PENGARUH PENERAPAN METODE KOMBINASI CERAMAH, DEMONSTRASI DAN LATIHAN (CDL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v1i1.1166Abstract
AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan penerapan metode kombinasi Ceramah, Demonstrasi dan Latihan terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa di SMK Negeri 1 Palembang. Jumlah sampel sebanyak 156 siswa yang terdiri dari kelas XI AK 6 dan XI AK 7 (kelompok eksperimen), serta kelas XI AK 2 dan XI AK 3 (kelompok kontrol). Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskriftif kuantitatif korelasional dengan pendekatan eksperimen. Dari pengujian hipotesis rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 91,47 berada pada â€Kriteria Baik†sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol sebesar 85,17 berada pada “Kriteria Baikâ€. Besar pengaruh penerapan tersebut sebesar 23% dengan koefisien korelasi sebesar 0,49 berada pada “Kriteria Sedangâ€. Melalui persamaan regresi linier dummy variabel diketahui Ŷ = 85,175 + 5,45X. Selain itu pada uji U Mann Whitney sampel besar diperoleh harga Zhitung = 5,90 dan Ztabel alpha 0,05/2 = 1,96. Kriteria pengujian hipotesis bila Zhitung> Ztabel alpha 0,05/2 terima Ha, dan bila Zhitung ≤ Ztabel alpha 0,05/2, maka tolak Ha. Dari hasil pengujian tersebut, Zhitung = 5,90 dan Ztabel alpha 0,05/2 = 1,96, maka dengan demikian hipotesis berbunyi terdapat pengaruh penerapan metode kombinasi Ceramah, Demonstrasi dan Latihan (CDL) terhadap hasil belajar Komputer Akuntansi siswa di SMK Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2015/2016 terbukti kebenarannya atau Ha diterima bila Zhitung> Ztabel, maka tolak Ho.
Kata Kunci: Kombinasi Ceramah, Demonstrasi dan Latihan (CDL), dan Komputer Akuntansi.
Downloads
Published
2017-08-16
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.