Pengaruh Model Pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang

Authors

  • Amin Rohmat Universitas PGRI Palembang
  • Neta Dian Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Nova Pratiwi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v8i1.12181

Keywords:

Group to Group Exchange (GGE), Pembelajaran Aktif, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Studi kuasi eksperimen ini mengoperasikan desain Posttest-Only Control Group, bermaksud untuk mengidentifikasi dampak model pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPS, dengan dua kelompok sampel uji coba dan kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang valid dan reliabel, serta dianalisis menggunakan uji independent samples T-test dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model GGE menunjukkan tingkat keikutsertaan siswa yang lebih optimal dan hasil posttest terindikasi lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Analisis statistik mengidentifikasi disparitas signifikan antara kedua kelompok. Temuan penelitian mendukung model GGE efektif dalam mengoptimalkan hasil belajar ekonomi siswa melalui pendekatan konstruktivis yang melibatkan partisipasi aktif dan kolaborasi antar siswa. Implementasi model GGE direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran Ekonomi di sekolah menengah.

References

Arif, A., & Hasyim, A. (2021). Penerapan metode pembelajaran group to group exchange dengan media mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 125–133.

Arumada, I. K. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GGE pada mata pelajaran PPKn. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 252–261.

Babullah, R., Qomariyah, S., Neneng, N., Natadireja, U., & Nurafifah, S. (2024). Kolaborasi Metode Diskusi Kelompok Dengan Problem Solving Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Aqidah Akhlak. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 65–84.

Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1(1), 99–108.

Dian, D., Fauziyah, H., & Ayuna, N. (2022). Eksistensialisme Dalam Filsafat Ilmu: Hubungan Antara Manusia Dan Pengetahuan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Fajriana, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group To Group Exchange (GGE) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMP Islam Al-Mujaddid Kota Sabang. UIN Ar-Raniry.

Harahap, A. A. S., Salsabila, Y., & Fitria, N. (2023). Pengaruh Perkembangan Kemampuan Pada Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Terhadap Hasil Belajar. Algebra: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(1).

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165.

Irwansyah, M. R., & Eresmawati, K. (2019). Group To Group Exchange (GGE): Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 375–382.

Jaha, M. L., & Ramlah, S. T. (2023). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Sosiologi di SMA Taman Siswa Kodibangedo, Nusa Tenggara Timur. PENSOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(1), 31–38.

Khumaerotul, F. (2022). Pengaruh model pembelajaran kadir (koneksi, aplikasi, diskursus, improvisasi dan refleksi) dengan strategi group to group exchange terhadap kemampuan generalisasi matematis ditinjau dari disposisi matematis. UIN Raden Intan Lampung.

Kurniawan, E., & Dewi, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange (GGE) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jedchem (Journal Education and Chemistry), 1(1), 1–9.

Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J. F., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2024). Pendidikan Karakter Gen Z Di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lestari, M. A., & Darmawati, D. M. (2022). Pengaruh penerapan metode group to group exchange (GGE) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 8040–8046.

Mahmudi, I., Athoillah, M. Z., Wicaksono, E. B., & Kusuma, A. R. (2022). Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(9), 3507–3514.

Margareta, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Group To Group Exchange Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Lanjutan Di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Hkbp Nommensen Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Simantek, 4(3), 139–147.

Maulina, C., Aswana, N., & Nelyza, F. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group To Group Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Ilot. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 39–46.

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi pemanfaatan media pembelajaran online sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah menengah atas. Journal on Education, 6(1), 35–47.

Nurrahmah, S. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group To Group Exchange (GGE) di Kelas IX-8 MTSN 2 Kota Bima. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Hukum, Agama, Budaya Dan Terapan, 2(1), 34–42.

Putra & Rosnaningsih. (2021). Metode group to group exchange (GGE) terhadap hasil belajar IPS. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(2), 41–52.

Putra, B. E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group to Group Exchange Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Supermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 40–47.

Rahmawati, T., & Nurlaili, F. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Model Group to Group Exchange. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 18–30.

Sari, L. R., Maysarah, S., & Ginting, S. S. B. (2023). Pengaruh Model Group To Group Exchange Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(5), 565–572.

Suardi, M. (2018). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Suyitno, S. (2022). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education, 6(1), 56–65.

Timbuleng, A. F., Kumesan, S. L., & Kaunang, D. F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group to Group Exchange pada Pokok Pembahasan Segitiga di Kelas VII SMP Negeri 6 Kotamobagu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 998–1006.

Tiwery, B. (2021). Kekuatan dan Kelemahan Metode Pembelajaran Dalam Penerapan Pembelajaran HOTS: Higher Order Thinking Skills. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Vita, Y., & Wahjudi, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Group to Group Exchange (GGE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar di SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2).

Wahyuni, R., & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group To Group Exchange (Gge) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Jeunib. VARIASI: Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 13(1), 20–25.

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.

Downloads

Published

2024-06-30