Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Ekonomi melalui Model PjBL di SMAN 13 Palembang

Authors

  • Erica Fifi Puspitasari Universitas Sriwijaya
  • Neli Sukmawati Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Palembang
  • Siti Fatimah Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v7i1.11893

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di kelas X5 pada pembelajaran ekonomi melalui model pembelajaran project based learning di SMA Negeri 13 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2022-2023 dengan subjek penelitian kelas X5 berjumlah 38 orang. Prosedur penelitian tindakan kelas mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang bersifat siklus. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi keaktifan belajar peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya peningkatan rerata keaktifan belajar sebesar 36,8% dari awalnya rerata siklus I sebesar 49,8% kategori penilaian rendah menjadi 86,6% pada siklus III yang memiliki kategori penilaian tinggi. Disarankan pendidik memberikan dorongan positif dan kesempatan peserta didik untuk membiasakan berbicara di depan kelas sehingga peserta didik lebih berani dalam mengemukakan pendapat yangg diharapkan mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik lebih optimal.

References

Adnan, Hilmy Fauzan. (2022). Pengaruh Metode Project Based Learning (PjBL) terhdap Hasil Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Proceedings Series on Social Science & Humanities, 6(1), 168. DOI: 10.30595/pssh.v6i.458

Adriansyah, Zulhaji, & Hajar, A. (2022). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) di SMKS Kesehatan Baubau Sulawesi Tenggara. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 281. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/411/255

Anggraini, P. D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2) 297. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Firmansyah, R., Marlina, L., & Dwikoranto. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Energi dan Perubahannya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Kertosono. Journal of Science Education, 7(1) 82. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.80-86

Hadi, Rizal, dkk. (2022). Pengaruh Metode Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasi Belajar Ekonomi di SMA PGRI Parbumulih. Jurnal Neraca, 6(1) 2. DOI: https://doi.org/10.31851/neraca.v6i1.7577

Haliyana (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis E-Learning dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa SMAN 8 Maros. Jurnal Idiomatik, 4(2) 50. DOI: https://doi.org/10.46918/idiomatik.v4i2.1173

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3) 169. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2726

Liliyana, R., Ayatusa'adah, & Nirmalasari, R. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Secara Daring Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Biologi Peserta Didik. Journal of Biology Learning, 3(1) 19. https://pdfs.semanticscholar.org/d077/8db12194f18da25e7f9fe56c9a4f2e7d8244.pdf

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Rahmaniar, Erlita. (2022). Implikasi Model Simulasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1) 641. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1854

Ridha, Rasyid, dkk. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PjBL Berbasis STEM dalam Meningkatkan Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1) 225. DOI: 10.29303/jipp.v7i1.447

Rosalina, E., & Yamlean, M. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Sosial dan Sains, 1004.

Saputro, Okta Aji & Rahayu. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1) 188. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.24719

Sareong, Intan Priskila & Supartini, Tri. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar. Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 36. DOI: 10.25278/jitpk.v1i1.466

Setiawan, Awan, dkk. (2021). Analisis Keaktifan belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di SDN Sukawayana. Jurnal Mutiara Pedagogik, 6(2) 5. http://178.128.211.76/index.php/jmp/article/view/50/43

Tambunan, E. (2022). Penerapan Model Project Based Learning UNtuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V di UPT SDN 060870 Medan Timur T.A 2022/2023. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(3) 425. DOI: https://doi.org/10.56114/edu.v1i3.464

Downloads

Published

2023-06-30