Pengetahuan Awal Materi Pajak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v7i1.11045Keywords:
Pengetahuan Awal, Hasil Belajar, Akuntansi PerpajakanAbstract
Pengetahuan awal mempunyai peran penting karena merupakan modal peserta didik dalam aktivitas pembelajaran dan wahana terjadinya proses negosiasi makna antara pendidik dan peserta didik berkaitan dengan materi pembelajaran. Pengetahuan awal berperan penting untuk peserta didik sebelum proses pembelajaran. Pengetahuan awal juga berkontribusi signifikan terhadap prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pengaruh pengetahuan awal pajak terhadap hasil belajar akuntansi perpajakan. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan populasinya seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Sampel penelitian 36 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah akuntansi perpajakan. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan tes. Diperoleh persamaan regresi Ytotal= 85,212 + 0,005X1 +e1. Koefisien regresi untuk pengetahuan awal bernilai positif yang berarti bahwa pengetahuan awal perpajakan berpengaruh positif terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung<Ftabel (0,561 < 2,28), yang berarti bahwa model regresi dalam penelitian ini tidak dapat digunakan untuk membuat kesimpulan. Hipotesis dalam penelitian ini ditolak artinya pengetahuan awal tidak berpengaruh terhadap hasil belajar.
References
Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.
Astiti, K. A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Penerbit ANDI.
Dimyanti, M. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Effendi, Brigita Fernanda, D. (2019). Pengaruh Literasi Media Digital Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. JOM FTK UNIKS, 1(1), 81–93.
Faisal, A., & S. (2021). Akuntansi Perpajakan. Nasya Expanding Management.
Fatmawati, I., Arafat, Y., & Kurniawan, C. (2022) Analisis Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal Jurnal Umum Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 6(1), 64-73.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89.
Hamalik. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Hasanuddin, M. I. (2020). Pengetahuan Awal (Prior Knowledge): Konsep dan Implikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 217-232.
Hikmah, Nurul, D. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru dan Pengetahuan Awal Siswa terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Indonesian Journal of Economics Education, 1(1), 9–16.
Jihad, Asep, H. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo.
Parwati, N. N., Suryawan, P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Sari, Nuryanti Permata. (2018). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe students teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XS IPS1 SMA Nurul Iman Palembang tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Neraca, 2 (1), 118-137.
Sudjana, N. (2013). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Susanto, P. (2018). Belajar Tuntas. Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.