Pengaruh Self Regulated Learning dan Intensitas Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar Akuntansi dengan Pemediasi Academic Stress

Authors

  • Silvianita Universitas Negeri Surabaya
  • Rochmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v7i1.12258

Keywords:

Self Regulated Learning, Intensitas Pemberian Tugas, Academic Stress

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis peran academic stress sebagai variabel mediasi atas pengaruh self regulated learning terhadap hasil belajar akuntansi keuangan pasca pandemi Covid -19 serta pengaruh self regulated learning, intensitas pemberian tugas, dan academic stress terhadap hasil belajar akuntansi keuangan pasca pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Jombang. Jenis penelitian ini yakni penelitian kuantitatif. Teknik simple random sampling diterapkan sehingga diperoleh 104 peserta didik kelas XII AKL SMK Negeri 1 Jombang. Pengujian hipotesis menggunakan regresi berganda dan uji sobel. Hasil uji menunjukkan bahwa self regulated learning berpengaruh terhadap academic stres, academic stress dan intensitas pemberian tugas berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi keuangan, self regulated learning tidak mempengaruhi hasil belajar akuntansi keuangan, terdapat pengaruh self regulated learning melalui academic stress sebagai variabel mediasi terhadap hasil belajar akuntansi keuangan

References

Abror, M. H. (2022). Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233–242. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1676

Agmerda, V. D., & Rohayati, S. (2022). Pengaruh Google Classroom, Intensitas Pemberian Tugas, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Manajemen pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1498–1509. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2243

Apriliana, A., & Listiadi, A. (2021). Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Pengaruh Efikasi Diri , Fasilitas Belajar Dan Intensitas Pemberian Tugas Terhadap. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 221–230. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.25041

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40. https://doi.org/10.29210/120182136

Della, C. T. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa Terhadap Full Day School Pada Stress Akademik Siswa Sma Negeri 1 Karanganom Klaten the Effect of Perception Student on Full Day School of Academic Stress on the Students of Senior High School 1 Karanganom Klaten. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(7), 488–502. http://iwankuswandi.wordpress.com

Destiasari, R. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk. Khatulistiwa, 8, 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/

Gibran, H., & Wiyono, B. D. (2022). Pengaruh stres akademik dan burnout terhadap prestasi belajar di masa pembelajaran daring di SMPN 1 Galis Pamekasan. 15(2), 1–23.

Haq, N. U., Muhammad, Shakil, F., Anila, Din, N. U., & Muhammad. (2020). Impact of Homework on the Student Academic Performance at Secondary School Level. Global Social Sciences Review, V(I), 586–595. https://doi.org/10.31703/gssr.2020(v-i).59

Ilyas, M., Palopo, U. C., & Palopo, K. (2022). Pengaruh Stres Akademik Dimasa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika. 2(2), 1–9.

Istiqomah. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Swasta (Mtss) Nurul Islam Bayung Lencir [Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi]. https://doi.org/http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/11777

Listiadi, L. A. & A. (2016). Belajar Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Listiana Aristianti Agung Listiadi.

Mardin, W., Rismawati, R., & Kassa, M. (2022). Analisis Self Regulation Learning Mahasiswa Akuntansi Terhadap Metode Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 6(1), 46. https://doi.org/10.31851/neraca.v6i1.8246

Marthadiningrum, D. A., & Widayati, I. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar, Efikasi Diri, dan Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(2), 162–175. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n2.p162-175

Nurwanti, A. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Daring Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas X MIA SMAN-1 Muara Teweh. Skripsi, 1–68. shorturl.at/tuJK6

Oktifa, N. (2021). Guru Harus Tahu Dampak Negatif Memberikan Tugas Sekolah yang Terlalu Banyak Untuk Siswa. Aku Pintar. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/dampak-negatif-tugas-sekolah-yang-terlalu-banyak

Parni, P., & Listiadi, A. (2020). Peran Motivasi Belajar dalam Memoderasi Pemahaman Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas, dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(2), 165–175. https://dx.doi.org/10.17977/UM014v13i22020p165

Priskila, V., & Savira, S. I. (2019). Hubungan antara self regulated learning dengan stres akademik pada siswa kelas XI SMA negeri X Tulungagung dengan sistem full day school. Jurnal Penelitian Psikologi, 6(3), 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/29131

Putri, F. Y., & Febriani, E. A. (2022). Perilaku Belajar Peserta Didik Pasca Pembelajaran Daring di SMAN 4 Pariaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 55–67. https://doi.org/10.24036/sikola.v4i1.199

Rani, M., & Candra, I. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning Grit Terhadap Stres Akademik Dalam Pembelajaran Online Dimas Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Di Kota Padang Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Psikohumanika, 14, 26–40.

Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57

Salsabila, aurelia nur, Ayani, Mohammad, D. U. B., Zein, H. N., & Prasetyo, W. A. (2021). Pada Mahasiswa Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 Analysis Of Level Of Understanding Of Learning Materials On Students Online During The Covid-19 Pandemic. December.

Saputra, Y. (2021). Pengaruh Stres Akademik Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Manajemen FEB UB Di Masa Pandemi Covid 19. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7742

Sara Lowe, M., Booth, C., Stone, S., & Tagge, N. (2015). Impacting information literacy learning in first-year seminars: A rubric-based evaluation. Portal, 15(3), 489–512. https://doi.org/10.1353/pla.2015.0030

Sari, V. K., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh Intensitas Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 9(2), 77. https://doi.org/10.25157/je.v9i2.5383

Shiddiq, D. A., & Rizal, G. L. (2021). Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Stres Akademik Siswa Sma Kota Bukittinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 171. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.1024

Tus, J. (2020). Academic Stress, Academic Motivation, and Its Relationship on the Academic Performance of the Senior High School Students. https://www.researchgate.net/publication/345149814_Academic_Stress_Academic_Motivation_and_Its_Relationship_on_the_Academic_Performance_of_the_Senior_High_School_Students

Widyajayanti, & Istiqomah. (2018). Analisis Intensitas Pemberian Pekerjaan Rumah (Pr) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 769–774.

Zahro, M., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1470–1479. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.560

Downloads

Published

2023-06-30