Design of Motor Learning Instruments Based on Traditional Engklek Games
DOI:
https://doi.org/10.31851/hon.v5i2.7802Keywords:
Motion, Instruments, Learning, EngklekAbstract
Gerak merupakan elemen dasar kehidupan manusia. Dengan gerak manusia dapat melakukan aktivitas apapun tanpa kesulitan. Gerak merupakan kegiatan yang erat kaitannya dengan keterampilan motorik, banyak anak mengalami perkembangan motorik yang lamban karena kurangnya latihan gerak atau karena fasilitas pembelajaran gerak yang kurang menyenangkan. Di beberapa kota di Indonesia, terdapat banyak data minimnya aktivitas pergerakan yang menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas dan sebagainya. Di Kota Padang ditemukan 18,98% keterampilan gerak dasar anak berada pada kategori rendah. Data ini menunjukkan bahwa masih banyak anak usia dini yang mengalami kesulitan dalam penguasaan gerak, belum adanya teknologi instrumen untuk pembelajaran keterampilan gerak dasar merupakan salah satu faktor dominan yang mempengaruhi keadaan tersebut. Hal ini disebabkan keterlambatan dalam mengidentifikasi perkembangan keterampilan gerak pada anak. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen pembelajaran keterampilan gerak dasar berbasis permainan tradisional englek yang dilengkapi dengan teknologi yang kompleks dalam menilai gerak pada anak khususnya pada gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif seperti berlari, melompat, berjalan, menendang bola, melempar bola dan sebagainya dalam rangka mengatasi masalah gerak yang terjadi di kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran keterampilan gerak dasar yang dapat digunakan secara efektif, mudah dan praktis oleh pihak terkait seperti PAUD dan TK. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen pembelajaran keterampilan gerak dasar berbasis permainan tradisional englek yang dilengkapi dengan teknologi yang kompleks dalam menilai gerak pada anak khususnya pada gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif seperti berlari, melompat, berjalan, menendang bola, melempar bola dan sebagainya dalam rangka mengatasi masalah gerak yang terjadi di kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran keterampilan gerak dasar yang dapat digunakan secara efektif, mudah dan praktis oleh pihak terkait seperti PAUD dan TK. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen pembelajaran keterampilan gerak dasar berbasis permainan tradisional englek yang dilengkapi dengan teknologi yang kompleks dalam menilai gerak pada anak khususnya pada gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif seperti berlari, melompat, berjalan, menendang bola, melempar bola dan sebagainya dalam rangka mengatasi masalah gerak yang terjadi di kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran keterampilan gerak dasar yang dapat digunakan secara efektif, mudah dan praktis oleh pihak terkait seperti PAUD dan TK. melempar bola dan sebagainya dalam rangka mengatasi masalah gerak yang terjadi di kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran keterampilan gerak dasar yang dapat digunakan secara efektif, mudah dan praktis oleh pihak terkait seperti PAUD dan TK. melempar bola dan sebagainya dalam rangka mengatasi masalah gerak yang terjadi di kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran keterampilan gerak dasar yang dapat digunakan secara efektif, mudah dan praktis oleh pihak terkait seperti PAUD dan TK.
References
Bakhtiar, Syahrial, Famelia, Ruri and, Goodway, Jacqueline D. (2015) A Needs Assesment of the Fundamental Motor Skills of Urban and Rural Children in Indonesia. Journal of Sport& Exercise Psychology. Vol 37 June 2015
Dadan Suryana, 2016. Pendidikan Anak Usia Dini dan Aspek Perkembangan Jakarta: Kencana.
Department of Education WA. (2013). Fundamental Movement Skills Learning, Teaching and Assessment Book 1 Pr345eparing Children For An Active And Healthy Lifestyle.
Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Peranan Total Quality Management (TQM) Di Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226-236.
Donie, D., Setiawan, Y., & Edmizal, E. (2021). Meningkatan " Coaching Skill " Pelatih Bulutangkis Sumatera Barat Melalui Pendekatan Bsdm ( Badminton Skill Diagnosis Model ) Berbasis Abstrak Pendahuluan Banyak sekali kegagalan yang ditemui dalam belajar gerak yang disebabkan kesalahan karena yang ketid. 4(2).
E. Mulyasa. 2014. Manajemen PAUD, Bandung: Rosda
Gallahue, David L., Ozmun, John C dan Goodway, Jacqueline D. Understanding Motor Development. New York: Mc Graw Hill, Seventh Edition, 2012).
Haywood, Kathleen M. Roberton, Mary Ann, Getchel, Nancy. Advanced Analysis of Motor Development (United States: Human Kinetics,2012).
Hengki Primayana, K. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.45
Lumintuarso (2013) Peralatan Olahraga Anak Untuk Pengembangan Multilateral. Yogyakarta: Sinar Offset Jogjakarta.
Medise, Bernie Endyarni. 2013. Seputar Kesehatan Anak. (www.idai.or.id), diakses 23 Desember 2021.
Nikolić Ivana, Mraković Snježana and Kunješić Mateja. (2016). Gender Differences of Preschool Children in Fundamental Movement Skills. Croatian Journal of EducationVol.18; Sp.Ed.No.1/2016, pages: 123-131
Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., Putra, D. D., Arisman, A., & Muslimin, M. (2021). Defense Warm-Up Exercise Material for 13-Age Athlete Using Video Technology in Covid-19 Era. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), 629–634. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090404
Polina Resty, Analisis Peran Guru dalam Menstimulus Motorik Halus Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III, Fkip Untan Pontianak, h.2
Popy Rahayu, “Kemampuan Motorik Halus Pada Kegiatan Melipat Pada Anak Kelompok B Se-gugus XII Kecamatan Wonosari Gunung Kidulâ€. Jurnal pendidikan Anak Usia Dini Edisi 4 Tahun Ke-6 2017, h.2
Primayana, K. H. (2019, March). The Implementation Of School Management Based On The Values Of Local Wisdom Tri Hita Karana And Spiritual Intelligence On Teacher Organizational Commitments. In Proceeding International Seminar (ICHECY) (Vol. 1, No. 1).
Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.
Primayana, K. H. (2020). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85-92.
Primayana, K. H. (2020, March). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 3, pp. 321-328).
Rully ramdansyah. 2010. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharjana. (2013) Kebugaran Jasmani.Yogyakarta : Jogja Global Media
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. PEDAGOGIA: Yogyakarta.
Syakir Muharrar&Sri Verayanti. 2013. Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga.
Winia, I. N., Harsananda, H., Maheswari, P. D., Juniartha, M. G., & Primayana, K. H. (2020). Building The Youths Characters Through Strengthening Of Hindu Religious Education. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 4(1), 119-125.
Yulia, P., Dewi, A., & Hengki, K. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. 1(1), 19–26.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Halaman Olahraga Nusantara's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Halaman Olahraga Nusantara on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal Halaman Olahraga Nusantara.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Halaman Olahraga Nusantara will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Halaman Olahraga Nusantara will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Halaman Olahraga Nusantara entitles the author(s) to no royalties or other fees.