sebagai pendidik, ada banyak metode dan strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Setiap pendidik diberi kesempatan untuk memfasilitasi pengalaman belajar peserta didik dengan menggunakan pendekatan yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teknik pembelajaran “games 3 on 3†dalam permainan bola voli pada mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Tahapan kegiatan dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji, uji lapangan produk skala kecil, revisi produk, uji coba lapangan atau uji kelayakan skala besar, dan produk akhir. revisi. Pada tahap validasi ahli terdapat dua validator yaitu ahli permainan bola voli dan pembelajaran pendidikan jasmani, tahap ini diperoleh nilai rata-rata 68,9% pada ranah kognitif, 70% pada ranah psikomotor dan 72.9% pada ranah afektif dan masuk dalam kategori cukup dan dapat dilanjutkan pada uji coba lapangan dengan memperbaiki produk pembelajaran sesuai dengan saran dan masukan dari validator. Hasil pada tahap uji coba lapangan pada 3 ranah kognitif, psikomotor, dan afektif dengan nilai 83,03%, 81,25%, dan 77,08%, dapat disimpulkan bahwa pengembangan “3 on 3 games†efektif digunakan untuk pembelajaran permainan bola voli , dengan hasil pengembangan berupa perubahan ukuran lapangan, aturan main, dan skor akhir di setiap set. “Permainan 3 lawan 3†dalam permainan bola voli dapat digunakan untuk pembelajaran permainan bola voli dan dapat dijadikan sebagai alternatif variasi pembelajaran bagi pendidik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. dengan hasil pengembangan berupa perubahan ukuran lapangan, aturan main, dan skor akhir pada setiap set. “Permainan 3 lawan 3†dalam permainan bola voli dapat digunakan untuk pembelajaran permainan bola voli dan dapat dijadikan sebagai alternatif variasi pembelajaran bagi pendidik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. dengan hasil pengembangan berupa perubahan ukuran lapangan, aturan main, dan skor akhir pada setiap set. “Permainan 3 lawan 3†dalam permainan bola voli dapat digunakan untuk pembelajaran permainan bola voli dan dapat dijadikan sebagai alternatif variasi pembelajaran bagi pendidik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Â
References
Ajayati, T. (2017). The Learning Model of Forearm Passing In Volleyball for Junior High School. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning). https://doi.org/10.26737/jetl.v2i2.289.
Barzouka, K., Sotiropoulos, K., & Kioumourtzoglou, E. (2015). The effect of feedback through an expert model observation on performance and learning the pass skill in volleyball and motivation. Journal of Physical Education and Sport. https://doi.org/10.7752/jpes.2015.03061.
Broek, G. Vande, Boen, F., Claessens, M., Feys, J., & Ceux, T. (2011). Comparison of three instructional approaches to enhance tactical knowledge in volleyball among university students. Journal of Teaching in Physical Education. https://doi.org/10.1123/jtpe.30.4.375.
Daryono, D., & Almy, M. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Bermain Bola Voli Mahasiswa Melalui Latihan Gaya Self Check. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(1), 89-99.
Destriana, D., Muslimin, M., & Destriani, D. (2021). The Development of Overhead Pass Learning Models in Volleyball. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan). https://doi.org/10.31851/hon.v4i2.5300.
Destriani, D., Destriana, D., Switri, E., & Yusfi, H. (2019). The development of volleyball games learning for students. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1.12605.
Gert V B, Filip B, Manu C, Jos F, and Tanja C. 2011. Comparison of Three Instructional Approach to Enhance Tactical Knowledge in Volleyball among University students. Journal of Teaching in Physical Education. 30. 377-378.
Giatsis , G. 2003. The effect of changing the rules on score fluctuation and match duration in the FIVB women's beach volleyball. International Journal of Performance Analysis in Sport, 3, 57-64.
Hall, R. A. (2011). Affective Assessment: The Missing Piece of the Educational Reform Puzzle‖. Academic journal article from Delta Kappa Gamma Bulletin. Vol. 77, No.2.
Juniardi, A., & Redno, R. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Bola Voli Dengan Menggunakan Permainan 3 On 3 Pada Kelas Vii Di Smp Negeri 21 Kota Bengkulu. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6567.
Lin, C.-S & Wu, R.-W. (2016). Effects of Web-Based Creative Thinking Teaching on Students’ Creativity and Learning Outcome. EURASIA Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 12. 1675-1684. 10.12973/eurasia.2016.1558a.
Mashud. (2015). Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Era Abad 21. Jurnal Multilateral.
Mohamad Ali & Ansori. (2017). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara
Mutia, M., Warni, H., & Sarmidi, S. (2019). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Menanamkan Karakter Keapada Peserta Didik Di Sd Negeri Atu-Atu Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah LAUT. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7623
Pujianto, D., Sutisyana, A., & Arwin, A. (2020). Pengembangan Model Latihan Sasaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Sepakbola. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8333
Rezeki W, Dwi C, and Setiyo H. 2018. Improve the Motivation of Learning and Learning Outcomes Passing Down Volleyball Through Cooperative Learning Model. Journal Physical Education, Health, and Sport. 5(2). 41
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV [26] Mohamad Ali & Ansori. (2017). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksar
Zhou, M., & Brown, D. (2015). Educational Learning Theories: 2nd Edition. In Education Open Textbooks.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Halaman Olahraga Nusantara's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Halaman Olahraga Nusantara on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Halaman Olahraga Nusantara.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Halaman Olahraga Nusantara will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Halaman Olahraga Nusantara will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Halaman Olahraga Nusantara entitles the author(s) to no royalties or other fees.