Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Profil Pelajar Pancasila Pada Pelajaran Ekonomi: Studi Research and Development

Authors

  • Abdul Bashith Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sri Mindarti Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Malang
  • Saiful Amin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Yhadi Firdiansyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sari Dewi Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Darussalam Malang
  • Muchammad Akbar Kurniawan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.31851/neraca.v7i2.14315

Keywords:

Pengembangan, LKPD, Profil Pelajar Pancasila, Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan LKPD berdasarkan Profil Pelajar Pancasila dan 2) mengetahui kepraktisan LKPD yang dikembangkan berdasarkan Profil Pelajar Pancasila. Pengembangan ini menggunakan model 4D ( define , design , development , dan disseminate ). Eksplorasi ini dilakukan di SMA Negeri 8 Malang pada peserta didik kelas XII IPS 1 yang mengambil mata pelajaran Ekonomi pada materi Pokok Persamaan Dasar Akuntansi. Verifikasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sedangkan subyek uji produk adalah guru dan siswa. Instrumen penelitian berupa angket Skala 1–4. Analisis data dijelaskan secara kualitatif dan kuantitatif berupa nilai persentase kelayakan produk. Hasil penelitian menunjukkan 1) pengembangan produk LKPD berbasis profil pelajar Pancasila melalui tahapan model 4D: mendefinisikan , merancang , mengembangkan , dan menyebarluaskan ; 2) LKPD berbasis profil pelajar Pancasila mempunyai skor kelayakan sebesar 87,23% sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada penelitian selanjutnya agar melakukan pengembangan LKPD berbasis digital.

References

Dermawati, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 74–78. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.3143

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(0), 0.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Kementerain Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Retrieved September 10, 2023, from ditpsd.kemdikbud.go.id. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kinanti, A. A., & Suprayitno. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Materi Keragaman Ekonomi di Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian PGSD, 9(7), 2871–2882.

Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Makrifah, A. N., Harsiatib, T., & Mashfufahb, A. (2023). Penerapan Assessment for Learning Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di Kelas 1 SD. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 2. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.380

Nufus, V. F., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Flipbook Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i1.4633

Prastiwi, S. D., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2023). Analisis Pembelajaran Pendidikan Pancasila Menggunakan LKPD Berbasis Proyek Pada Peserta Didik SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10993

Prastowo, Andi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan teoretis dan Praktik. Kencana Prenada Media Group.

Pratiwi, N. L. P. A. D., & Indrayani, L. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 1. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v11i1.61248

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Richey, R. C., Klein, J. D., & Tracey, M. W. (2010). The Instructional Design Knowledge Base: Theory, Research, and Practice. Routledge.https://doi.org/10.4324/9780203840986

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods) (2nd ed.). Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 1. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Downloads

Published

2023-12-31