PERANAN JIGSAW PUZZLES DALAM PEMBELAJARAN MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) DI KELAS IV

Authors

  • Indah Widyaningrum STKIP Muhammadiyah Pagaralam
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya
  • Somakim Somakim Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran penggunaan Jigsaw Puzzles dan menghasilkan lintasan belajar siswa menggunakan pendekatan PMRI dari tahap informal ke tahap formal untuk kelas IV. Tujuan tersebut secara bertahap adalah untuk melihat kemampuan siswa dalam menentukan konsep Faktor Persekutuan terbesar (FPB) dan menyelesaikan masalah soal cerita berkaitan Faktor Persekutuan terbesar (FPB). Metode yang digunakan adalah design research dengan tahap preliminary design, teaching experiment, dan retrospective analysis. Dalam penelitian ini, terdiri dari instruksi dan konjektur pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan hipotesis pembelajaran dan menggunakan pendekatan PMRI. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas IV.A SD Negeri 55 Pagaralam. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam dua aktivitas yaitu menemukan konsep FPB dan menyelesaikan masalah soal cerita berkaitan dengan FPB. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran media Jigsaw Puzzles menggunakan pendekatan PMRI dapat membantu siswa memahami konsep materi FPB.

References

Azhari, H., Fauziah, A., dan Yulianti. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa tentang FPB melalui Metode Kerja Kelompok. Jurnal Persfektif Pendidikan, Vol.8(2) : 84-102.

Bakker, A. 2004. Design research in statistics education on symbolizing and computer tools. Amersfoort: Wilco Press.

Bustang, Zulkardi, Darmawijoyo, Dolk, M., and Van Eerde, D. 2013. Developing a Local Instruction Theory for Learning the Concept of Angle Through Visual Field Activities and Spatial Representations. International Education Studies, Vol.6(8) : 58-70.

Cambli, H. and Jale, B. 2009. Mathematical Problem Solving and Computers; Investigation of the Effect of Computer Aided Instruction in Solving Lowest Common Multiple and Greatest Common Factor Problem. International Journal of Human Sciences, Vol.6(2) : 1303-5134.

Gravemeijer, K. and Cobb, P. 2006. Design Research From A Learning Design Perspective. Dalam Akker, dkk. (Ed.): Educational Design Research. New York: Routledge. 17-51.

Isandespa, I.N. dan Suwarjo. 2013. Implementasi PMRI dengan Assesment Fortofolio untuk Meningkatkan Sikap Positif Siswa terhadap Matematika dan Motivasi Belajar. Jurnal Prima Edukasi, Vol.1(1) : 70-84.

Kershaw, J. 2014. CK-12 Middle School Math-Grade 6. U.S: FlexBook.

Kershaw, J. 2014. CK-12 Middle School Math-Grade 6 Concept Collection. U.S: FlexBook.

Koshy, T. 2007. Elementary Number Theory with Application. USA: Academic Press.

Mathventures. 2008. Finding the Greatest Common Factor Visually, Without Calculation. [Online]. Tersedia: http://www.mathventures.com/mathed/

Arithmetic/Finding GCF.htm. [22 Agustus 2015].

Nadeak, M., Syamsiati, dan Suryani. 2014. Penggunaan Pohon Faktor pada Materi FPB dan KPK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3(12) : 1-10.

Nggodulano, H., Ismaimusa, D., dan Mustamin. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas V SDN Tatarandang Pada Materi FPB Dan KPK. Jurnal Kreatif Tadulako, Vol.5(10) : 1-13.

Pathuddin. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Karunadipa Palu Pada Konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Melalui Pendekatan Kontekstual. Makalah Pada Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2013 (SNIPS 2013). Bandung.

Putri, R.I.I. 2011. Improving Mathematics Comunication Ability of Students In Grade 2 Through PMRI Approach. International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education. Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University.

Setyaningsih, A. 2011. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Pokok FPB dan KPK Melalui Learning Together Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. E-Jurnal dinas Pendidikan Kota Surabaya, Vol. 6: 1-15.

Simon, M. A. 1995. Reconstructing Mathematics Pedagogy From a Constructivist Perspective. Journal for Research in Mathematics Education, Vol. 26(2) : 114-145.

Wahyuni, R. 2011. Desain Pembelajaran FPB dan KPK Menggunakan Permainan Tradisional Indonesia di Kelas IV SD/MI. Tesis tidak diterbitkan. Palembang: Pascasarjana Universitas Sriwijaya.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2018-06-10