Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif
DOI:
https://doi.org/10.31851/neraca.v7i1.12480Abstract
Studi ini bertujuan untuk memahami bagaimana status sosial ekonomi orang tua dan tingkat melek ekonomi mempengaruhi pola konsumtif mahasiswa. Program studi pendidikan akuntansi Universitas PGRI Palembang semester gasal Tahun Akademik 2022-2023 yang beranggotakan 98 mahasiswa merupakan populasi penelitian. Data dikumpulkan melalui survey dengan tes untuk mengumpulkan data literasi ekonomi dan kuesioner digunakan untuk mempelajari pola konsumtif mahasiswa dan status sosial ekonomi orang tua. Analisis data menggunakan uji regresi berganda, dan uji normalitas data, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas diperlukan untuk memenuhi kriteria analisis. Hasil penelitian menunjukkan literasi ekonomi dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap perilaku konsumsi secara bersamaan, status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terbatas terhadap perilaku konsumsi, dan literasi ekonomi berdampak terbatas terhadap perilaku konsumsi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa menyadari potensi mereka untuk membeli barang, menekankan alasan saat melakukan pembelian, dan mulai menyisihkan sebagian uang saku yang disediakan orang tua mereka untuk menabung
References
Aminartha, D. S. A., & Ariyani, A. R. (2023). Pengaruh Media Sosial Dan Status Sosial Ekonomiorang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare. DECISION : Jurnal Ekonomi, 4(1), 1–9. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/decision/article/view/2119/1273
Ashari, R., Parji, P., & Sudarmiani, S. (2022). Persepsi Guru Terhadap Model Pengelolaan Keuangan Dan Perilaku Konsumtif Dalam Melaksanakan Tugas Di Madrasah Aliyah Al Fatah Temboro. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 10(1), 1. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i1.11917
Creswell, J. W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Fazariyah, A., & Dewi, P. S. (2020). Studi Pendahuluan : Kontribusi Fasilitas Belajar dan Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 3(1), 36–41.
Gotama, G., & Rindrayani, S. R. (2022). Pengaruh Literasi Digital Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Melalui Online Shop Pada Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka Pgri Tulungagung. Jurnal Economina, 1(4), 690–701. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.69
Herlin, E. R., Aminuyati, A., & Achmadi, A. (2023). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 177–182. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4557
Hidayah, N., & Bowo, P. A. (2019). Pengaruh Uang Saku, Locus of Control, Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1025–1039. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28337
Hidayat, I. A., & Asiyah, B. N. (2022). Pengaruh Gender, Kecerdasan Spiritual, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Non Febi Uin Satu Tulungagung Angkatan 2018. YUME : Journal of Management, 5(2), 463–478. https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.2657
Paywala, R., J, Sunaryanto, S., & Utomo, S. H. (2022). Literasi Ekonomi, Rasionalitas Ekonomi, Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif. Jambura : Economic Education Journal, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.37479/jeej.v4i1.11684
Lakoro, F. S., & Sukrianto, S. E. (2022). Monograf: Literasi Keuangan UMKM Dalam Menghadapi Era Society 5.0 di Kabupaten Boalemo (Vol. 1). CV. Mitra Cendekia Media.
Luas, G. N., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2023). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p1-7
Mas’adah, U. K. M., & Astuti, E. B. (2022). Pengaruh Pendapatan, Tingkat Pendidikan, dan Investasi Terhadap Tingkat Literasi Keuangan pada Pelaku UMKM (Studi Kasus UMKM di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati). AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 17–27. https://doi.org/10.31942/akses.v17i2.7462
Muhammad, M. (2022). Pengaruh Kontrol Diri Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Unesa 2018. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 61–70. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3510
Muttaqin, F. N., Noviani, L., & Sudarno, S. (2022). Pengaruh Media Sosial, Literasi Ekonomi, dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(3), 237–246. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n3.p237-246
Nazarudin, H., & Widiastuti, T. (2022). Gaya Hidup Hedonisme dan Perilaku Konsumtif Remaja Putri Kota Kupang. Jurnal Ilmiah Aset, 24(1), 29–35. https://doi.org/10.37470/1.24.1.198
Nurfadilah, F., Putra, P. A. A., & ... (2023). Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Syariah Unisba terhadap Penggunaan Shopeepaylater ditinjau dari Etika Konsumsi dalam Islam. Sharia Economic Law, 63–66. https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSSEL/article/view/5337
Nurjanah, S., Mukhtar, S., Ulfatmi, E., & Triningsih, N. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Parameter, 31(2), 124–133.
Pramika, D., Kurniawan, C., Agustina, W., & Muniarti, R. (2018). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fkip Universitas Pgri Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 1(2), 1–15. https://doi.org/10.31851/neraca.v1i2.2207
Putri, A. V., Kirana, N. J. S., & Azwari, P. C. (2023). Kemudahan Penggunaan Mobile Banking Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Uin Raden Fatah Palembang. ADL ISLAMIC ECONOMIC: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4, 19–32. https://doi.org/https://doi.org/10.56644/adl.v4i1.54
Rafidah, R., Alawiyah, R., & Muliyana, M. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. Jurnal Economina, 1(1), 49–62. https://doi.org/10.55681/economina.v1i1.25
Reviandani, W. (2022). Pengaruh Locus Of Control, Financial Knowledge dan Parental Income terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan (Studi pada Mahasiswa Baru Program Studi Manajemen Tahun 2021 Universitas Muhammadiyah Gresik). JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 7(2), 68–77. https://doi.org/10.32503/jmk.v7i2.2481
Sari, E. A., Latifah, I., & Ararizki, M. A. (2023). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim. 1(X), 387–400.
Siti Mubarokah, M., & Pratiwi, V. (2022). Pengaruh E-Commerce, Uang Saku, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(04), 496. https://doi.org/10.24843/eeb.2022.v11.i04.p10
Utami, N. (2020). Analisis Pemahaman Ekonomi Terhadap Keputusan Pembelian Impulsive. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), 88–99. https://doi.org/https://doi.org/10.33795/adbis.v14i2.1865
Wirawan, Y. R., & Puspitaningsih, F. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Pengalaman Prakerin Terhadap Minat Berwirausaha Peserta Didik Kelas Xi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran (Apk) Smk Negeri 1 Pogalan Tahun Pelajaran 2017/2018. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 106–115. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/4787
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi by http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/neraca is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.