Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Bimbingan Karir Media Mind Mapping

Authors

  • Kurnia Sari Universitas PGRI Palembang
  • Vella Auliya Istiqoma Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2682

Abstract

Mid mapping merupakan suatu media untuk mempermudah siswa dalam merencanakan karier melalui gambar peta pemikiran yang dibuat oleh masing-masing siswa sesuai dengan minat dan bakat. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir melalui bimbingan karier media mind mapping pada siswa kelas XI di SMA Ungul Negeri 3 Palembang.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Model penelitian yang digunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu 58 orang siswa. Objek penelitian adalah perencanaan karir. Pengumpulan data akan dilakukan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan berulang-ulang dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa. Peningkatan dapat dilihat pada hasil penelitian. Pada kondisi awal siswa mayoritas berada pada kriteria sangat rendah dengan jumlah 40 anak (69%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan perencanaan karir mengalami peningkatan yaitu untuk kriteria sangat rendah tidak ada (0%). Perolehan skor terbanyak berada pada kriteria tinggi sejumlah 27 anak (47%). Pada siklus II meningkat pada kriteria sangat tinggi sejumlah 58 anak (100%). Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan.

 

Kata Kunci : Perencanaan Karier, Bimbingan Karier Media Mind Mapping

 

Author Biographies

Kurnia Sari, Universitas PGRI Palembang

program studi bimbingan dan konseling

Vella Auliya Istiqoma, Universitas PGRI Palembang

prodi bimbingan dan konseling

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta.

Gani, Ruslan, A. 2012. Bimbingan Karir. Bandung: CV Angkasa.

Greenbank, P., Hepwoert, S. & Mercer, J. 2009. Term-Time Employment and The Student Experience. Education and Training, 51 (1).

Purwaningsih & Priyasudiarja. 2014. Pintar Bahasa Inggris Dengan Mind Map. Yogyakarta: Indonesia Tera.

Sari, K. 2018. Korelasi Motivasi Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Terhadap Perencanaan Karier. Jurnal Fokus Konseling , 4(1), 136-142.

Supriatna, Dadang. 2009. Pengenalan Media Pembelajaran Pusat Pengembngan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa. Jakarta.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah, (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Buzan, Tony. 2008.Buku Pintar Mind Map, terj. Susi Purwoko. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Waddel, J. & Maggie B. 2005. Career Planning and Developmental for Students: Building a Career in Professional Practice Discipline. Canadian Journal of Career Development, 4(2), 4-13.

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling Studi dan Karier. Yogyakarta: CV Andi Affset.

Windura, Susanto. 2016. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Winkel, W.S., & Hastuti, S. 2004. Bimbingan Karir di Instusi Pendidikan. Jakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2019-03-28

How to Cite

Sari, K., & Istiqoma, V. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier Melalui Bimbingan Karir Media Mind Mapping. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 20–29. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2682