PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DALAM PENERAPAN KONSEP PSIKOLOGI KAPITAL INTELEKTUAL DENGAN KAPITAL SOSIAL DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Neta Dian Lestari

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v1i1.1168

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi siswa dalam penerapan konsep psikologi kapital intelektual dengan kapital sosial, dan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar akuntansi siswa dalam penerapan konsep psikologi kapital intelektual dan kapital sosial di SMK Muhammadiyah 2 Palembang tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.Ak 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X.Ak 3 sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana dengan pengujian hipotesis menggunakan ujiâ€t†dengan taraf kepercayaan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam penerapan konsep psikologi Kapital Intelektual di kelas eksperimen I dengan rata-rata 77,65 persen lebih aktif dari pada kelas eksperimen II yang diterapkan konsep psikologi Kapital Sosial dengan rata-rata keaktifan 67,54 persen, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 89,98 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen II sebesar 71,08. Persamaaan regresi à = 71,083+18,895 dari pengujian uji “t†menghasilkan thitung = 6,949 > ttabel sebesar 1,661, maka tolak Ho terima Ha, berarti ada Perbedaan Hasil Belajar Akuntansi Siswa dalam penerapan konsep psikologi Kapital Intelektual Dengan Kapital Sosial di SMK Muhammadiyah 2 Palembang Tahun Pelajaran 2014/2015. Maka diharapkan bagi guru agar dapat menerapkan Kapital Intelektual dan Kapital Sosial sebagai salah satu konsep psikologi belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Kapital Intelektual dan Kapital Sosial. Hasil Belajar

Downloads

Published

2017-08-16