Powtoon-Based Learning Videos to Improve Learning Outcomes at Background Services in Elementary School Students

Authors

  • Silvi Aryanti Universitas Sriwijaya
  • Mega Nurrizalia
  • Edi Setiyo
  • Henny Helmi
  • Samsul Azhar

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v5i1.6805

Keywords:

Video Powtoon, Learning Outcomes, Servicing, Badminton, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar kombinasi materi gerak dasar permainan bola kecil yaitu pukulan servis bulu tangkis melalui media pembelajaran berbasis video menggunakan powtoon. Aplikasi powtoon dapat diakses secara online dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Penggunaan powtoon dapat mencakup materi dengan berbagai animasi, dapat menambahkan video, gambar, suara dan desain warna teks yang dapat disesuaikan. Hasil akhir penggunaan powtoon dapat disimpan secara otomatis di youtube yang mudah dilihat semua orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian dua puluh lima siswa kelas V. Tahap awal dalam penelitian ini adalah melakukan observasi awal yang meliputi tiga ranah yaitu ranah afektif, ranah kognitif dan ranah psikomotorik. Hasil observasi awal pada ranah afektif dinyatakan 65% tuntas, kognitif 80% tuntas, dan psikomotor 70% tak tuntas. Jadi, dilakukan perbaikan pada ranah psikomotorik pada siklus 1 diperoleh ketuntasan klasikal 75%. Implikasi dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa sekolah dasar dapat ditingkatkan melalui video pembelajaran menggunakan powtoon.

 

Author Biography

Silvi Aryanti, Universitas Sriwijaya

Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

References

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622

Aryanti, S, Destriana, D., & Pratama, R. (2021). Sosialisasi Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Video Pada Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Berkarya Pengabdian http://jba.ppj.unp.ac.id/index.php/jba/article/view/87

Aryanti, Silvi, Hartati, & Syafaruddin. (2020). Learning of badminton model through animation video on physical education students. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6), 47–50. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080708

Aryanti, Silvi, Solahuddin, S., & Azhar, S. (2021). Learning Forehand Service Badminton Using Teaching Games For Understanding (TGFU) Students. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(2), 305. https://doi.org/10.31851/hon.v4i2.5675

Aryanti, Silvi, Victorian, A., & Bayu, W. (2021). Learning of Sepak Sila Technique Based Video For Sepak Takraw Course. https://doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305202

Aryanti, Silvi, Victorian, A. R., & Yusfi, H. (2018). Pengembangan Teknik Pembelajaran Servis Forehand Bulutangkis Bagi Siswa Putra Sekolah Menengah Atas. Sebatik, 22(2), 181–187. https://doi.org/10.46984/sebatik.v22i2.325

Hartati, Aryanti, S., Hardiyono, B., Muchlisin, A., & Pasaribu, N. (2021). Improving Badminton Learning Using Animated Video - Based Learning Model. 3, 1100–1103.

Hartati, H., Destriana, D., Aryanti, S., & Destriani, D. (2018). Macro Flash-based Multimediafor Improvement The Learning Result of Volleyball Game. https://doi.org/10.2991/ictte-18.2018.41

Hermansah, B. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Jump Shoot Dalam Permainan Bola Tangan dengan Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas Ix Smp N 5 Indralaya Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 1(2), 249-262

Jerry Radita Ponza, P., Nyoman Jampel, I., & Komang Sudarma, I. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19. www.powtoon.com.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Resesarch Planner (ISBN 978-9). Singapore: Springer.

Muthmainnah. dkk. (2021). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan MediaPowtoon selama Pembelajaran Jarak Jauhdi Sekolah Dasar. Jurnalbasicedu, 5(6), 5159–5168.

Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., Putra, D. D., Arisman, A., & Muslimin, M. (2021). Defense Warm-Up Exercise Material for 13-Age Athlete Using Video Technology in Covid-19 Era. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), 629–634. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090404

Putri, E. F. (2021). Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 198–205. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/34339

Ruslan, R., & Huda, M. S. (2019). Penerapan Metode Bermain dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan (Forward Roll). Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(1), 10-20.

Sari, R. T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Dharma Pendidikan.

Sholihah, I. N., & Handayani, T. (2020). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Bimbingan Klasikal Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). PD ABKIN JATIM Open Journal …, 50–58. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/84

Trina, Z., Kamaruddin, T., & Rahmani, D. (2017). Penerapan Media Animasi Audio Visual Menggunakan Software Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SMP Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 2(2), 156–169.

UU Nomor 20. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zitteliana, 159–170.

Downloads

Published

2022-01-20