Efektivitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Ekonomi SMA pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Nova Pratiwi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eeng Ahman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Disman Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v7i2.14313

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Pembelajaran Ekonomi SMA, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini menggunakan teknik Systematic Literature Review (SLR) untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Dalam penelitian ini, hasil pencarian dari database Google Scholar tahun 2020–2023 dengan kata kunci PjBL terdapat 500 artikel, disaring berdasarkan kriteria inklusi sehingga diperoleh 36 artikel yang digunakan sebagai studi primer yang dianalisis berdasarkan kemampuan yang dalam penelitian. Hasil dari analisis telah review artikel ini diperoleh temuan bahwa model PjBL berpengaruh positif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif, hasil belajar dan prestasi, efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, kritis dan kreatif, dan meningkatkan sikap kepercayaan diri, motivasi belajar dan keaktifan peserta didik pada peningkatan sekolah menengah atas pada kurikulum merdeka. Saran bagi peneliti selanjutnya yaitu memperluas ukuran sampel untuk memperoleh visualisasi yang lebih lengkap tentang efektivitas model PjBL dalam pembelajaran ekonomi di berbagai tingkatan, evaluasi dalam kaitannya dengan model pembelajaran yang berbeda, dan menentukan unsur-unsur yang berkontribusi terhadap efektivitas model PjBL

References

Agustin, T. (2022). Peningkatan Sikap Kewirausahaan Melalui Project Based Learning (Pjbl) Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lawang Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(1), 244–258.

Antula, H., Londa, M., & Gerungan, C. (2023). Pembelajaran Yang Inovatif Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 8 Gorontalo Utara. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 133–142.

Apsoh, S., Setiawan, A., & Marsela, M. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 174–185. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss3.783

Darmisih, D., Siswanto, E., & Prakoso, A. F. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Project Base Learning di SMA Negeri 4 Bojonegoro. ISLAMIKA, 5(3), 1018–1029.

Darmuki, A., & Alfin Hidayati, N. (2023). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 15–22. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.3064

Diarini, I. G. A. A. S., Ginting, M. F. B., & Suryanto, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 253–265.

Edtami, T. L., Putra, R. A., & Ruhyanto, A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Kawali. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 56–61.

Farahdilla, N., Prakoso, A., & Fahimah, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(2), 611–620.

Fifi Puspitasari, E., Sukmawati, N., & Fatimah, S. (2023). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Ekonomi melalui Model PjBL di SMAN 13 Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 7(1), 51–60. https://doi.org/10.31851/neraca.v7i1.11893

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis PjBL (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. Jurnal Perspektif Mahasiswa, X(1), 209–226.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024.

Kahar, L., & Ili, L. (2022). Implementasi project based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8129

Lesnowati, I., & Hafifi, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Smk. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 5(2), 9–18.

Maelani, G., Yanti, R. A. E., & Sutendy, U. A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pbl) Melalui Penggunaan Media Unit Kegiatan Belajar Mandiri (Ukbm) Terhadap Hasil Belajar Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 71–80.

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar (studi literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1526–1539.

Nasobandi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif. INTELEKTIUM, 3(2).https://doi.org/10.37010/int.v3i2.1071

Parahi, A., & RP, C. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal Web Informatika Teknologi, 7(1), 91–100.

Pitaloka, R. E. (2022). Pengaruh model pembelajaran project based learning, motivasi belajar, dan kondisi lingkungan Sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Malang. Universitas Negeri Malang.

Prabowo, Y. F. R., & Wakijo, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantu Fotonovela Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MA Bustanul Ulum Jayasakti. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rahmawati, D., Marsia, Y., & Prakoso, A. F. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Peserta didik Kelas X-4 SMA Negeri 17 Surabaya. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), 127–135.

Rahmawati, N. I., Masruroh, M., & Fitrayati, D. (2023). Project Based Learning (Pjbl) Terbimbing Berbantuan Media Pembelajaran Visual Damar Kurung Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10290–10299.

Sari, W. M., Yanti, H., & Iskandar, I. (2023). Manajemen Kelas Berbasis PjBL Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Perumnas Peunyareng Kabupaten Aceh Barat. Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 219–227.

Sesfao, M. (2020). Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa dalam Implementasi Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional. 1(1), 261-272.

Setyawan, F., Fauzi, I., Fatwa, B., Zaini, H. A., & Jannah, N. M. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Full Day School di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 369–376.

Sofya, R., Yulhendri, Y., Ritonga, M., & Sofia, N. (2021). Students Engagement dan Learning Performance Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Ekonomi yang menerapkan Metode Project Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), 82–91.

Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina, H. (2022). Implementasi geogebra terhadap kemampuan matematis peserta didik dalam pembelajaran: a systematic literature review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 27–42.

Suraiya, N., Fauziah, F., Fatwa, R., & Mustofa, A. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Dengan Bantuan Aplikasi Canva. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 78–83.

Susanto, J. (2021). Komitmen Guru dalam Peningkatan Kinerja di SMP Negeri I Muara Wahau. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 1(1), 43–56.

Tamboto, H. J. D., Taroreh, J., & Sukriyaningsih, N. K. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Swadharma Werdhi Agung. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 151–164.

Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: OSF Preprints

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77.

Wardani, N. W., Fitrayati, D., & Masruroh, M. (2023). Optimalisasi Hasil Belajar Ekonomi Materi Manajemen Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Model Project Based Learning. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7186–7195.

Wijaya, E., & Susanti, M. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan dan Kepercayaan Siswa. PEDAGOGIA, 18(2), 136–147.

Wirda, R. (2022). Optimalisasi Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi KD 3.6/4.6 Materi Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia Melalui Model Projects Based Learning Metode Pemberian Tugas di Kelas X. IPS. 3. Journal on Education, 4(4), 1158–1168.

Wolk, S. (2022). Clearing up misconceptions about project-based learning. Phi Delta Kappan, 104(2), 26–31.

Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207.

Yuliana, L. M., Umi, S., & Widjaja, M. (2021). Implementasi pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) untuk peningkatan high order thinking skills siswa sma pada pembelajaran ekonomi. Bisnis Dan Pendidikan, 1(12), 1195–1207.

Yustiani, Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Materi Akuntansi Sebagai Sistem Informasi Melalui Media Zoom Meeting dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Siswa Kelas XII IPS 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan 115-126.

Zuhra, C. H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Materi Siklus Akuntansi pada Perusahaan Dagang. Jurnal Kinerja Kependidikan (JKK), 2(4), 704–721.

Downloads

Published

2023-12-31