Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Model Pembelajaran PjBL Materi Industri Non-Bank di SMAN 13 Palembang

Authors

  • Hayril Aldy Universitas Sriwijaya
  • Neli Sukmawati Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Palembang
  • Siti Fatimah Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v7i2.12212

Keywords:

Berpikir, Kreatif, PjBL, Non-Bank

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan bantuan  model pembelajaran Project Based Learning materi industri non-bank pada peserta didik kelas X.3 di SMAN 13 Palembang. Pelakasanaan penelitian ini di SMA Negeri 13 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2022-2023 dengan subjek penelitian kelas X.3 berjumlah 39 siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi, dan refleksi yang bersifat siklus. Metode penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya peningkatan rerata berpikir kreatif pada siklus I ke siklus II sebesar 56,40%. Kemudian adanya peningkatan pada siklus II ke siklus III sebesar 7,69% dan peningkatan pada siklus I ke siklus III sebesar 64,09%, pada kategori penilaian sangat baik. Disarankan pendidik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam memberikan gagasan untuk menyelesaikan masalah

References

Aflah, A.N., Ananda, R., Surya, Y.F., & Sutiya. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, Vol. 7, No.1 (2023).doi:https://doi.org/https://doi.org/10. 36379/autentik.v7i1.276.

Andrian, M. (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Kemendikbud Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negri 130 Batununggal Sekelimus Kecamatan kidul Kota Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Anggraini & Siti. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 9 No. 2 (2021). doi:https://doi.org/10.26740/jpap.v 9n2.p292-299

Burnawir. (2021). Pengukuran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Dalilan R, Sofyan D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. 2(1):141-50.

Ekayana, S. D., Hermanto, D., & Affaf, M. (2020). Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika kontekstual Berdasarkan Perbedaan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(2), 165-172.

Faradilla, A., Zainil, M., & Sumiati, (2021). Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data Menggunakan Model Project Based Learning (PJBL) di Kelas IV SD Negeri 20 Indarung Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3255-3267.

Fitriyana, I. (2019). Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Terampill: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 115-25.

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7 (3) 169.https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2726

Inayah, Y., & Sya, M.F. (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1(3), 339-345

Sani. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Setyorini, E. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Mata Pelajaran SeniI Rupa Melalui Kolase Mix Media. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 665-674

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48.

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Elemen.

Windari, M. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Dalam Tema Benda Disekitarku (Doctoral) dissertation. Universitas Muhammadiyah Malang.

Zahyuni, (2021). Penerapan Pendekatan Project Based Learning dalam pembelajaran Matematika Sekolah Dasar pada Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi Semester ganjil 2021/2022. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol 7, No.8, Desember 2021,33

Downloads

Published

2023-12-31