The Influence of The Practice Method and Achievement Motivation on Basic Technical Skill in Football

Authors

  • Aidil Putra Universitas Negeri Jakarta
  • Ardo Okilanda
  • Samsudin Samsudin
  • Hidayat Humaid

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v5i1.7170

Keywords:

Blocked practice and random practice methods, Achievement motivation, Basic soccer techniques.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan blok dan acak serta motivasi berprestasi terhadap keterampilan teknik dasar sepak bola. Penelitian ini dilakukan pada atlet Sekolah Sepak Bola 07 Baturaja Under 15 Tahun Kota Baturaja. Penelitian ini menggunakan perlakuan level 2 x 2. Sampel terdiri dari 40 atlet. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua arah (ANAVA) kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai kemampuan teknik dasar sepak bola pada perlakuan metode latihan blok (A1) lebih tinggi daripada nilai metode latihan acak (A2) di sekolah sepak bola 07 Baturaja. (2) Ada pengaruh interaksi antara metode latihan (A) dan motivasi berprestasi (B) terhadap keterampilan teknik dasar sepak bola di sekolah sepak bola 07 Baturaja. (3) Nilai kemampuan teknik dasar sepak bola pada perlakuan metode latihan terhalang motivasi berprestasi tinggi (A1B1) lebih tinggi dibandingkan nilai metode latihan acak motivasi berprestasi tinggi (A2B1) di sekolah sepak bola 07 Baturaja (4) Nilai kemampuan teknik dasar sepakbola pada perlakuan metode latihan terhambat motivasi berprestasi rendah (A2B2) di sekolah sepakbola 07 Baturaja.

References

Andi Mulya. (2011). Ensiklopedia Olahraga Indonesia (1st ed.). Angkasa.

Arifin, R., & Warni, H. (2019). Model Latihan Kelincahan Sepakbola. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 63–66. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5702

Chan, A. A. S., Putra, D. D., & Okilanda, A. (2021). Pengaruh Gaya Mengajar Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(1), 100. https://doi.org/10.31851/hon.v4i1.5204

Dahlan, F., Hidayat, R., & Syahruddin, S. (2020). Pengaruh komponen fisik dan motivasi latihan terhadap keterampilan bermain sepakbola. Jurnal Keolahragaan, 8(2), 126–139. https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.32833

Dwi saputro, Y. (2017). Pengembangan Model Latihan Shooting Dalam Permainan Sepakbola Di Sekolah Sepakbola Indonesia Muda (Im) Malang. Jendela Olahraga, 2(1), 129–139. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1291

Hinca IP Pandjaitan XII. (2011). Kedaulatan negara vs kedaulatan FIFA.

Mubarok, M. Z., & Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Pemain Sepakbola. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 28. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1381

Muhammad Sidik, N., Kurniawan, F., & Effendi, R. (2021). Pengaruh Latihan Sepakbola Empat Gawang Terhadap Kemampuan Passing Stopping Sepakbola Ekstrakurikuler di SMP Islam Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 60–67. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4434

Nugroho, W. A. (2017). Pembinaan Prestasi Olahraga Sepakbola Di Pusat Pendidikan Dan Latihan Putra Batang. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2). https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.43

Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., Putra, D. D., Arisman, A., & Muslimin, M. (2021). Defense Warm-Up Exercise Material for 13-Age Athlete Using Video Technology in Covid-19 Era. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), 629–634. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090404

Putra, B. P., & Tafaqur, M. (2019). Pengaruh Latihan Small Sided Games One Touch dan Two Touch terhadap Keterampilan Passing di SSB PS BUM Ku-13 Tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11(1), 30–35. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v11i1.16823

Putranto, D., & Andriadi, A. (2019). Pengembangan Model Latihan Passing ADE Sepakbola. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 2(2), 73. https://doi.org/10.26858/sportive.v2i2.9514

Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal, 1(1), 27. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1998

Rohman, U. (2017). Evaluasi Kompetensi Pelatih Sepakbola Usia Dini Di Sekolah Sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 92. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8186

Rury Rizhardi. (2020). Volume 3 no I Tahun 2020. 3(I), 9–20.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfhabeta.

Downloads

Published

2022-01-24