Students' Perceptions about The Effectiveness of Micro Teaching Courses Towards The Educational Competence of Kplp Students

Authors

  • Leni Apriani
  • Mimi Yulianti
  • Al Arismon

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v5i1.6723

Keywords:

Perception, Pedagogy, Microteaching

Abstract

Permasalahan yang peneliti adalah sebagai berikut: 1) masih terdapat kekurangan dan ketidakefektifan mata kuliah micro teaching dalam memberikan keterampilan mengajar kepada siswa, 2) kesiapan mental dan gramatikal anak Penjaskesrek masih kurang dalam menghadapi KPLP, 3) kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh mahasiswa Jaskesrek Tahun Ajaran 2019/2020 masih kurang baik. 4) masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyiapkan bahan ajar dan kesulitan dalam menggunakan media dalam pembelajaran di sekolah, dan 5) keseriusan siswa dalam proses belajar mengajar masih rendah karena yang mengajar di kelas adalah KPLP siswa. Pengajaran Kompetensi Pedagogik Mahasiswa KPLP. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester enam tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Riau. Dengan teknik total sampling jenuh. Jumlah sampel jenuh dengan teknik pengambilan sampel bila semua anggota populasi dijadikan sampel, sedangkan sampel penelitian adalah 156 siswa. Persepsi mahasiswa terhadap kegiatan mata kuliah di KPLP dinyatakan dalam kategori Cukup. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata perolehan angket yaitu persepsi mahasiswa terhadap kegiatan perkuliahan di KPLP dinyatakan dalam kategori Cukup. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata perolehan kuesioner yaitu 64,10% yang berada pada kisaran 60% - 74% dalam kategori Cukup.Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik di KPLP dinyatakan dalam kategori Cukup. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata kuisioner yaitu 69. 88% yang berada pada kisaran 60% - 74% dalam kategori Cukup. Keadaan ini dikarenakan merebaknya virus COVID-19 yang membuat kegiatan KPLP di FKIP tidak efektif, khususnya Prodi PENJASKESREK. 

References

Agus, Rachmi, M. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kriteria Layanan Bantuan: Meningkatkan Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Tunagrahita Ringan Pada Pembelajaran Penjasorkes Slb Pkk Bandar Lampung. Halaman, 2(2), 186–197. https://doi.org/10.31851

Ardi, M. (2014). Pelaksanaan pembelajaran bagi mahasiswa program studi PPKn STKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, 1(1), 75–84.

Azizah, N., & Rahmi, E. (2019). Persepsi Mahasiswa Tentang Peranan Mata Kuliah Micro Teaching Terhadap Kesiapan Mengajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNP. EcoGen, 2(2), 197–205. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.7312

Febrian, & Fera, M. (2019). Kualitas Perangkat dan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Micro Teaching Menggunakan Analisis Model Rasch. Jurnal Gantang, 4(1), 87–95. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1065

Fitria, I., Syamwil, S., & Syofyan, R. (2018). Persepsi Mahasiswa Tentang Efektivitas Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unp. Jurnal Ecogen, 1(2), 422. https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i2.4764

Hartono, R. (2019). Persepsi Guru Penjas Terhadap Kompetensi Mahasiswa Magang 2 Prodi Penjas FKIP UNIB dI SMP Negeri Kota Bengkulu Tahun 2018. KINESTETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 165–173. https://doi.org/10.33369/jk.v3i2.8911

Lubis, A., Hanafi, & Siregar, Rabiyatul, A. (2019). Efektivitas Sistem Pengelolaan Microteaching Dengan Siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian Dan Peningkatan (PPEPP) Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 7(4), 168–174. https://doi.org/10.37081/ed.v7i4.1403

Meha, A. M., & Bullu, N. I. (2021). Hubungan Kesiapan Mengajar Dan Proses Praktik Pengalaman Lapangan Dengan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 412–420. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.323

Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., Putra, D. D., Arisman, A., & Muslimin, M. (2021). Defense Warm-Up Exercise Material for 13-Age Athlete Using Video Technology in Covid-19 Era. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), 629–634. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090404

Rahayu, S., & Mertha, I, G. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Micro Teaching Untuk Melatih Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 232–238.

Rahman, Taufik. Prasetyo, Dyas, Andry. Mashuri, H. (2021). The Impact Of Online Learning During The Covid-19 Pandemic On Physical Education Teachers. Halaman Olahraga Nusantara (HON), 4(II), 294–304. https://doi.org/10.31851

Rahmawati, L., & Suriani, C. (2016). Persepsi Mahasiswa Tentang Efektivitas Mata Kuliah Microteaching Terhadap Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Medan. JURNAL PELITA PENDIDIKAN, 4(3), 58–63.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunarti. (2014). Penilaian Dalam Kurikulum 2013. C.V ANDI OFFSET.

Syukriadi, A., & Rozi, F. (2021). Perspektif Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Pendidikan Jasmani di IAIN Salatiga. Jurnal Universitas Islam Kalimantan, 4(1), 40–45.

Untari, T., Rahmaniah, R., Islami, A. B., Ihsani, B. Y., & Artikel, S. (2018). Peningkatan Pembelajaran Microteaching Melalui Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(1), 91–100. https://doi.org/10.24176/jpp.v1i1.2616

Downloads

Published

2022-01-08