SOLVING MATH METHODS: MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN KOMUNIKASI MATEMATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR

Authors

  • Durroh Halim Universitas Madura
  • Qori’atul Humairah Universitas Madura
  • Sayyidatun Nisa Universitas Madura
  • Moh. Zayyadi Universitas Madura

DOI:

https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i2.3031

Abstract

Matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami dan ditakuti oleh mayoritas siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui pembelajaran berbasis masalah dengan komunikasi matematis (solving math methods). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, berupa data hasil observasi dan hasil tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMPN 1 Pamekasan.Hasil penelitian ini adalah dalam solmath berhasil meningkatkan kemampuan berpikir siswa yang dilihat dari penyelesaian masalah yang dikerjakan.                           

Kata kunci : pembelajaran berbasis masalah, komunikasi matematis

 Mathematics is still considered as difficult subject for the majority of students to be understood. The purpose of this study is to improve students' thinking ability in solving mathematical problems through problem-based learning with mathematical communication (solving math methods). This research is a classroom action research. The data in this study is quantitative, in form of observational data and test results. The subjects of this study were students of class VII-A in SMP 1 Pamekasan. The results of this study was, that Solmath succeeded in improving students' thinking ability as seen from the resolution of the problems they had done                                                                           

Keywords : problem based learning, mathematical communication.

References

Arends, R.I., and Kilcher, A. 2010. Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. New York: Routledge.

Armanto, D. 2002. Teaching Multiplication Realistically in Indonesian Elementary Schools. Utrecht: Dissertation Utrecht University.

Barrett, T., Mac Labhrainn, I., and Fallon, H. 2005. Understanding Problem Based Learning dalam Handbook of Enquiry & Problem Based Learning. Galway: CELT.

Choridah, D. T. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 2(2) : 194-202.

Delisle, R. 1997. How to Use Problem-Based Learning in The Classroom. Alexandria, VA: ASCD.

Gordah, Astuti. 2013. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dasar Berbasis Model Reciprocal Teaching di STKIP PGRI Pontianak. Makalah pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Hal: 227-232.

Herman, T. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, Vol. 1(1) : 47-56.

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, Vol. 7(1) : 9-18.

Ismaimuza, D. 2013. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Teknologi, Vol. 6(2) : 33-37.

Istikomah, D.A. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif di SMPN 2 Sedayu Yogyakarta. Jurnal Pendidikan, Vol. 3(2) : 65-76.

Kadir. 2010. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

National Cauncil of Teacher of Mathematics. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Permana, Y dan Sumarmo, U. 2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist, Vol. 1(2) : 116-123.

Pratiwi, D. D. 2015. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6 (2) : 131-141.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Artikel Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). [Online] Tersedia: http://suaraguru.wordpress.com.

Sumartini, T. S. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5(1) : 1-10.

Waskitoningtyas, R. S. 2016. Analisis Kesulitas Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 5(1) : 24-32.

Widdiharto, Rachmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Zayyadi, M. dan Kurniati, D. 2018. Mathematics Reasoning and Proving of Students in Generalizing The Pattern. International Journal of Engineering & Technology. Vol. 7 (2) : 15-17.

Zayyadi, M. dan Maulana, W. H. 2016. Profil Berpikir Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Makalah Pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Madura, Madura.

Zayyadi, M. dan Subaidi, A. 2017. Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar. Paedagoria FKIP UMMat, Vol. 8(2) : 10-15.

Downloads

Published

2019-07-25