Design of Motor Learning Instruments Based on Traditional Engklek Games

Authors

  • Eval Edmizal Scopus ID Author: 57216222387, Universitas Negeri Padang
  • Eri Barlian Universitas Negeri Padang
  • Anton Komaini

DOI:

https://doi.org/10.31851/hon.v5i2.7802

Keywords:

Motion, Instruments, Learning, Engklek

Abstract

Gerak merupakan elemen dasar kehidupan manusia. Dengan gerak manusia dapat melakukan aktivitas apapun tanpa kesulitan. Gerak merupakan kegiatan yang erat kaitannya dengan keterampilan motorik, banyak anak mengalami perkembangan motorik yang lamban karena kurangnya latihan gerak atau karena fasilitas pembelajaran gerak yang kurang menyenangkan. Di beberapa kota di Indonesia, terdapat banyak data minimnya aktivitas pergerakan yang menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas dan sebagainya. Di Kota Padang ditemukan 18,98% keterampilan gerak dasar anak berada pada kategori rendah. Data ini menunjukkan bahwa masih banyak anak usia dini yang mengalami kesulitan dalam penguasaan gerak, belum adanya teknologi instrumen untuk pembelajaran keterampilan gerak dasar merupakan salah satu faktor dominan yang mempengaruhi keadaan tersebut. Hal ini disebabkan keterlambatan dalam mengidentifikasi perkembangan keterampilan gerak pada anak. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen pembelajaran keterampilan gerak dasar berbasis permainan tradisional englek yang dilengkapi dengan teknologi yang kompleks dalam menilai gerak pada anak khususnya pada gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif seperti berlari, melompat, berjalan, menendang bola, melempar bola dan sebagainya dalam rangka mengatasi masalah gerak yang terjadi di kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran keterampilan gerak dasar yang dapat digunakan secara efektif, mudah dan praktis oleh pihak terkait seperti PAUD dan TK. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen pembelajaran keterampilan gerak dasar berbasis permainan tradisional englek yang dilengkapi dengan teknologi yang kompleks dalam menilai gerak pada anak khususnya pada gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif seperti berlari, melompat, berjalan, menendang bola, melempar bola dan sebagainya dalam rangka mengatasi masalah gerak yang terjadi di kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran keterampilan gerak dasar yang dapat digunakan secara efektif, mudah dan praktis oleh pihak terkait seperti PAUD dan TK. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen pembelajaran keterampilan gerak dasar berbasis permainan tradisional englek yang dilengkapi dengan teknologi yang kompleks dalam menilai gerak pada anak khususnya pada gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif seperti berlari, melompat, berjalan, menendang bola, melempar bola dan sebagainya dalam rangka mengatasi masalah gerak yang terjadi di kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran keterampilan gerak dasar yang dapat digunakan secara efektif, mudah dan praktis oleh pihak terkait seperti PAUD dan TK. melempar bola dan sebagainya dalam rangka mengatasi masalah gerak yang terjadi di kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran keterampilan gerak dasar yang dapat digunakan secara efektif, mudah dan praktis oleh pihak terkait seperti PAUD dan TK. melempar bola dan sebagainya dalam rangka mengatasi masalah gerak yang terjadi di kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran keterampilan gerak dasar yang dapat digunakan secara efektif, mudah dan praktis oleh pihak terkait seperti PAUD dan TK.

References

Bakhtiar, Syahrial, Famelia, Ruri and, Goodway, Jacqueline D. (2015) A Needs Assesment of the Fundamental Motor Skills of Urban and Rural Children in Indonesia. Journal of Sport& Exercise Psychology. Vol 37 June 2015

Dadan Suryana, 2016. Pendidikan Anak Usia Dini dan Aspek Perkembangan Jakarta: Kencana.

Department of Education WA. (2013). Fundamental Movement Skills Learning, Teaching and Assessment Book 1 Pr345eparing Children For An Active And Healthy Lifestyle.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Peranan Total Quality Management (TQM) Di Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226-236.

Donie, D., Setiawan, Y., & Edmizal, E. (2021). Meningkatan " Coaching Skill " Pelatih Bulutangkis Sumatera Barat Melalui Pendekatan Bsdm ( Badminton Skill Diagnosis Model ) Berbasis Abstrak Pendahuluan Banyak sekali kegagalan yang ditemui dalam belajar gerak yang disebabkan kesalahan karena yang ketid. 4(2).

E. Mulyasa. 2014. Manajemen PAUD, Bandung: Rosda

Gallahue, David L., Ozmun, John C dan Goodway, Jacqueline D. Understanding Motor Development. New York: Mc Graw Hill, Seventh Edition, 2012).

Haywood, Kathleen M. Roberton, Mary Ann, Getchel, Nancy. Advanced Analysis of Motor Development (United States: Human Kinetics,2012).

Hengki Primayana, K. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.45

Lumintuarso (2013) Peralatan Olahraga Anak Untuk Pengembangan Multilateral. Yogyakarta: Sinar Offset Jogjakarta.

Medise, Bernie Endyarni. 2013. Seputar Kesehatan Anak. (www.idai.or.id), diakses 23 Desember 2021.

Nikolić Ivana, Mraković Snježana and Kunješić Mateja. (2016). Gender Differences of Preschool Children in Fundamental Movement Skills. Croatian Journal of EducationVol.18; Sp.Ed.No.1/2016, pages: 123-131

Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., Putra, D. D., Arisman, A., & Muslimin, M. (2021). Defense Warm-Up Exercise Material for 13-Age Athlete Using Video Technology in Covid-19 Era. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), 629–634. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090404

Polina Resty, Analisis Peran Guru dalam Menstimulus Motorik Halus Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III, Fkip Untan Pontianak, h.2

Popy Rahayu, “Kemampuan Motorik Halus Pada Kegiatan Melipat Pada Anak Kelompok B Se-gugus XII Kecamatan Wonosari Gunung Kidulâ€. Jurnal pendidikan Anak Usia Dini Edisi 4 Tahun Ke-6 2017, h.2

Primayana, K. H. (2019, March). The Implementation Of School Management Based On The Values Of Local Wisdom Tri Hita Karana And Spiritual Intelligence On Teacher Organizational Commitments. In Proceeding International Seminar (ICHECY) (Vol. 1, No. 1).

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Primayana, K. H. (2020). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85-92.

Primayana, K. H. (2020, March). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 3, pp. 321-328).

Rully ramdansyah. 2010. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharjana. (2013) Kebugaran Jasmani.Yogyakarta : Jogja Global Media

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. PEDAGOGIA: Yogyakarta.

Syakir Muharrar&Sri Verayanti. 2013. Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga.

Winia, I. N., Harsananda, H., Maheswari, P. D., Juniartha, M. G., & Primayana, K. H. (2020). Building The Youths Characters Through Strengthening Of Hindu Religious Education. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 4(1), 119-125.

Yulia, P., Dewi, A., & Hengki, K. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. 1(1), 19–26.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-20